Cita rasa kuliner nusantara memang tiada habisnya jika ditelusuri. Setiap sudut kota yang ada di Indonesia selalu bisa menghadirkan rasa berbeda namun tetap nikmat di lidah. Begitu juga dengan Anda yang mampir ke Pekalongan. Pekalongan tak hanya dikenal sebagai penghasil batik, kulinernya juga begitu kaya dan sangat banyak diburu.

Untuk Anda yang ingin mencoba kuliner unik, berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Kota Pekalongan yang murah namun tetap enak.

1. Nasi Uwet H. Zarkasi

Nasi Uwet H. Zarkasi
Image Credit: Sindonews.com

Jika Anda sedang berada di kota Pekalongan, sebaiknya tidak melewatkan wisata kuliner satu ini. Terutama bagi Anda yang menyukai olahan berbahan dasar daging kambing. Nasi Uwet H. Zarkasi ini merupakan salah satu tempat makan yang legendaris. Rasanya yang nikmat dan tak pernah berubah menjadi kelebihannya. Nasi uwet sendiri merupakan nasi yang ditambahkan dengan olahan daging kambing yang nikmat.

Dagingnya yang lembut dengan berbagai bumbu rempah membuat cita rasanya akan membuat Anda ketagihan. Sebenarnya nasi uwet ini biasa disajikan ketika ada hajatan, yang membedakan nasi uwet di tempat satu ini disajikan dengan daging kambing encer menggunakan kuah. Anda harus menjajal nasi yang sudah berdiri 60 tahun lebih ini. Jika Anda ingin mencicipinya bisa langsung menuju Jl. Sulawesi daerah Pekalongan Barat.

Lokasi: Jl. Sulawesi No.25, Kergon, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan.

2. Soto Tauto Bang Dul

Soto Tauto Bang Dul
Image Credit: Ksmtour.com

Tauto merupakan soto yang ditambahkan dengan tauco, membuat warnanya sedikit kecoklatan dan berbeda dengan soto pada umumnya. Rasanya juga lebih khas, sehingga Anda harus mencoba makanan satu ini. Hingga kini memang belum tahu siapa yang membuat atau menemukan soto tauto ini. Yang jelas jika Anda ingin menjajalnya, ada tempat yang begitu kondang yakni Soto Tauto Bang Dul yang tak pernah sepi pengunjung.

Meskipun tempat makan ini begitu sederhana dan tak begitu besar, namun pengunjungnya selalu berdatangan. Tauto disajikan dengan daging sandung lamur, terdapat telur rebus serta emping. Adanya tauco membuatnya rasanya lebih manis namun tetap gurih. Akan semakin nikmat jika ditemani tempe goreng atau tahu goreng. Belum lagi tempat wisata kulineran ini juga bersih dan memiliki harga yang tak akan membuat dompet Anda jebol.

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo, Gamer, Pekalongan Timur, Gamer, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

3. Warung Mbah Ibah

Warung Mbah Ibah
Image Credit: Jelajahpekalonganku.blogspot.com

Nasi Megono merupakan salah satu kuliner khas dari Pekalongan yang juga banyak diburu. Baik wisatawan maupun penduduk lokal sangat menyukai panganan satu ini. Anda bisa mencicipi panganan satu ini di Warung Mbah Ibah ini. Tempat satu ini sudah terkenal memiliki rasa yang mantap sehingga Anda bisa memanjakan lidah serta perut anda. Sudah ada sejak tahun 1992, Anda tidak akan menyesal sudah merasakan nasi megono warung ini.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Solo yang Murah & Enak

Lokasinya yang berada di pusat kota semakin memudahkan siapapun untuk mengunjunginya. Memang nasi Megono termasuk hidangan yang sangat mudah untuk ditemui dari pagi hingga malam. Nasi Megono sendiri bentuknya mirip dengan nasi rames, dimana Anda bisa memilih sendiri lauk yang diinginkan. Biasanya lauknya berupa tongseng sapi, ayam kecap, gorengan, telur rebus hingga sambel yang membuatnya makin nikmat.

Lokasi: Jl. Teratai No.81, Poncol, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan.

4. Garang Asem H. Masduki

Garang Asem H. Masduki
Image Credit: Garnesia.com

Bila Anda ingin menikmati sajian yang berkuah, Anda bisa mampi ke Warung Garang Asem H. Masduki. Warung satu ini memang sudah ada sejak lama dan terkenal di Pekalongan. Yang membedakan garang asem dari daerah Pekalongan daripada yang lainnya, adalah penyajiannya yang langsung di piring. Tidak menggunakan daun pisang seperti biasanya garang asem pada umumnya. Daging yang digunakan juga biasanya daging sapi.

Sajian berkuah ini akan berbumbu kluwek sehingga warnanya menjadi kecoklatan. Semakin segar dengan tambahan blimbing wuluh, tomat serta cabai yang begitu sempurna. Tempat kulineran satu ini sudah ada sejak tahun 1952. Selain garang asem, Anda juga bisa menjajal menu lain seperti Ayam Po’o dan Ayam Opo. Satu porsi garang asem biasanya dibandrol mulai dari Rp. 25 ribuan untuk setiap porsinya. Tentunya setara dengan rasanya yang lezat.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.169, Kebulen, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

5. Pindang Tetel

Pindang Tetel
Image Credit: Inibaru.id

Mendengar nama kuliner satu ini, mungkin Anda beranggapan jika olahannya dari ikan pindang. Padahal pindang tetel singkatan dari Paling enak Daging Tetelan. Sehingga bisa dipastikan jika hidangan satu ini terbuat dari daging sapi tetelan yang juga menjadi kuliner dari Pekalongan. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan satu ini, namun Anda bisa langsung menuju desa asalnya yaitu Desa Ambokembang, Pekalongan.

Olahan ini sebenarnya dibuat untuk memanfaatkan hasil kluwek yang melimpah di kota ini. Akhirnya hadirlah pindang tetel, dimana daging sapinya diiris kecil kecil atau ditetel. Rasanya yang gurih ditambahkan dengan dagingnya yang lembut memang paling mantap ditambahkan dengan nasi hangat. Anda juga bisa menjadikan kerupuk sebagai teman makan. Harga panganan satu ini juga tidaklah mahal, dan Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Lokasi: Podosugih, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

6. Sop Buntut Bu Leman

Sop Buntut Bu Leman
Image Credit: Noormafitrianamzain.com

Jika Anda ingin menikmati kuliner yang berkuah, maka Anda bisa menjajal sop buntuk Bu Leman yang begitu legendaris. Anda juga tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati satu porsinya. Belum lagi Anda juga tak akan kecewa dengan rasa dari sop buntut ini. Sop dengan kaldu yang bening dan rasanya yang pas pasti akan nikmat dengan nasi putih hangat. Harga seporsinya dibandrol mulai dari Rp. 25 ribu dan sudah termasuk dengan nasinya.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91 D, Noyontaan, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

7. Angkringan Sang Dalang

Angkringan Sang Dalang
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Untuk Anda yang ingin menikmati sajian nikmat tanpa takut kantong jebol, tempat satu ini sangat cocok. Angkringan sang Dalang, bukan hanya angkringan yang menyediakan nasi kucing saja. Karena ada menu lain seperti nasi uduk dengan berbagai lauk yang juga tak kalah menggoda. Meskipun dibandrol dengan harga terjangkau, namun Anda tak usah khawatir soal rasanya. Yang jelas tempat kulineran satu ini akan membuat Anda puas.

Lokasi: Jl. Merdeka No.29-42, Kraton Lor, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

8. Nasgor Bu Kustiani

Image Credit: Cintapekalongan.com

Nasi goreng menjadi makanan yang sangat umum, dan mungkin bisa Anda temukan dimana mana. Namun ketika Anda berkunjung ke Pekalongan, rasanya tidak lengkap jika tidak datang ke warung satu ini. Nasgor Ibu Kustiani memang sudah kondang memiliki rasa yang nikmat dan tak akan membuat Anda kecewa. Menu lain selain nasi goreng juga tak kalah menarik untuk Anda jajal. Seperti menu capjay kuah maupun mie kuah yang perlu dicoba juga.

Yang membuat cita rasa tempat satu ini begitu berbeda dan unik yaitu proses memasakanya yang masih tradisional. Semua menu diproses dengan menggunakan tungku yang biasanya digunakan orang zaman dulu. Proses memasak ini juga membuat bumbu makin meresap pada makanan. Tak heran jika rumah makan satu ini tak pernah sepi pengunjung meskipun menyajikan nasi goreng. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau.

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.34, Kraton Kidul, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan.

9. Ayam Gepuk

Ayam Gepuk
Image Credit: Franchiseglobal.com

Menuju ke daerah Tirto, Anda akan menemukan tempat kulineran bernama Ayam Gepuk. Sajian ayam gepuk sendiri merupakan kuliner khas kota Pekalongan yang juga tak boleh Anda lewatkan. Ayam gepuk mempunyai resep sambal yang lezat dan begitu nikmat jika disandingkan dengan nasi hangat. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi ayam gepuk juga begitu bersahabat, sekitar Rp. 10 ribuan. Karena memang sudah ada paket paket hemat yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Gajah Mada Bar. No.9, Tirto, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

10. Warung Lesehan Usman

Warung Lesehan Usman
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Di Warung lesehan Usman, Anda bisa menikmati kudapan lezat yang pastinya memanjakan lidah anda. Anda bisa mencoba masakan khas seperti nasi megono dengan berbagai lauk yang disajikan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba tempe mendoan hingga kopi tahlil. Kopi tahlil ini adalah minuman khas dari Pekalongan yang harus Anda jajal. Warung Lesehan ini terkenal dengan rasa sambalnya yang pedas dan tentunya membuat lidah bergoyang.

Lokasi: Jl. Alun-Alun, Keputran, Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan.

11. Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto

Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto
Image Credit: Gotravelly.com

Apakah Anda pecinta seafood? Jika iya, maka Anda harus mencicipi olahan seafood di tempat kulineran satu ini. Warung makan Ikan bakar Wiroto ini tak jauh dari pusat kota. Tidak hanya strategis, rumah makan ini juga memiliki rasa yang mantap. Aromanya saja begitu kuat dan memiliki rasa gurih yang membuat siapa saja ketagihan. Harga yang ditawarkan juga tidak akan membuat Anda merogoh kocek yang dalam, Yang jelas akan membuat Anda puas.

BACA:  20 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pantai Sari No.33, Panjang Baru, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

12. Selaras

Selaras
Image Credit: 2Pos.asia

Selaras merupakan tempat kulineran yang tempatnya seperti resto namun tetap memiliki harga yang bersahabat. Sehingga banyak yang mengunjungi tempat satu ini untuk wisata kuliner. Ada banyak menu yang bisa Anda cicipi ketika mengunjungi resto Selaras ini. Tempatnya yang nyaman sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama pasangan maupun bersama keluarga. Ketika malam hari resto satu ini bertambah ramai karena nuansanya lebih romantis.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No.2, Bendan, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

13. Waroeng SS

Waroeng SS
Image Credit: Surakarta.go.id

Bagi Anda yang ingin merasakan kuliner yang memiliki rasa pedas, Anda bisa mengunjungi warung SS ini. Ada banyak pilihan menu yang bisa Anda pilih ketika mengunjungi warung ini, mulai dari menu ayam, ikan hingga sayuran. Menariknya lagi Warung SS ini memiliki banyak menu sambal yang pastinya memiliki rasa yang nikmat. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan anda. Harga yang ditawarkan juga bersahabat.

Lokasi: Jl. Raya Sapugarut No.277, Sapugarut Barat, Sapugarut, Kec. Buaran, Kota Pekalongan.

14. Rumah Makan Kepiting “Gemes” Pak Mamo

Rumah Makan Kepiting “Gemes” Pak Mamo
Image Credit: Kabarpemalang.com

Sajian seafood memang selalu membuat lidah siapapun tergoda, terutama jika kepiting. Jika Anda sedang ada di Pekalongan, Anda bisa menikmati sajian kepiting lezt di Warung Kepiting Gemes Pak Mamo ini. Ada berbagai menu masakan dari kepiting yang akan memanjakan lidah serta perut anda. Anda langsung saja meluncur ke daerah Pantai Sari Pekalongan. Tenang saja, semua menunya dibandrol dengan harga yang sesuai rasanya.

Lokasi: Jl. Pantai Sari No.33, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

15. Rumah Makan Puas

Rumah Makan Puas
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Rumah Makan Puas merupakan tempat kulineran Arab yang terkenal dengan nasi kebulnya. Karena memang rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1970an ini, memang tak bisa lagi dipisahkan dengan nasi kebulinya. Melihat bangunannya, mungkin tak ada yang spesial dengan bangunannya. Namun di balik warungnya yang sederhana, Anda akan mendapatkan cita rasa yang mengagumkan. Yang jelas Anda tak akan kecewa ke Rumah Makan Puas ini.

Lokasi: Jl. Surabaya No.32, Sugihwaras, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan.

Kuliner khas suatu daerah memang selalu membuat siapa saja dimanjakan. Terutama jika tempat makan yang menjualnya sudah legendaris, soal rasa tak perlu lagi dikhawatirkan. Berwisata kuliner ke Kota Pekalongan, Anda akan menemukan banyak tempat kuliner yang sudah buka sejak lama. Harga yang ditawarkan juga tak akan membuat kantong Anda jebol. Sudah tahu ingin mencicipi kuliner yang mana dulu?