Pasuruan merupakan wilayah yang seringkali dilintari oleh para pengemudi di jalan pantura, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pusat perekonomian. Dikatakan demikian, pasalnya kawasan ini seringkali disinggahi oleh para pelancong yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Selagi berada di kawasan tersebut, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya sebelum melanjutkan perjalanan. Berikut rekomendasi tempat terbaik untuk berburu kuliner murah nan lezat di Pasuruan yang tidak boleh terlewatkan.

1. Rawon Nguling

Rawon Nguling
Image Credit: Cookpad.com

Siapa yang tidak mengenal depot populer bernama Rawon Nguling ? Depot favorit dikunjungi oleh keluarga ini, selalu ramai dikunjungi pelanggan terutama ketika memasuki jam makan tiba. Bahkan sejak dibuka, warung ini langsung diserbu oleh para penggemarnya yang merasa kelaparan dan tidak sabar menyantap aneka menu masakan lezatnya. Pilihan menunya pun cukup beragam, namun secara keseluruhan rasanya tidak perlu diragukan.

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, nasi rawon menjadi menu andalan berkat dagingnya yang empuk dan rasa kuahnya yang segar. Lokasinya yang cukup strategis, pasalnya depot sederhana ini berada di pinggir jalan yang berbatasan langsung antara Probolinggo dan Pasuruan. Warung ini pun melegenda hingga tidak ada satupun yang tidak mengenalnya, sehingga wajar saja jika banyak pelanggan yang datang dari luar penasaran dengan rasa masakannya.

Lokasi: Jl. Sedarum RT/RW:23/10, Sedarum, Kec. Nguling, Kab. Pasuruan.

2. Rumah Makan Tengger

Rumah Makan Tengger
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Warung makan selanjutnya yang tidak kalah populer di mata masyarakat Pasuruan adalah Rumah Makan Tengger. Keistimewaan dari warung makan ini, terletak dari banyaknya menu yang disajikan demi memenuhi selera pelanggannya. Mulai dari nasi rawon dengkul sapi, nasi pecel, hingga sop buntut siap memanjakan perut yang kelaparan. Bahkan masyarakat sekitar amat tergila gila dengan citarasa yang ditawarkan oleh rumah makan satu ini.

Bukan hanya menyediakan aneka menu makanan, namun disini pelanggan juga bisa mencicipi menu minuman yang tidak kalah menarik dicoba. Nama minuman unik tersebut bernama kopi tubruk, yang sudah terkenal akan rasanya yang mantap dan cocok dikonsumsi bagi para pecinta kopi. Fasilitasnya pun cukup lengkap, sehingga banyak para pengendara yang sengaja menghentikan laju kendaraannya untuk sekedar mampir mencicipi masakannya.

Lokasi: Jl. Raya Pasuruan – Probolinggo KM.5 No.1A, Sambirejo, Kec. Rejoso, Kab. Pasuruan.

3. Lesehan Djawa Dwipa

Lesehan Djawa Dwipa
Image Credit: Anekawisataseru.net

Pasuruan memang berlokasi tidak jauh dari pesisir pantai, namun di tempat ini pula kamu bisa menemukan nuansa khas pegunungan ketika mendatangi Lesehan Djawa Dwipa. Tempat makan favorit satu ini, biasanya menjadi tempat singgah terbaik bagi mereka yang melakukan perjalanan dari arah kota Malang. Bahkan sebelum mencicipinya, para pelanggan sudah disuguhkan dengan pemandangan indah dengan nuansa sejuk yang menenangkan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Ayam bakar merupakan menu andalan yang banyak dipesan oleh para pelancong, mengingat rasanya yang sedap dan terasa gurih sejak gigitan pertama. Di tempat ini pula pelanggan bisa memesan beras kencur, yang dipercaya mampu meningkatkan stamina sehingga sangat baik dikonsumsi sebelum melanjutkan perjalanan. Jika soal harga, tampaknya tidak akan membuat isi kantongmu langsung hilang dalam sekejab.

Selain menu utamanya, masih ada berbagai menu andalan yang lainnya yang bisa menjadi opsi pilihan seperti aneka olahan dari ikan gurami. Dijamin rasanya tidak akan mengecewakan, berkat pengelolaan tepat dan ditambahkan dengan aneka bumbu pilihan yang siap menambah kelezatannya. Agar semakin nikmat, silahkan santap kulinernya selagi masih hangat bersama dengan minuman yang menghangatkan.

Lokasi: Jl. Melati No., 12A, Plintahan, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

4. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo
Image Credit: Kompas.com

Tidak asing terdengar, dimana Rumah Makan Cairo memang menjadi salah satu tempat makan populer yang menyediakan aneka kuliner lezat. Bahkan kelezatan masakannya sudah terdengar luas hingga ke luar daerah, sehingga cukup wajar jika banyak kendaraan pribadi dari berbagai daerah tengah singgah di dekat rumah makan tersebut. Ketika memasuki jam makan tiba, rumah makan ini semakin dipadati pengunjung yang terlihat sibuk memilih menu masakan yang diinginkan.

Beberapa menu yang disajikan cukup beragam seperti krengsengan, kare, rawon, soto, sate kambing, sate ayam, hingga sate kambing sudah tersedia disini. Banyaknya pilihan kuliner yang bisa dicicipi, menjadi salah satu nilai tambah tersendiri. Pelayanannya pun cukup baik, sehingga pelanggan tidak hanya puas dengan hidangannya namun juga dari segi kepuasan batin. Inilah alasan mengapa tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung hingga saat ini.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.678, Kersikan, Kec. Bangil, Kab. Pasuruan.

5. Soto Ayam Cemara

Soto Ayam Cemara
Image Credit: Garnesia.com

Ingin mengkonsumsi makanan berkuah nan segar ? Tidak perlu bingung, karena kamu bisa mengunjungi Soto Ayam Cemara untuk memuaskan keinginan. Meski soto dapat ditemukan di daerah lainnya, namun kelezatan rasa yang ditawarkan di warung ini terasa berbeda. Inilah alasan mengapa warung makan satu ini kerap dikunjungi wisatawan yang hendak melakukan perjalanan jauh atau sekedar melepaskan rasa lapar.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Setiap orang yang sudah pernah mencicipi hidangan sotonya, pastinya bisa merasakan bagaimana kelezatannya yang khas. Selain unggul dari segi rasa, patokan harganya yang terbilang cukup bersahabat menjadi daya tarik tersendiri. Cukup dengan mengkonsumsi satu mangkoknya, hati senang dan perut pun terasa kenyang. Agar semakin nikmat, tambahkan sambal dan minuman segar sebagai pendampingnya.

Lokasi: Jl. Cemara No.23, Bugul Lor, Kec. Bugulkidul, Kota Pasuruan.

6. Depot Sri Pandaan

Depot Sri Pandaan
Image Credit: Kabarbisnis.com

Rekomendasi tempat makan murah meriah selanjutnya diberi nama Depot Sri Pandaan. Tersedia berbagai menu kuliner sederhana nan lezat, dimana setiap makanannya dijamin siap menggoyangkan lidahmu. Contohnya saja seperti sayur asem, tempe penyet, tahu telor, rujak cingur, sambal terasi dan masih banyak varian kuliner sederhana lainnya. Untuk bisa mencicipi kelezatannya, pelanggan pun tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Pelanggan juga bisa mencicipi kelezatan si ayam goreng spesial dari Jawa Timur sebagai menu unggulannya. Selain menyediakan aneka makanan berat, disini juga tersedia minuman tradisional yang lezat dan kaya akan manfaat. Minuman tersebut bernama beras kencur yang terkenal akan rasanya yang gurih, dan sangat disukai anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Tawarkan sejumlah menu sederhana nan sedap, wajar jika depot satu ini ramai dikunjungi pelanggan.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.3-4, Sumber Gedang, Petungasri, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

7. Lesehan Pak Sholeh

Lesehan Pak Sholeh
Image Credit: Diarysivika.com

Berkunjung ke kota Pasuruan akan terasa hampa jika belum mencicipi kelezatan kulinernya di Lesehan Pak Sholeh. Meski lokasinya cukup sulit ditemukan, nyatanya tempat makan ini selalu dikunjungi pelanggan tiada henti setiap harinya. Bukan sekedar keajaiban, ternyata antusias masyarakat untuk bisa menemukannya didasari dari rasa kulinernya yang mantap dan dirasa tiada bandingannya.

Usaha dan tenaga yang dikeluarkan untuk bisa menemukan lokasi lesehan ini pun akan berbuah manis dan terbayarkan, bahkan hanya dengan mencium aroma masakannya dari kejauhan. Tentu saja rasa masakannya semakin lezat jika mengingat perjuangan untuk melewati setiap tantangannya. Beruntungnya lagi, harga yang ditawarkan cukup ramah di kantong sehingga kamu bisa makan puas tanpa takut isi kantong terkuras.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani Tenggulanan, Tunggul Wulung, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

8. Kupang Kraton Bu Ning

Image Credit: Kompas.com

Kota Pasuruan termasuk wilayah yang cukup dekat dengan pesisir, sehingga tidak heran jika hasil lautnya akan diolah menjadi berbagai kuliner lezat seperti si kupang satu ini. Kupang sendiri merupakan hewan laut yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu saja. Ketika diolah dengan tepat, dijamin kamu akan dibuat ketagihan berkat rasanya yang lezat. Ketika tertarik mencicipi kelezatannya, silahkan datang langsung ke Kupang Keraton Bu Ning.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Murah & Enak

Menjadi makanan kebanggaan bagi masyarakat Pasuruan, dimana warung makan ini tidak pernah sepi dikunjungi. Tidak hanya menyediakan kupang saja, namun masih ada beberapa menu andalan lainnya yang tentunya tidak kalah lezat untuk dicoba. Mulai dari sate kerang, tahu goreng, lentho dan masih banyak menu lainnya yang siap memanjakan perut yang sedaritadi sudah berbunyi.

Dari sekian banyak menu yang disajikan, mungkin kamu bertanya tanya apa itu lentho ? Sebenarnya Lentho adalah makanan sejenis gorengan, yang diolah dari kedelai yang dipadukan dengan parutan kelapa dan singkong. Cukup sederhana, namun rasanya tidak bisa dikatakan sesederhana tampilannya. Jika belum pernah mencobanya, sepertinya makanan ini bisa menjadi rekomendasi yang wajib dicoba selanjutnya.

Lokasi: Jl. Stasiun, Kraton, Karangketug, Kec. Gadingrejo, Kota Pasuruan.

9. Kupang Kraton Pasuruan Hj. Qomariah

Kupang Kraton Pasuruan Hj. Qomariah
Image Credit: Malangculinary.com

Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah disebut sebagai salah satu tempat makan favorit masyarakat sekitar, mengingat rasanya yang lezat dengan porsi pas. Menawarkan menu Kupang Lontong sebagai andalannya, dimana kuliner satu ini cukup banyak menyedot perhatian masyarakat berkat rasanya yang sedap. Tentu saja kelezatan yang dirasakan, berasal dari aneka rempah pilihan dan cara pengolahan kupangnya sendiri.

Jika penasaran dengan citarasanya, akan lebih baik untuk segera meluncur ke warung makan Hj. Qomariah dan cicipi langsung selagi masih hangat bersama dengan minuman segar sebagai pelengkapnya. Sekali mencobanya, dijamin kamu akan dibuat ketagihan dan ingin mengunjunginya kembali di lain waktu. Cukup dengan mengeluarkan dana sekitar 7 ribuan saja, satu porsi kupang lontong sudah bisa didapatkan untuk mengisi perut yang sedang kelaparan.

Lokasi: Jl.RAYA BLAWI 53, Balungbendo, Masangan, Kec. Bangil, Kab. Pasuruan.

10. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul 1992
Image Credit:Nopanngluyur.wordpress.com

Sebagai salah satu daerah yang berada di pesisir pantai, membuat masyarakat sekitar memanfaatkan hasil lautnya untuk diolah menjadi aneka kuliner lezat. Jika tertarik mencicipi hidangan berupa kepiting segar dan murah, tampaknya bisa mendatangi warung makan Kepiting Cak Gundul 1992. Meski harganya terbilang cukup tinggi, namun dianggap setara dengan kelezatan yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Pandaan No.Km. 48, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Kab. Pasuruan.

Sebagai salah satu kawasan yang sering disinggahi, Pasuruan menjadi tempat yang pas untuk berburu tempat kuliner favorit. Berkat kelezatan setiap masakannya, tampaknya akan sangat disayangkan jika tidak menyempatkan diri mengisi tenaga sebelum berangkat ke tempat tujuan. Rasanya yang lezat dan murah meriah, dijamin membuatmu ketagihan untuk datang kembali di lain kesempatan.