Berada di Pemalang menjadi kegiatan menarik untuk menjelajahi wisata kulinernya. Inilah rekomendasi tempat kulineran favorit di Pemalang yang bisa Anda pilih untuk menikmati hidangan lezat dengan harga yang terjangkau.

Pemalang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan pesona alam yang indah dan luar biasa. Selain objek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, terdapat tempat kuliner lezat dan murah yang tidak boleh dilewatkan. Wisata kuliner sepertinya sudah menjadi salah satu bagian dari kegiatan berwisata.

Bagi Anda yang sedang berada di Pemalang untuk jalan-jalan atau hanya sekedar berkunjung ke rumah kerabat, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menikmati kuliner khasnya. Sepertinya kurang lengkap jika jauh-jauh ke Pemalang namun tidak mencoba wisata kulinernya. Berikut terdapat daftar tempat kuliner di Pemalang yang lezat namun tidak menguras kantong.

1. Gita Corner

Gita Corner
Image Credit: Google Maps (Leo Bro)

Wisata kuliner pertama di Pemalang yang wajib Anda coba yaitu Gita Corner. Gita ordner adalah sebuah cafe yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan taman, Kabupaten Pemalang. Gita Corner menjadi salah satu cafe di Pemalang yang memiliki kopi nikmat dengan tempat yang nyaman dan tentunya instagramable. Cocok banget buat Anda yang suka update selfie untuk diunggah di instagram!

Tempat ini cocok Anda kunjungi sendiri untuk me time ataupun datang beramai-ramai dengan sahabat. Terdapat berbagai menu yang bisa Anda nikmati mulai dari makanan dan minuman. Mulai dari dimsum hingga makanan berat seperti nasi ayam. Ada juga berbagai varian kopi hingga olahan coklat yang khas dari cafe ini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman Tim. No.67, Wanarejan Selatan, Kec. Taman, Kab. Pemalang.

2. #WKWK Food And Drink Pemalang

#WKWK Food And Drink Pemalang
Image Credit: Google Maps (Setya Ning Endhi)

Cafe dengan nama yang cukup unik yaitu #WKWK Food And Drink ini terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Pemalang. #WKWK dibaca dengan ‘hastag wkwk’, mengusung konsep cafe yang nyaman dan enak untuk dijadikan tempat berkumpul sambil nongki dengan keluarga, sahabat, atau siapapun dengan menikmati hidangan cafe yang kekinian.

Letak cafe ini sangat strategis dan terletak di tengah kota yang tidak jauh dari Alun-Alun Pemalang, membuatnya menjadi kafe pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang hangout atau nongki dengan teman di tengah keramaian kota. Suasana yang nyaman, cozy, serta interior yang indah membuat cafe ini terkesan vintage dan instagramable

BACA:  20 Tempat Wisata di Kendal Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pelutan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

3. Dontea Pemalang

Dontea Pemalang
Image Credit: Google Maps (Nisa Inella)

Saat Anda mencari referensi cafe hits dengan menu enak dan harga murah, Dontea ini bisa dijadikan pertimbangan. Pasalnya cafe ini memiliki vibes yang sangat nyaman. Cafe ini terletak di Jalan Kh. Samanhudi, Pemalang. Konsep yang diusung cafe ini adalah klasik namun minimalis. Sehingga, suasana klasik yang sangat aman bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Dontea ini.

Indahnya desain cafe Dontea ini menambah daya tarik orang untuk berkunjung ke tempat yang satu ini dengan keluarga maupun teman terdekat. Banyak varian menu minuman dan makanan yang tersedia disini. Yang menjadi salah satu minuman andalan disini adalah ovaltine macchiatonya. Tempat ini biasanya dijadikan tempat nongkrong sekaligus mengisi perut dengan hidangan yang disajikan.

Lokasi: Jl. Kh. Samanhudi No.1, Kebondalem, Pelutan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

4. Wapress JK Pemalang

Wapress JK Pemalang
Image Credit: Google Maps (Didi Dotcomm)

Wapress JK Pemalang bisa Anda jadikan pilihan tepat untuk sekedar nongkrong atau tempat melepas penat di malam hari setelah seharian berjalan-jalan di sekitar Pemalang. Anda akan merasakan kesan yang nyaman saat berada di cafe ini dengan tempatnya yang luas. Yang membuatnya menarik untuk dikunjungi wisatawan adalah adanya live musik setiap hari, dan Anda boleh menyumbang lagu bebas disini. Seru, bukan?

Saat Anda ingin mengerjakan tugas namun bosan dengan suasana rumah, Anda juga bisa datang kesini. Di cafe ini dilengkapi wifi gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengerjakan tugas dan bermain game online bersama dengan sahabat. Menu yang ada bermacam-macam, mulai dari berbagai varian kopi, snack, hingga makanan berat.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin, Damayasa, Kaligelang, Kec. Taman, Kab. Pemalang.

5. Lontong Dekem Pak Drajat

Lontong Dekem Pak Drajat
Image Credit: Google Maps (Teddy Ruhimat)

Selain cafe yang hits dan menyediakan berbagai hidangan nikmat, kini ada kuliner lain yang wajib Anda coba, yaitu Lontong. Untuk Anda yang suka dengan lontong, tidak ada salahnya untuk mampir ke Warung Pak Drajat yang ada di Jalan R.E. Martadinata, Pemalang. Lontong ini tidak seperti lontong pada umumnya.

Pada warung Pak Drajat, Lontong yang disajikan mirip dengan soto. Karena disajikan dengan kuah kekuningan yang mirip dengan kuah soto. Yang membedakan yaitu tidak adanya toge di lontong dekem ini. Lontong ini berpadu dengan parutan kelapa yang sudah disangrai dengan ditemani kerupuk yang renyah, yang menjadikannya lebih nikmat.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Purbalingga yang Murah & Enak

Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1970 an, dan hingga sekarang masih ramai pengunjung seperti baru dibuka. Sampai kini, pengunjung dari lontong dekem ini tidak hanya warga lokal, tetapi juga wisatawan dari luar daerah. Anda bisa menyantap lontong ini dengan lauk lain seperti sate atau jeroan goreng yang dicampur dengan serundeng.

Lokasi: Jl. Gg. Berkah No.1, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

6. Pecak Belut Bu Niti

Pecak Belut Bu Niti
Image Credit: Google Maps (Ardi Diver)

Saat Anda melintasi jalur pantura, Anda bisa singgah dan mencicipi makanan yang ada di warung Bu Niti, yaitu pecak belut. Pecak belut ini cukup populer di kalangan warga Pemalang. Makanan ini terbuat dari belut segar yang dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang enak. Belut akan dibalut tepung lalu digoreng dan dimasak dengan sambal terasi dan santan.

Anda penasaran bagaimana rasanya? Tidak usah berlama-lama, langsung saja datang ke tempat yang berlokasi di Desa Tegal Melati, Pemalang. Rumah makan ini sudah melegenda karena sudah ada sejak tahun 1993 an. Pecak belut ini sendiri akan sangat enak jika disantap dengan nasi hangat dengan tambahan lalapan yang segar, ditambah segelas teh hangat.

Lokasi: Jl. Raya Tegal Mlati, Sekreo, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang.

7. RM Kepiting Gemes Pak Mamo

RM Kepiting Gemes Pak Mamo
Image Credit: Google Maps (Agus Wahyu Protomo)

Siapa yang sudah gemas membayangkan kepitingnya walau hanya membacanya saja? Jika Anda pecinta seafood dan mencari menu kepiting paling enak di Pemalang, Anda bisa datang ke warung milik Pak Mamo ini. Anda akan dibuat ngiler saat pertama kali makanan ini diantar ke meja! Terlebih lagi jika daging-daging lembut dari kepiting ini sudah sampai ke lidah.

Bumbu-bumbu racikan resep rahasia dari keluarga Pak Mamo meresap ke kepiting saat dimasak membuat rasanya lezat abis dan memang bikin Anda gemes sendiri. Yang membuatnya unik yaitu cara penyajian kepiting ini. Anda tidak perlu heran dan kaget jika mendengar suara berisik di dalam rumah makan Pak Mamo ini.

Suara berisik ini berasal dari cobek dan ulekan yang memang disediakan untuk menghancurkan cangkang kepiting. Sehingga pengunjung tinggal menikmati dagingnya yang lembut dan bumbu-bumbu yang meresap ke dalamnya. Jika Anda ingin menikmati kepiting gemes ini, langsung saja datang ke warungnya yang beralamat di Jl. urip Sumoharjo.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.131, Pelutan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

8. RM Kebun Bambu Pemalang

RM Kebun Bambu Pemalang
Image Credit: Google Maps (MOCH FATKHI SUBKHI)

Saat Anda ingin makan bersama keluarga dan mengajak anak kecil, Anda bisa datang ke RM Kebun Bambu ini. Karena disini terdapat area bermain anak yang lengkap dan luas sehingga anak bisa bermain sembari Anda menyantap hidangan lezatnya. Terletak di jalur pantura, membuat tempat makan ini cocok untuk beristirahat.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Makanan yang disajikan cukup banyak, dengan berbagai masakan lokal Indonesia. Hidangan utama di rumah makan ini adalah ikan bakar, mulai dari jenis nila, kakap, bawal, hingga gurame. Masih banyak lagi menu makanan yang bisa Anda pesan disini, seperti menu seafood kepiting. Anda bisa datang ke rumah makan ini dari pukul 8 pagi hingga 6 petang.

Lokasi: Jl. Raya Ahmad Yani No.11 A, Purwoharjo, Kec. Comal, Kab. Pemalang.

9. Soto Grombyang H. Warso

Soto Grombyang H. Warso
Image Credit: Google Maps (Bani Zakiyah)

Tempat ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu soto yang memiliki warna kuah kecoklatan. Sekilas soto ini terlihat seperti rawon, hanya isinya saja yang membedakan. Terdapat beberapa isian untuk soto ini, seperti daging yang sudah diiris-iris, daun bawang, dan isian lain dengan kuah khasnya yang berwarna kecoklatan.

Yang membuat rasanya menjadi lebih gurih yaitu adanya tambahan kluwak. Soto ini sebenarnya bisa dijumpai dimanapun, tersebar di setiap rumah makan yang ada di Pemalang. Namun, ada tempat makan yang terkenal dengan sajian soto ini, yaitu Soto Grombyang H. Warso. Warung ini cukup melegenda karena sudah berdiri sejak tahun 1960 an. Yang membuatnya tetap bertahan karena nasinya yang dipadukan dengan resep nikmat dari kuah dan potongan daging.

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata, Pelutan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

10. Sate Loso Pak Mul Pemalang

Sate Loso Pak Mul Pemalang
Image Credit: Google Maps (Axel Pratama)

Tidak hanya Madura saja yang terkenal dengan kelezatan satenya. Ada banyak wilayah dengan jenis sate yang beragam dan memiliki sate khas nya masing-masing, tidak terkecuali Pemalang. Ternyata hidangan sate di Pemalang ini punya rasa yang nendang dan bikin nagih siapapun yang memakannya, namanya sate loso.

Seperti sate pada umumnya, sate loso berbahan utama daging sapi atau kerbau. Namun, yang membuatnya unik adalah dagingnya yang telah dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang lembut dengan rasanya yang sangat khas, karena menggunakan cabai merah langsung. Sangat cocok untuk Anda penikmat makanan pedas.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.124, Pelutan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang populer di Pemalang. Banyak berbagai kuliner yang bisa Anda coba mulai dari aneka kopi, seafood dan makanan lainnya. Sangat sayang jika Anda melewatkan salah satu dari rekomendasi di atas saat berkunjung ke Pemalang. Bagaimana, sudah tertarik dan ingin segera mencicipi menu yang mana?