Dari Sabang sampai Merauke terdiri atas berbagai kota bahkan provinsi, sehingga banyak pula masyarakat yang tinggal di negeri ini. Begitu majemuknya masyarakat Indonesia hingga dapat menghasilkan keberagaman, mulai dari suku, bahasa, agama, hingga makanan khas. Oleh sebab itu, Pekanbaru juga menjadi salah satu kota yang memiliki ciri khasnya sendiri.

Ibukota Riau ini memiliki beberapa wisata kuliner yang terkenal dengan harga murah dan enak. Berikut 12 rekomendasi wisata kuliner di Pekanbaru yang wajib Anda cicipi.

1. Kimteng

Kimteng
Image Credit: Tripadvisor.com

Pernahkah mendengar tagline, belum ke Pekanbaru kalau belum ke Kimteng? Rasanya hal ini benar adanya karena kedai ini sangat legendaris karena berdiri sejak 5 tahun sejak merdekanya Indonesia. Kedai ini menjadi salah satu kedai kopi legendaris di kota Madani ini. Mengenai rasa tidak perlu diragukan karena itu menjadi bukti masih banyak pengunjung yang ke tempat ini. Bukan hanya soal rasa, tempat yang telah memiliki cabang lain ini mematok hanya yang murah.

Kedai legendaris bukan berarti tidak dapat mengikuti perkembangan zaman, Kimteng telah memperluas jangkauannya dengan membuka sekitar 6 cabang. Beberapa cabang berada di pusat perbelanjaan sehingga mampu menjangkau masyarakat modern saat ini. Menu andalan di tempat ini adalah roti bakar selai srikaya yang dipadu dengan secangkir kopi. Menu berat yang dapat kamu cicipi, yaitu mie yamin, dimsum, bubur ayam, mie ayam, dan lain lain.

Lokasi: Jl. Senapelan No 22 A-B-C, Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

2. Kedai Kopi Indah Ria

Kedai Kopi Indah Ria
Image Credit: Kumparan.com

Ingin sarapan di kedai kopi dengan menu yang khas Melayu? Kedai satu ini sangat cocok untuk awali pagi lebih baik dengan seduhan kopi yang sangat enak. Teman minum kopi yang ada, antara lain nasi lemak, kwetiau goreng, mie pangsit, dan masih banyak menu lainnya. Menu yang wajib kamu coba adalah kwetiau goreng karena dipadukan dengan udang dan telur, tetapi harganya sangat terjangkau. Awali sarapanmu di kota Pekanbaru dengan rasa yang luar biasa.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.108, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

3. Kedai Kopi Laris

Kedai Kopi Laris
Image Credit: Brosispku.com

Sesuai dengan namanya, kedai kopi satu ini sangat laris dan banyak digemari mulai dari orang lokal hingga masyarakat luar kota Madani. Snack andalan yang wajib kamu coba adalah roti bakar meses ala rumahan yang sangat khas dari kedai kopi laris. Tidak hanya snack, kedai kopi ini juga menawarkan makanan berat seperti lontong sayur, soto ayam, mie goreng, dan menu lainnya. Lontong sayur adalah menu yang paling digemari, sehingga sering kali sold out sebelum tutup.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Dr. Leimena No.26, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

4. Kedai Kopi Megaria

Kedai Kopi Megaria
Image Credit: Bayuwinata.wordpress.com

Terbukti bahwa Indonesia kaya akan hasil kopi dan masyarakatnya menyukai minuman yang beraroma kuat ini dengan banyaknya kedai kopi di sini. Banyak orang yang memiliki kedai ini untuk sarapan dengan menu yang sangat legendaris sejak 70 tahun lalu, yaitu mie pangsit. Tidak hanya itu, mie pangsit yang disajikan dengan daging ayam melimpah, semangkuk kuah, dan dua pangsit rebus. Mie ini memakai mie kriting kecil dan bertekstur kenyal, sehingga sangat enak.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.65, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

5. Pukis Padusari

Pukis Padusari
Image Credit: Findglocal.com

Diklaim sebagai pukis terenak di Pekanbaru karena cita rasa, tekstur, dan varian yang cukup banyak. Street food di malam hari satu ini dapat kamu temukan di daerah pusat perbelanjaan yang terkenal di kota Madani. Kedai pukis padusari ini telah berdiri sejak 38 tahun silam, sehingga sangat terkenal. Yang membuat sebuah usaha makanan tetap bertahan puluhan tahun ada dua hal, yaitu kualitas bahan yang dipakai tidak pernah berubah dan cita rasa yang tetap enak.

Yang membuat pukis ini ramai karena ukurannya yang tidak lebih besar daripada pukus di toko lainnya. Akan tetapi, harga yang dibandrol per bijinya sangat ramah di kantong. Varian yang tersedia, nanas, kacang coklat, pisang, strawberry, pandan, jagung, keju, dan Nutella yang dijual dengan harga bervariasi. Harga pukis berdasarkan varian rasa yang kalian inginkan, bahkan pembelian juga juga dapat mix berbagai rasa. Rasa manis adonanya dijamin bikin ketagihan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kota Tinggi, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

6. Soto Bude Cemara

Soto Bude Cemara
Image Credit: Brosispku.com

Menjadi salah satu makanan legendaris yang ada di Pekanbaru, soto Bude Cemara tetap digemari hingga saat ini. Kuliner legendaris ini telah berdiri sekitar 70 tahun, sehingga usaha ini telah dijalankan secara turun temurun. Tidak hanya itu, resep yang dipakai juga tetap dipegang teguh, sehingga rasanya tidak pernah berubah. Suasana rumah makan ini seperti berada di rumah dan jalannya tidak terlalu lebar, sehingga area parkir mobil cukup jauh di jalan utama.

Konsep yang diusung adalah makanan rumahan agar para pengunjung nyaman dan betah. Oleh karena itu, makanan yang ditawarkan juga hanya satu jenis yaitu soto. Cara penyajian soto ini dengan suwiran ayam, tauge, bawang goreng, dan terakhir disiram kuah yang gurih serta sedap. Soto juga disajikan dengan bihun dan sayuran serta paduan kuah bening yang sangat segar. Jika kamu ingin tambah nasi, maka harus membayar lebih karena tidak dijual satu paket.

Lokasi: Jl. Ronggo Warsito No.55, Kel. Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

7. Soto Rumah Simpang Tiga

Soto Rumah Simpang Tiga
Image Credit: Brosispku.com

Rumah soto legendaris lainnya ini menjadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke kota Madani. Kaldu sapi yang dipakai sangat menggugah selera siapa saja yang ada di sana. Sajian soto dipadukan dengan daging, bihun, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Kuah yang dipakai adalah kuah soto yang benih sehingga rasanya gurih, segar, dan ringan. Cocok untuk orang yang tidak menyukai makanan dengan kuah yang berat dan tentunya harganya sangat terjangkau.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Kh. Nasution Pekan Baru, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

8. Rujak Aniu Teng Teng

Rujak Aniu Teng Teng
Image Credit: Brosispku.com

Bagi para pecinta paduan rasa manis dan pedas dari rujak dengan bahan utama buah, tempat ini wajib dikunjungi. Pekanbaru memiliki rekomendasi rujak terbaik karena bahan yang dipakai juga pasti segar dan rasanya tidak pernah berubah sejak 40 tahun lalu. Buah yang dipakai, yaitu semangka, nangka, nanas, bengkuang, pepaya, melon, dan beberapa buah lainnya. Yang unik, kamu dapat memilih paket mini atau paket jumbo dengan jumlah buah yang lebih banyak.

Lokasi: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.33, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

9. Nasi Kapau Asli

Nasi Kapau Asli
Image Credit: Brosispku.com

Rumah makan satu ini memberikan rekomendasi untuk makan berat yang sangat enak untuk masyarakat lokal ataupun luar kota. Kamu yang datang ke Pekanbaru wajib berkunjung ke rumah makan Nasi Kapau Asli ini. Cita rasa dari masakannya mampu menggoyang lidah banyak orang dan tidak berubah sejak 70 tahun lalu. Penggemarnya tidak pernah kecewa karena harganya sangat terjangkau dan dipastikan kamu tidak akan puas dengan satu porsi.

Menu andalannya adalah rendang yang dibandrol dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah. Makan siangmu akan lebih lengkap jika ditambah dengan kerupuk jangek yang disiram dengan kuah santan yang kental. Kuah ini juga menjadi kunci cita rasa yang enak karena banyaknya rempah rempah yang dipakai. bagi para pecinta pedas, telah tersedia sambal merah di setiap meja pelanggan. Seporsi nasi rendang ini dapat membuatmu nambah nasi terus menerus.

Lokasi: Jl. Umban Sari, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru.

10. RM Cuik

RM Cuik
Image Credit: Brosispku.com

Indonesia kental dengan kearifan lokal, sehingga metode memasak RM Cuik ini belum berubah demi mempertahankan cita rasanya. Proses memasak masih menggunakan kayu bakar agar rasa dan aroma khas bakaran masih melekat di masakan yang kamu santap. Menu di rumah makan ini, antara lain gulai ikan baung, ikan selais goreng, dan udang goreng. Meskipun sangat sederhana, tetapi penggemar dari masakan rumah makan ini banyak dan cepat habis.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Sri Meranti, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru.

11. Sate Cun

Sate Cun
Image Credit: Brosispku.com

Telah beroperasi sejak tahun 1978 membuat sate padang cun ini ramai oleh pembeli setiap harinya. Tidak hanya itu, rasa yang ditawarkan tidak pernah berubah dan tetap memakai arang untuk membakar setiap satenya. Terdapat dua menu yang mampu menggoyang lidahmu, yaitu daging dan lidah. Satu porsi dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan satu paket dengan kerupuk cabe. Kerupuk cabe yang disajikan sebagai pelengkap ini juga disiram dengan bumbu sate.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Lokasi: Lembah Damai, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

12. RM Inyiak Sanang

RM Inyiak Sanang
Image Credit: Brosispku.com

Makanan legendaris yang satu ini juga telah lama berdiri di kota Madani dan tetap ramai dikunjungi. Menu yang paling banyak dipesan, yaitu dendeng bakar batokok dan soto minang. Soto minang dijual sudah satu paket dengan nasi, sehingga harganya tergolong terjangkau. Jika kamu ingin menu yang awet dan dapat dijadikan oleh oleh, dendeng batokok adalah pilihan tepat. Dikemas dengan sangat aman, sehingga bisa bertahan hingga berhari hari.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Limbungan Baru, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

13. Miso Pak Lek

Miso Pak Lek
Image Credit: Licsaysyummy.com

Kedai miso satu ini terkenal karena tempatnya yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Kedai belum bukan pun, telah banyak pengunjung yang antri dan berebut tempat duduk. Tidak heran karena cita rasanya sangat enak dan harganya ramah di kantong. Tersedia dua pilihan mi, yaitu mi putih, kuning, atau campur keduanya. Miso disajikan dengan tahu, suwiran ayam, dan beberapa potong ayam goreng. Pecinta ceker harus datang awal karena menu ini cepat habis.

Lokasi: Jl. Thamrin Ujung No.135, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

14. RM Pak Abbas

RM Pak Abbas
Image Credit: Tribunnews.com

Ingin mencicipi cita rasa masakan khas Melayu yang otentik? RM Pak Abbas menyajikan menu yang sangat menjawab keinginanmu dan tidak perlu khawatir mengenai rasa. Banyak pelanggan setiap harinya menjadi jawaban bahwa cita rasanya yang kuat dan harganya yang setara. Menu yang paling disukai, antara lain gulai asam pedas baung, ayam kampung goreng, dan cincang daging. Kuah asam pedas bikin ketagihan dan gulainya sangat kenyal sehingga cocok dengan nasi hangat.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman Bundaran, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

15. Warung Pecel Mbah Rodo

Warung Pecel Mbah Rodo
Image Credit: Ociym.net

Usaha yang berpindah tempat biasanya memiliki cita rasa yang berbeda, sehingga warung pecel ini tidak pernah berpindah tempat. Mulai dari warung kayu kecil hingga saat ini bangunan yang lebih besar, tetap di lokasi yang sama. Cita rasa yang tetap dan resep turun temurunnya yang membuat pelanggan tetap setiap. Menu yang paling banyak dicari adalah lontong pecel dengan isian lontong, tempe, tahu, dan mi putih. Kuah pecel manis tetapi tidak berlebihan dan tempe mendoan memang pas!

Lokasi: Jl. Letkol Hasan Basri No.5A, Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

Keanekaragaman Indonesia menyebabkan banyak hal yang berbeda, mulai dari suku, bahasa, kebiasaan, bahkan makanan dan cita rasanya. Oleh karena itu, Pekanbaru juga memiliki cita rasa masakan yang lain daripada kota lainnya. Tidak heran, berbagai wisata kuliner legendaris di Pekanbaru ini telah berdiri lebih dari 30 tahun karena rasanya yang nikmat dan harga yang terjangkau. Kamu wajib mencicipinya agar tahu ciri khas dari masakan dari kota terbesar di Provinsi Riau ini.