Purbalingga yang memiliki bahasa ngapak ini memang dikenal memiliki banyak menu kuliner yang menggugah. Inilah daftar tempat wisata kuliner favorit di Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi.

Ragam kuliner tanah air memang begitu beragam dan selalu berhasil memanjakan lidah. Tak heran jika wisata kuliner menjadi agenda liburan yang banyak dilakukan. Di Purbalingga, Anda bisa mengandalkan tempat kulineran yang sudah terkenal enak serta murah yang kan dibahas kali ini. Dengan begitu perjalanan rasa Anda di Purbalingga tak akan mengecewakan. Berikut beberapa tempat kuliner terbaik di Purbalingga yang terkenal dengan sajian lezat.

1. Soto Kriyik Bu Karsini

Soto Kriyik Bu Karsini
Image Credit: Google Maps (irfan bukan)

Makanan berkuah khas tanah air yang begitu banyak penggemarnya salah satunya adalah soto. Di Purbalingga, Anda bisa berkesempatan untuk menjajal kuliner soto yang memiliki rasa berbeda. Soto Purbalingga ini dikenal dengan Soto Kriyik khas dari Purbalingga. Yang membuatnya berbeda bukan hanya rasa, tetapi juga cara penyajiannya juga begitu khas.

Jika pada umumnya soto disajikan dengan nasi putih, maka Soto ini menggunakan ketupat sebagai karbohidratnya. Daging yang digunakan merupakan daging ayam yang disuwir. Tidak ketinggalan ditambahkan dengan remasan kerupuk yang membuatnya makin unik. Semakin mantap dengan hadirnya saus kacang yang rasanya pedas manis.

Sajian soto Kriyik ini semakin terasa lengkap dengan tulang lunak yang dagingnya sudah dijadikan suwiran. Tulang ini sudah digoreng lebih dahulu, dan bisa dijadikan pelengkap dalam sajian sotonya. Perpaduan rasa gurih dan hadirnya sensasi kriuk membuat soto Kriyik ini memiliki banyak penggemar. Kuah soto ditambahkan dengan santan sehingga rasanya makin gurih.

Karena Anda bisa menemukan salah satu warung soto kriyik yang sudah begitu kondang. Apalagi sajian soto ini tidak dibandrol dengan harga yang mahal. Umumnya, menu ini akan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 10 ribu saja. Anda juga bisa memilih menu sampingan lainnya untuk menemani menikmati soto Kriyik yang enak ini.

Lokasi: Jl. MT. Haryono, Karangsentul, Padamara, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

2. Gulai Melung Bu Hadi

Gulai Melung Bu Hadi
Image Credit: Google Maps (Joko Andriyanto)

Ingin mencicipi kuliner lain yang tak kalah legendaris dan terkenal? Maka Anda bisa mengunjungi Gulai Melung Bu Hadi. Tempat makan satu ini memang spesialis kuliner gulai dengan bahan dasar daging kambing. Bisa dikatakan jika tempat makan ini sudah dikenal hampir di seluruh pelosok Purbalingga. Sehingga jangan sampai untuk melewatkannya.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Paling Populer

Olahan daging yang ditawarkan bukan hanya bagian daging kambingnya saja. Anda juga bisa memilih bagian lainnya, mulai dari kaki, organ dalam, kepala hingga bagian sumsumnya. Semua bagian dari kambing ini bisa disulap menjadi gulai yang menggugah selera. Anda bisa bebas menentukan ingin menikmati olahan kambing dengan bagian tubuh yang mana.

Sebagai teman makan, Gulai Melung Bu Hadi menyajikannya dengan potongan ketupat. Semua daging dan juga kuah gulainya sengaja dihadirkan secara terpisah. Sehingga Anda bisa mengambil makan sesuai dengan porsi dan keinginan Anda. Gulai Kambing satu ini memang memiliki rasa yang khas, karena memang pengolahannya masih menggunakan kayu bakar.

Selain terkenal dengan rasanya yang nikmat dan khas, olahan gulai tempat satu ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Satu porsi gulai melung akan dibanderol mulai Rp. 15 ribu rupiah saja. Apalagi tempat makan ini memiliki suasana yang nyaman sekaligus pelayanan yang ramah menjadi nilai plus tersendiri.

Lokasi: Larangan, Kec. Pengadegan, Kab. Purbalingga.

3. Ayam Goreng Mbok Sarun

Ayam Goreng Mbok Sarun
Image Credit: Google Maps (Ayam Goreng Mbok Sarun Pusat)

Ingin mencicipi olahan daging ayam yang enak? Jika iya maka Anda bisa mengunjungi Ayam Goreng Mbok Sarun. Memang ayam goreng menjadi olahan sederhana yang bisa Anda temukan di mana saja. tetapi ketika Anda singgah di Purbalingga, pastikan Anda mencicipi nikmatnya olahan dari tempat kuliner satu ini yang memiliki rasa khas.

Daging ayamnya diolah hingga begitu lembut, bahkan tulangnya juga sudah lunak. Ayam yang digunakan merupakan ayam kampung yang dimasak dengan cara diungkep. Penggunaan bumbu khusus menjadikan ayam goreng rumah makan satu ini begitu khas. Apalagi, sudah ada sejak tahun 1961 menjadikan tempat makan satu ini begitu melegenda.

Pengunjung bisa mencicipi nasi hangat dengan ayam goreng yang sedap. Jangan lupakan tambahan kremes di atasnya yang semakin menggugah selera. Sebenarnya, selain ayam kampung juga tersedia ayam potong yang bisa dijadikan pilihan. Kuliner yang sudah melegenda ini juga tidak dibandrol dengan harga yang bisa menguras dompet Anda.

Lokasi: Majapura, Kec. Bobotsari, Kab. Purbalingga.

4. Kedai Pojok

Kedai Pojok
Image Credit: Google Maps (Hendi Setiyanto)

Bagi Anda yang ingin kulineran sekalian nongkrong, Kedai Pojok Purbalingga ini bisa dijadikan pilihan. Menyediakan menu western maupun menu Nusantara bisa Anda temukan di tempat ini. Dan tentunya rasa yang ditawarkan akan membuat lidah Anda bergoyang. Selain bisa dijadikan tempat kongkow, Kedai Pojok juga sering dijadikan tempat untuk acara gathering hingga arisan.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Paling Populer

Kedai Pojok tidak hanya nikmat dalam sajian menunya tetapi tempatnya juga membuat nyaman. Fasilitas pendukung juga sudah disediakan, sehingga jika Anda ingin makan bersama keluarga atau teman bisa dijadikan pilihan. Bahkan mengajak si kecil juga bukan ide yang buruk, karena sudah tersedia tempat bermain anak. Harga yang ditawarkan pada menunya juga ramah kantong.

Lokasi: Purbalingga Kidul, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

5. Nasi Goreng Flamboyan

Nasi Goreng Flamboyan
Image Credit: Google Maps (Adi Muhammad Nur Ihsan)

Perjalanan rasa Anda akan semakin lengkap jika Anda mengunjungi tempat makan satu ini. Nasi Goreng Flamboyan termasuk tempat makan yang terkenal dan juga melegenda. Mendapatkan julukan porsi kuli, harga kaki lima tetapi rasanya bintang lima. Nasi goreng legendaris ini sudah ada sejak tahun 1987 dan tak pernah sepi pembelinya.

Rasanya yang dihadirkan memang tak pernah berubah dan selalu membuat pelanggannya balik lagi. Menu yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari nasi goreng, capcay, pasta hingga mie kuah. Yang paling menarik, nasi goreng di tempat ini tersedia banyak varian yang membuatnya makin unik.

Anda bisa mencicipi nasi goreng yang divariasikan dengan ayam rica rica, ayam mentega hingga rendang ayam. Bumbu khususnya inilah yang membuat banyak lidah jatuh cinta pada nasi gorengnya. Rasanya yang nikmat, harga yang bersahabat menjadi alasan mengapa tempat kulineran ini tidak pernah sepi pengunjung.

Satu porsi Nasi Goreng Flamboyan akan dibanderol mulai dari Rp. 12 ribu hingga Rp. 15 ribu. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota juga akan memudahkan para pecinta kuliner untuk memburunya. Apalagi nasi goreng ini juga buka hingga malam hari. Namun pastikan untuk sabar, karena antriannya yang tidak pernah sedikit.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Purbalingga Wetan, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

6. Sate Blater

Sate Blater
Image Credit: Google Maps (Marselinda Ristiana)

Sama halnya dengan soto, sate menjadi makanan yang begitu mudah ditemui di Indonesia. Begitu juga dengan Purbalingga yang juga memiliki sate yang begitu khas. Sate Blater, memang sate ini hampir sama dengan satu pada umumnya yaitu menggunakan daging ayam. Tetapi cara mengolah sate ini terbilang berbeda dari sate pada umumnya.

Daging ayam akan direndam pada bumbu dan direbus lebih dulu dengan bumbu. Ketika dibakar juga masih diolesi bumbu, sehingga bumbunya akan lebih terasa. Proses memasaknya yang panjang ini membuatnya bisa tahan 2 hari. Anda bisa menemukan panganan ini di Desa Blater dan akan menemukan banyak warung makan yang sediakan sate Blater.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Semarang yang Murah & Enak

Lokasi: Purbalingga Wetan, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

7. Sroto Klamud

Sroto Klamud
Image Credit: Google Maps (Setya Utami)

Bagi Anda yang belum puas wisata rasa, Anda bisa mencoba Sroto Klamud ketika berada di Purbalingga. Tempat kulineran ini menyajikan soto dengan cara yang unik. Soto akan disajikan dalam batok kelapa muda yang membuatnya terlihat berbeda. Dalam satu porsi sroto Klamud akan terdiri dari nasi atau ketupat, suwiran daging, daging kelapa muda, taoge dan taburan bawang goreng.

Lokasi: Jl. Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

8. Rumah Makan Yosi Mandiri

Rumah Makan Yosi Mandiri
Image Credit: Google Maps (gussur 123)

Menikmati kuliner bersama teman atau keluarga saat di Purbalingga bisa Anda lakukan di Rumah Makan Yosi Mandiri. Rumah makan ini memiliki kawasan yang luas dengan gazebo gazebo di dalamnya. Menu yang disajikan juga sangat beragam, mulai dari ayam bakar hingga menu sayuran. Harga yang ditawarkan di rumah makan satu ini juga ramah kantong.

Lokasi: Jl. D.I Panjaitan No.98, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

9. Sate Kambing Pak Yani

Sate Kambing Pak Yani
Image Credit: Google Maps (WONGE DEWEK)

Sate kambing menjadi kuliner di Purbalingga yang bisa Anda jajal. Sate Kambing Pak Yani sudah kondang dengan rasanya yang mantap. Kambing yang digunakan adalah kambing muda, sehingga dagingnya lembut. Penyajiannya juga menarik, sate akan disajikan dengan hotplate dan kemudian disiram dengan bumbu khusus. Harga yang ditawarkan juga tak membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Serayu, Dusun I, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga.

10. Serabi Cikal

Serabi Cikal
Image Credit: Google Maps (Rudi Christ)

Setelah mencicipi menu menu yang berat, Anda bisa mencicipi menu ringannya yang tak kalah nikmat. Datang saja ke Serabi Cikal yang begitu kondang dan salah satu tempat kulineran yang legendaris. Rasanya yang gurih dan tetap khas menjadikan warung serabi ini tak pernah sepi. Dinamakan dengan cikal karena di dalamnya memang terdapat cikal.

Dalam bahasa masyarakat Purbalingga, cikal merupakan daging kelapa muda. Isi dari serabi ini menggunakan cikal yang memiliki tekstur daging lembut. Perpaduan ini rupanya menjadikan rasa serabi khas Purbalingga ini digemari oleh pecinta kuliner. Tampilannya yang menggoda dan harganya yang terjangkau menjadikan banyak wisatawan memburunya.

Lokasi: Jl. Komisaris Noto Sumarsono No.21, Kidul, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga.

Itulah beberapa tempat kulineran di Purbalingga yang bisa Anda kunjungi saat Anda di Purbalingga. Mulai dari tempat yang sudah terkenal hingga tempat makan yang cocok untuk keluarga bisa Anda temukan di kota ini. Begitu juga dengan menu yang dihadirkan dijamin membuat lidah Anda termanjakan.