Menyantap hidangan yang lezat ketika berkunjung ke Pariaman pastinya memberi kesan yang menyenangkan. Inilah daftar tempat kulineran favorit di Pariaman yang dijamin akan memanjakan lidah Anda.

Sumatera Barat umumnya dikenal dengan hidangan khas Padangnya yang melekat. Baik itu, sate padang, nasi padang hingga soto padang. Namun, saat Anda berjalan jalan di Pariaman, ternyata banyak sekali jenis wisata kuliner lain yang bisa Anda temukan. Penasaran apa saja? Berikut deretan tempat wisata kuliner di Pariaman yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gulai Katupek, Pasar Kurai Taji

Gulai Katupek, Pasar Kurai Taji
Image Credit: Google Maps (Rifky Zulkamaen)

Bertandang ke daerah Pariaman, maka Anda akan disuguhkan dengan makanan khas yakni Gulai Katupek. Salah satu sajian yang sangat menggugah selera ini akan mampu memanjakan lidah Anda. Tak mengherankan, kuliner satu ini juga menggunakan bumbu super banyak dan tidak pelit.

Oleh karena itu, rasa yang dihasilkan pun tentu saja sangatlah lezat. Gulai Katupek sebenarnya sering kali disebut dengan gulai ketupat. Namun, sajian ini berbeda dengan ketupat sayur yang biasanya and temukan. Pasalnya, Gulai Katupek khas Pariaman ini terdiri dari mie, gulai sayur dan juga tambahan kikil sapi ataupun kikil kerbau.

Selain itu, gulai katupek juga memiliki kuah yang lebih kental dibandingkan dengan ketupat sayur biasanya. Tak hanya itu saja, bumbu rempahnya pun jauh lebih terasa pada sajian ini. Untuk Anda yang tertarik mencicipinya, maka Anda bisa menemukannya di Pasar Kurai Taji dengan harga sekitar 15 ribu rupiah saja.

Lokasi: Balai Kurai Taji, Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

2. Kedai Nasi Pauh Piaman

Kedai Nasi Pauh Piaman
Image Credit: Instagram.com @bundadeasy

Selanjutnya, Anda bisa mencoba salah satu rumah makan yang cukup tersohor karena memiliki beberapa cabang di Indonesia. Kedai Nasi Pauh Piaman ini telah memiliki cabang di kota lain yakni seperti Padang, Jakarta, Bukittinggi dan juga Pekanbaru. Wisata kuliner satu ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mengkonsumsi makanan khas Sumatera Barat rendah kolesterol.

Sebab, kedai satu ini menyediakan makanan yang sehat. Disini, Anda tidak akan menemukan makanan yang tinggi kolesterol seperti jeroan maupun daging rendang. Melainkan, Anda akan menjumpai gulai ikan yang sangat lezat dan memanjakan lidah Anda. Selain itu, ada pula olahan ikan lainnya yang bisa Anda pilih ketika bersantap di restoran ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Lokasi: Jawi-Jawi I, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

3. Warung Nasi Sala Lauak “Elli”

Warung Nasi Sala Lauak “Elli”
Image Credit: Facebook.com @emilia.gusti.395

Kemudian, apabila Anda ingin mencicipi kuliner khas dari Pariaman yakni Nasi Sek, maka mengunjungi restoran satu ini adalah alternatif yang tepat. Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan nasi sek yang merupakan akronim dari nasi seribu kenyang. Dimana Anda akan menjumpai makanan dengan sajian sala lauak yang akan membuat Anda ketagihan.

Untuk konsep yang diusung oleh rumah makan ini pun sangat unik. Sebab, Anda akan menjumpai warung makan yang mirip dengan warteg. Sehingga nuansa tradisional pun akan Anda jumpai ketika sedang berada disini. Kelezatan nasi sek pun juga bisa untuk Anda nikmati disini bersama dengan keluarga maupun sahabat Anda.

Lokasi: Pasar, Jl. SM. Abidin No.78, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

4. Sate Ajo Laweh

Sate Ajo Laweh
Image Credit: Visitpariaman.com

Ketika Anda ingin mencoba mencicipi sate padang yang sangat enak, maka Sate Ajo Laweh dapat menjadi solusi untuk Anda yang sedang berada di Pariaman. Sebab, sate padang dari kota ini memiliki perbedaan dari sate padang umumnya. Hal yang membuatnya menjadi unik dan berbeda adalah kuahnya yang memiliki warna cenderung lebih merah.

Selain itu, untuk rasanya sendiri juga akan terasa lebih pedas. Sedangkan untuk teksturnya sendiri lebih encer jika dibandingkan dengan sate padang yang biasa Anda jumpai. Hal tersebut dikarenakan pada pengolahannya menggunakan tepung beras. Sehingga memiliki tampilan demikian.

Namun, untuk pilihan satenya sendiri Anda bisa mencoba yang sesuai dengan selera Anda. Disini, Anda bisa memilih sate daging ayam, sate daging sapi dan juga lokan. Lokan merupakan sejenis kerang berwarna hitam yang sangat lezat. Oleh karena itu, hidangan satu ini wajib Anda cicipi ketika berada di Pariaman.

Lokasi: Jalan Moh. Yamin, Kec. Pariaman Tengah, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3

Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3
Image Credit: Facebook.com @novia.erlina.104

Bagi Anda yang ingin menyantap hidangan seafood dengan rasa yang nendang, maka Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai dapat menjadi menu yang bisa untuk Anda coba. Disini, Anda diwajibkan untuk mencoba ikan bakar. Pasalnya, menu satu ini dibuat dengan ikan yang masih sangat segar. Dengan begitu, rasa kelezatan akan bisa untuk Anda dapatkan ketika mengkonsumsinya.

Tak hanya ikan bakar saja, Anda juga bisa untuk mencicipi sambalado khas dari restoran satu ini. pastinya, Anda wajib untuk mencobanya karena rasa yang enak dan sangat autentik tersebut akan membuat Anda ketagihan dan ingin kembali lagi. Untuk itu, pastikan Anda mampir sejenak untuk mencoba beberapa hidangan tersebut.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sawahlunto yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Siti Manggopoh, Apar, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

6. Rumah Makan Pincalang

Rumah Makan Pincalang
Image Credit: Google Maps (Claudia Dewi)

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Rumah Makan Pincalang. Rumah makan satu ini menyediakan menu seafood dengan rasa yang sangat khas dan segar. Salah satu menu andalan yang wajib untuk Anda coba adalah Gulai Kepala Ikan Kakap. Dengan bumbu yang kaya akan rempah tentunya membuat Anda menjadi ketagihan.

Selain menu gulai kepala ikan kakap, Anda juga bisa mencoba menu lain yang tak kalah lezat. Sebut saja seperti olahan ayam goreng, asam padeh dan menu lainnya yang akan menggugah selera makan Anda. Tak hanya menyajikan makanan yang lezat, disini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Lokasi: Pauh Barat, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

7. Pondok Lesehan Joyo Makmur

Pondok Lesehan Joyo Makmur
Image Credit: Facebook.com @syaiful.ahmadi.3

Ingin mencoba makan dengan konsep lesehan, maka Anda wajib untuk mampir ke Pondok Lesehan Joyo Makmur ketika sedang berada di Pariaman. Sebab, resto satu ini menawarkan konsep lesehan yang terkesan santai. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab rumah makan ini juga menyediakan kursi dan meja bagi Anda yang tidak suka duduk di bawah.

Menu khas yang wajib untuk Anda cicipi saat berada di lokasi ini adalah pecel lele. Sebab menu satu ini disajikan dengan sangat istimewa. Anda pun nantinya akan mendapatkan ikan lele dalam ukuran yang besar dan harga yang ramah di kantong. Selain pecel lele, Anda juga bisa untuk mencoba beragam olahan seafood, soto dan juga lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi, Kampung Gadang, Kec. Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

8. Rumah Makan Pondok Lasuang

Rumah Makan Pondok Lasuang
Image Credit: Google Maps (Ari Abdya)

Mungkin sebagian besar dari Anda masih sangat asing dengan olahan telur barendo. Namun, bagi Anda yang sedang berada di Pariaman wajib sekali untuk mencoba hidangan tersebut. Salah satu tempat makan yang menyediakan menu tersebut adalah Rumah Makan Pondok Lasuang yang berada di daerah Pakasai.

Telur barendo sendiri merupakan salah satu olahan telur yang diracik dengan bumbu sangat khas. Untuk rasanya sendiri yakni perpaduan dari renyah dan lezat. Proses pembuatan dari makanan ini adalah telur tersebut digoreng diatas minyak yang panas. Dengan begitu akan bisa menghasilkan pinggiran telur seperti barendo yang memiliki arti renda dalam Bahasa Indonesia.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Paling Hits

Tak hanya menu telur barendo yang sangat khas, Anda juga bisa menemukan banyak kuliner lain yang tersedia di lokasi satu ini. Sebut saja seperti ikan bakar, batokok lado ijo, burung dara goreng dan menu olahan lainnya. Disini, Anda akan merasakan cita rasa khas Sumatera Barat yang sangat enak dan juga nendang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mencicipinya ketika di Pariaman.

Lokasi: Pakasai, Kec. Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

9. Pokat Cancang, Pasar Kurai Taji

Pokat Cancang, Pasar Kurai Taji
Image Credit: Kaba12.co.id

Selain makanan, terdapat salah satu wisata kuliner khas Pariaman dalam bentuk minuman yang wajib Anda coba. Pokat Cancang merupakan salah satu minuman yang terkenal di daerah Pasar Kurai Taji dan juga sangat mudah untuk dibuat. Hidangan ini sangat cocok untuk menyegarkan dahaga di siang hari.

Pokat cancang merupakan salah satu minuman yang memiliki bahan dasar yakni buah alpukat yang telah masak dan kemudian dihaluskan menggunakan sendok. Kemudian, alpukat tersebut dicampur dengan menggunakan serutan es batu dan sirup coco pandan. Dengan tambahan susu kental manis, maka minuman satu ini akan sangat segar ketika dinikmati dalam cuaca yang panas.

Lokasi: Pasar, Kurai Taji, Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Restaurant Muda Mudi

Restaurant Muda Mudi
Image Credit: Google Maps (Wahyudi woo)

Dengan menyajikan rasa yang konsisten sejak dahulu kala, maka Anda pun bisa singgah sejenak untuk menikmati kuliner yang ada di restoran satu ini. Apabila Anda dulunya pernah datang ke restoran ini, maka Anda pun akan dibawa nostalgia karena memang suasananya yang tidak berubah.

Disini, Anda bisa mencoba berbagai macam menu masakan salah satunya tahu kecap yang menjadi favorit para pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menu masakan lainnya seperti martabak mesir, gado gado kentang, gado gado mie, hingga soto dan juga sate. Bahkan disini juga tersedia beraneka macam jus buah yang bisa Anda pilih untuk teman minum Anda ketika bersantap disini.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.10, Kp. Jawa I, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Beragam sajian wisata kuliner yang ada di Pariaman tentunya sangat banyak dan bervariasi. Sehingga, ketika berada disini Anda pun tak perlu khawatir untuk kehabisan ide mencari makanan. Sebab, banyak sekali kuliner yang bisa Anda temui ketika berada di kota satu ini. salah satunya sate padang hingga nasi sek yang sangat lezat dan khas. Bahkan Anda pun tidak bisa menemukan di tempat lainnya.