Kota Pontianak memiliki beragam jenis wisata kuliner yang terkenal enak dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Makanan khas dengan cita rasa yang luar biasa membuat para pengunjung betah berlamalama dan selalu ingin kembali lagi.

Pontianak memiliki segudang cerita yang bisa Anda eksplor di baliknya. Dikenal sebagai ibu kota dari Kalimantan Barat, Pontianak memiliki banyak sekali tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Tak hanya objek wisatanya saja, Anda juga wajib untuk mencicipi berbagai olah kulinernya yang begitu menggugah selera.

Berikut deretan tempat wisata kuliner di Kota Pontianak yang murah dan lezat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung.

1. Nasi Ayong 999

Nasi Ayong 999
Image Credit: Sitimustiani.com

Destinasi kuliner yang pertama hadir dari Nasi Ayong 999, yang merupakan tempat yang paling dilirik sebagai area kuliner nomor satu di Pontianak. Menu andalan dari tempat ini sebenarnya sangat sederhana yaitu nasi putih dengan telur ceplok di atasnya, yang ditambah dengan kecap manis. Tapi jangan salah, untuk menikmati kuliner ini Anda bahkan harus rela antri dalam antrian yang cukup panjang.

Konon katanya banyak sekali pengunjung yang jatuh cinta dengan menu tersebut karena memiliki rasa khas yang berbeda. Bahkan menu ini muncul di salah satu konten dari youtuber tanah air, dan telah ditonton sebanyak 12 juta kali. Karena memang rasanya yang unik dengan bumbu rahasia di dalamnya, bisa membuat semua orang tergoda untuk datang kemari. Namun tidak hanya nasi telur, di sini juga masih terdapat menu lain yang tidak kalah lezat.

Lokasi: Gg. Gajah Mada 15, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

2. Kopi Asiang

Kopi Asiang
Image Credit: Olipeoile.wordpress.com

Masyarakat kota Pontianak terkenal memiliki budaya minum kopi yang kental. Oleh karena itu, ketika berkunjung kemari Anda dapat menemukan banyak kedai kopi di berbagai sudut kota. Salah satunya yaitu Kopi Asiang ini, yang telah berdiri sejak tahun 1958. Sejak dulu hingga saat ini, warung kopi Asiang masih sangat terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung. Yang menjadikan tempat ini unik yaitu kebiasaan dari pemiliknya.

Pemilik warkop ini yaitu Koh Asiang, selalu bertelanjang dada saat menyeduh kopi untuk pelanggan. Uniknya kebiasaan tersebut telah menjadi identitas, dan membuat kedai kopi ini tersohor di setiap sudut kota Pontianak. Selain menu andalannya yaitu kopi, terdapat pilihan menu lain seperti bubur ayam, bubur ikan, aneka mie, dan lain sebagainya. Terdapat juga aneka jajanan tradisional yang cocok disantap sebagai teman minum kopi.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

3. Bubur Ikan Ahian

Bubur Ikan Ahian
Image Credit: Instagram.com @kulinerkotapontianak

Selanjutnya ada Bubur Ikan Ahian yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Pontianak. Jangan mengaku sudah berkunjung ke kota khatulistiwa jika Anda belum mengunjungi tempat makan lezat satu ini. Cita rasa dari bubur ikan yang ada di tempat makan ini sudah sangat terkenal hingga ke pelosok negeri. Banyak sekali wisatawan yang mampir kemari ketika berjalan jalan atau berlibur ke Pontianak.

Rasa dari bubur ikannya memang tidak dapat diungkapkan dengan kata kata, karena memang begitu lezat dan mampu menggoyang lidah. Bahkan Bubur Ikan Ahian pernah memecahkan rekor Indonesia, dengan gelar pembuatan bubur ikan terbanyak se Indonesia. Buburnya sendiri tidak berupa nasi lembek, tetapi nasi biasa yang dituang kaldu ikan di atasnya beserta irisan fillet ikannya.

Lokasi: Jl. WR Supratman No.A3/27, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

4. Warung Suka Hati

Warung Suka Hati
Image Credit: Tukangjalanjajan.com

Pisang goreng Pontianak sepertinya sudah terkenal di seantero tanah air. Oleh karena itu, Anda tidak boleh terlewat dalam mengunjungi Warung Suka Hati yang menyediakan olahan pisang goreng yang begitu terkenal di kota ini. Warung makan ini begitu populer di kalangan para wisatawan yang ingin menikmati sensasi menyantap pisang goreng Pontianak. Pisang goreng ini memang telah menjadi ikon kuliner di sini, karena rasanya yang gurih manis beda dari yang lain.

Selain pisang goreng, di warung suka hati Anda juga menemukan olahan selai srikaya yang terbuat dari buah srikaya asli. Ada yang dalam kemasan kecil, sedang, dan besar, sehingga cocok untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Pisang gorengnya juga bisa digoreng setengah matang untuk dijadikan oleh oleh. Dan tentunya dengan harga yang amat terjangkau dan tidak membuat kantong jebol.

Lokasi: Sekip Darat Jl. Tanjung Pura No.17, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak.

5. Bakso Sapi Bakmi Ayam

Bakso Sapi Bakmi Ayam
Image Credit: Tribunnews.com

Mencari makanan halal di Pontianak memang sedikit sulit, padahal bagi warga muslim kuliner halal merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh untuk dilanggar. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika berkunjung ke kota ini Anda bisa bersantap ria di Bakso Sapi Bakmi Ayam yang merupakan tempat makan halal di Pontianak. Kawasan ini sudah cukup melegenda, karena sudah berdiri sejak tahun 1977 hingga saat ini.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Paling Populer

Walau hanya menghadirkan dua menu saja, namun keduanya selalu menjadi incaran pengunjung dan selalu habis terjual. Rasanya memang sangat nikmat dan khas, tidak heran bila kuliner satu ini bisa bertahan cukup lama meski hanya dengan dua menu saja. Menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu bakmi spesial dengan isian toping komplit mulai dari telur dadar, babat, tahu goreng, bakso, daun selada, tauge, serta beberapa potongan daging di atasnya.

Lokasi: Jl. Panglima Aim, Saigon, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

6. Resto Pondok Pengkang

Resto Pondok Pengkang
Image Credit: Genpi.co

Rekomendasi tempat makan berikutnya di Pontianak yaitu Resto Pondok Pengkang yang terletak di kawasan Jalan Raya Peniti. Menu andalan tempat ini yaitu makanan khas Kalimantan Barat yaitu Pengkang, atau dalam bahasa Jawa disebut dengan lemper. Pengkang yang disuguhkan di restoran ini memiliki isian ayam, udang, dan cumi yang diolah dengan cara dibakar.

Untuk menikmati pengkang ini, Anda juga bisa menambahkan sambal kepah yang begitu cocok disantap dengan pengkang tersebut. Sambal kepah sendiri terbuat dari kerang yang berasal dari sungai. Untuk harganya Anda tidak perlu khawatir karena tempat makan yang telah berdiri sejak tahun 1934 ini, menawarkan harga yang begitu bersahabat dan relatif murah untuk setiap pengkang yang dijual.

Lokasi: Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Kec. Siantan, Kota Pontianak.

7. Mie Tiaw  Apollo

Mie Tiaw Apollo
Image Credit: Kumparan.com

Mie Tiaw Apollo hadir dalam bentuk yang lebih besar bila dibandingkan dengan mie yang ada selama ini. Tempat makan ini juga sudah berdiri sejak tahun 1968, dan menjadi salah satu warung makan legendaris yang ada di pontianak. Salah satu alasan mengapa banyak sekali pengunjung yang selalu datang kemari, adalah karena rasanya yang tidak pernah berubah sedikit sejak dahulu hingga sekarang.

Ada beberapa macam aneka mie yang bisa Anda nikmati di tempat makan Mie Tiaw Apollo ini, yaitu mie goreng telur, mie goreng babat, mie kuah, dan mie daging sapi, yang semuanya memiliki cita rasa gurih dan sedikit asin. Untuk porsinya dibagi dua, dengan varian harga yang berbeda namun masih ramah di kantong mengingat porsinya yang cukup banyak.

Lokasi: Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

8. Bakmi Kepiting Oukie

Bakmi Kepiting Oukie
Image Credit: Instagram.com @yennymakanmulu

Tempat makan selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota khatulistiwa ini yaitu Bakmi Kepiting Oukie, yang terkenal sangat nikmat dan lezat. Sayangnya, bagi para wisatawan muslim tidak dapat menikmatinya karena beberapa bumbunya menggunakan bumbu yang tidak halal. Struktur dari mienya sendiri berukuran kecil dan sedikit kenyal, jadi saat masuk ke dalam mulut akan terasa sensasi nikmati yang berlipat.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Daging kepiting di atas mienya juga sangat melimpah dan begitu menggiurkan, dengan harga yang relatif terjangkau untuk daging yang begitu banyak. Selain kepiting, Bakmi Kepiting Oukie juga menawarkan berbagai macam toping lain yang tak kalah nikmat. Seperti toping daging ikan, daging ayam, jamur, dan masih banyak lagi lainnya yang juga lezat dan menggugah selera.

Lokasi: Jl. Tanjung Pura No.256, Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

9. Pondok Kakap

Pondok Kakap
Image Credit: Tempo.co

Jika Anda mencari tempat makan yang enak, murah, serta instagramable maka Pondok Kakap jawabannya. Tempat makan keluarga ini memiliki menu yang sangat wajib untuk Anda pilih, yakni kepiting asap lada hitam yang merupakan menu favorit para pengunjung. Rasa lada hitamnya akan membuat Anda ketagihan untuk menikmatinya bersama dengan nasi hangat. Daging kepitingnya sendiri juga tidak kalah nikmat, dengan daging yang lumer di dalam mulut.

Ada pula menu lainnya yang siap memanjakan perut Anda, seperti udang, cumi, dan kakap yang diolah dengan berbagai bumbu seperti saus pedas, saus padang, asam manis, dan masih banyak lagi. Dari segi harga pun Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga yang dibanderol begitu bersahabat dan relatif terjangkau. Tidak ketinggalan juga dengan suasananya yang begitu apik dan cocok dijadikan sebagai latar belakang untuk swafoto.

Lokasi: Jl. Ismail Marzuki No.33A, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

10. Gleam Cafe Pontianak

Gleam Cafe Pontianak
Image Credit: Tribunnews.com

Tempat makan terakhir yang juga tidak boleh Anda lewatkan yaitu Gleam Cafe Pontianak. Cafe ini menawarkan berbagai macam pilihan makanan, mulai dari ikan, udang, cumi, kepiting, ayam, sup, dan masih banyak lainnya. Dari semua menu tersebut, yang menjadi andalan tempat ini yaitu kue kukusnya yang memiliki nama chai. Chai ini merupakan salah satu menu khas dari Pontianak. Anda juga bisa memesannya dalam bentuk goreng jika tidak suka kukus.

Lokasi: Jl. Tamar No.3, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Jika dilihat dari berbagai tempat makannya, kota Pontianak memiliki beragam wisata kuliner yang begitu melimpah dengan rasa yang tidak kalah melimpah. Rasanya yang lezat dengan berbagai bumbu rahasia, berpadu dengan varian harganya yang relatif terjangkau. Dua kombinasi tersebut tentu membuat semua orang jatuh hati, dan ingin terus berkunjung untuk menikmati santap kuliner di sini.