Tidak hanya terkenal dengan dawet hitamnya, Purworejo juga menawarkan banyak wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah. Inilah daftar tempat kulineran di Purworejo untuk menikmati sajian khas lezat.

Wisata kuliner menjadi salah satu kegiatan liburan yang menyenangkan sekaligus bisa memberikan pengalaman tersendiri. Begitu juga ketika  Anda  berada di Purworejo, kota satu ini tidak hanya menyimpan tempat wisata yang melimpah. Selain itu, daerah ini juga menyguhkan beragam makanan khas yang terkenal mampu menggugah selera. Berikut deretan tempat wisata kuliner favorit di Purworejo yang bisa dijajal.

1. Soto Ayam Mbok Limboek

Soto Ayam Mbok Limboek
Image Credit: Google Maps (rully nugrahanti)

Ketika berkunjung ke Purworejo,  Anda  bisa wisata kuliner dengan mengunjungi Purworejo. Warung soto ini memang begitu sederhana, tetapi rasanya yang khas membuatnya selalu diburu pecinta kuliner. Tidak hanya menyediakan soto,  Anda  juga bisa mencicipi menu lainnya. Memang yang disediakan merupakan menu nusantara yang sudah kondang rasanya.

Deretan menu seperti empal goreng, gudeg, pecel dan berbagai olahan sayur bisa jadi teman makan  Anda . Tenang saja, semua panganan yang disediakan dibanderol dengan harga yang ramah kantong. Ketika jam makan tiba, rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.34, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

2. Warung Bakmi SUKA

Warung Bakmi SUKA
Image Credit: Google Maps (wulan_)

Apakah  Anda  penggemar olahan mie? Jika iya maka  Anda  harus mengunjungi Warung Bakmi SUKA saat ada di Purworejo. Seperti namanya warungnya, menu  Anda lan di tempat satu ini adalah bakmi gorengnya. Sudah terkenal dengan rasanya yang lezat, dijamin  Anda  tak akan kecewa sudah singgah di tempat kulineran ini. Sekalipun sudah lama, tetapi rasa khas tak pernah berubah.

Warung bakmi termasuk dalam jajaran tempat makan legendaris di Purworejo. Rasa bakminya yang gurih dan manis digemari pecinta kuliner.  Anda  bisa menambahkan sambal kecap yang sudah ditambahkan dengan irisan cabe rawit. Dalam satu porsi bakmi,  Anda  akan menemukan bakmi kuning, potongan kubis dan juga daging ayam kampung.

Untuk  Anda  yang tidak ingin mencicipi menu bakminya,  Anda  bisa memesan menu lainnya. Banyak menu pilihan seperti fuyunghay, sup jamur, misoa hingga nasi goreng. Hampir semua menunya memiliki rasa yang memanjakan lidah  Anda . harga yang ditawarkan untuk setiap menunya juga tidak akan menguras dompet  Anda .

BACA:  16 Wisata Kuliner di Salatiga yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. KHA Dahlan No.161, Purworejo, Kec. Purworejo, Tegalmalang, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

3. Sop Pak Giyo Kondang Roso

Sop Pak Giyo Kondang Roso
Image Credit: Google Maps (Cagyo Dwi N)

Mencicipi makanan legendaris di suatu daerah menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dan di Purworejo,  Anda bisa menemukan rumah makan Sop Pak Giyo Kondang Roso. Rumah makan satu ini sudah begitu terkenal dan melegenda, sehingga  Anda  wajib mengunjunginya. Menu  andalannya adalah sop daging yang segar dan nikmat.

Sop daging sapi ini memiliki kuah bening yang segar, dengan daging yang empuk dan lembut. Satu porsi sop akan disajikan dengan nasi putih yang ditambahkan dengan bihun,. Setelah itu disiram dengan sop daging sapinya. Pengunjung bisa bebas memilih lauk pendamping, mulai dari mendoan hingga sate telur. Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau dan sesuai rasanya.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.89, Tuksongo, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

4. Bebek Goreng H Dargo

Bebek Goreng H Dargo
Image Credit: Google Maps (Naufal Bagaspati)

Selanjutnya yang tak tak boleh dilewatkan adalah Bebek Goreng H Dargo. Tujuan wisata kuliner satu ini merupakan rumah makan yang memiliki menu spesial berupa bebek goreng. Tempatnya yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap membuat rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung.

Seperti namanya, menu  andalan warung ini adalah bebek gorengnya yang bumbunya meresap. Dagingnya juga sangat lembut dan empuk, sehingga memudahkan untuk memakannya. Bebek goreng disajikan bersama dua jenis sambal yakni sambal terasi dan sambal hijau. Tidak lupa lalapan yang membuat kuliner ini makin nikmat.

Bagi  Anda  yang tidak ingin memesan bebek goreng, menu lainnya juga tidak kalah menarik untuk dijajal.  Anda bisa mencoba menu burung puyuh, ayam goreng, ikan bakar, tahu tempe, sop hingga bakmi goreng.  Anda yang makan bersama keluarga bisa memesan bebek utuh ataupun ayam utuh. Tak hanya terkenal lezat, harga yang ditawarkan juga tidaklah mahal.

Lokasi: Jl. Mayor Jenderal Sutoyo, Purworejo, Kepatihan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

5. Ayam Panggang Mbak Purwati

Ayam Panggang Mbak Purwati
Image Credit: Facebook.com (Ayam Panggang Mbak Purwati)

Untuk  Anda  yang sedang ingin berburu kuliner di daerah Alun Alun Purworejo, Ayam Panggang Mbak Purwati bisa dijadikan pilihan. Warung makan yang mengusung konsep lesehan ini menjadi favorit masyarakat. Banyak anak muda yang maka atau sekedar nongkrong di warung ini, karena memang buka hingga malam hari.

Anda  bisa mencicipi nikmatnya menu ayam panggangnya yang jadi idola. Ayam panggang dengan bumbu khas akan dibakar ketika pengunjung memesan. Sehingga rasanya lebih nikmat dan tentunya lebih fresh. Teksturnya yang lembut sangat mantap jika disandingkan dengan nasi hangat dan sambal lengkap dengan lalapannya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Temanggung yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Mayjend Sutoyo, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

6. Kupat Tahu Bu Yani

Image Credit: Google Maps (Aji Putra)

Saat berburu kuliner di Purworejo,  Anda  bisa mengunjungi Kupat Tahu Bu Yani. Tempat kuliner ini menjadi salah satu yang tak pernah sepi pengunjung. Sekilas tampilan makanan ini mirip dengan tahu lontong dan ketoprak, hanya saja kuah yang digunakan berbeda. Seperti namanya tahu kupat berisikan tahu dan juga kupat serta tauge.

Tahu dan kupat yang dipotong potong kemudian disiram dengan menggunakan kuah yang tidak terlalu kental. Kuahnya juga terbilang lebih pedas, kemudian ditambahkan dengan irisan daun bawang juga bawang goreng. Kupat Tahu Bu Yani sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan juga memiliki harga yang terbilang murah membuat tahu kupat ini begitu terkenal.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro, Kutoarjo, Kec. Kutoarjo, Kab. Purworejo.

7. Soto Pak Rus

Soto Pak Rus
Image Credit: Google Maps (Yuni Trias)

Di Purworejo masih ada tempat untuk menikmati soto yang nikmat. Soto Pak Rus atau yang dikenal dengan soto Stasiun ini bisa  Anda  kunjungi. Soto Pak Rus merupakan soto bening yang begitu segar dan juga gurih. Dalam satu porsi soto akan tersaji nasi dengan daging sapi, dan juga tauga yang disiram dengan kuah segar. Menu lainnya juga tak kalah menarik untuk dijajal.

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Kepatihan, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

8. Sate Winong

Sate Winong
Image Credit: Google Maps (Arif Seno Adji)

Melanjutkan perjalanan rasa  Anda  di Purworejo,  Anda  bisa mengunjungi Sate Winong. Sate Winong terbilang kondang di Purworejo dan dibuat dari daging kambing yang masih muda. Yang membuat sate ini istimewa adalah kecap asli yang dibuat sendiri oleh rumah makannya. Dagingnya yang lembut dengan bumbunya yang khas membuat rumah makan ini tak pernah sepi.

Sate winong disajikan dengan tambahan jeruk nipis yang diiris tipis. Jangan lupakan bawang merah yang sudah dipotong cukup besar. Jangan lupakan juga tambahan sambal kecap yang akan membuat rasanya makin nikmat. Kuliner satu ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu jadi langganan untuk nikmati sate kambing.

Lokasi: Dusun I, Winong, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo.

9. Bebek Kosek Warung Makan Pojok

Bebek Kosek Warung Makan Pojok
Image Credit: Dewanvision.com

Olahan bebek yang juga bisa  Anda  coba adalah Bebek Kosek Warung Makan Pojok. Rumah makan ini lokasinya terbilang strategis, yakni berada di sekitaran alun alun. Dan menu yang paling banyak disukai adalah bebek koseknya. Daging bebek di tempat satu ini terkenal lembut dan tidak alot. Bumbunya juga meresap hingga ke dalam dagingnya.

Kemudian, bebek akan digoreng hingga garing tetapi dagingnya masih tetap lembut pada bagian dalamnya. Dalam satu porsi bebek koseng, akan disajikan dengan lalapan seperti kemangi dan juga mentimun. Pada bagian atas bebeknya akan ditaburi dengan kremesan dari bumbu ungkepnya. Makin nikmat jika disandingkan dengan nasi hangat juga sambal cabai hijau.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso, Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

10. Gurame Waroeng Lahap

Gurame Waroeng Lahap
Image Credit: Foursquare.com

Masih belum puas dengan kuliner di Purworejo,  Anda  bisa melajukan kendaraan  Anda  menuju Gurame Waroeng Lahap. Rumah makan satu ini memiliki menu gurame bumbu kemangi yang menjadi menu  Anda lannya. Ikan gurame akan dimasak dengan berbagai bumbu dan juga ditambahkan dengan kemangi yang membuat rasanya makin enak.

Menu gurame ini menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang penasaran dengan rasanya. Tidak hanya ikan gurame,  Anda  juga bisa mencicipi menu lainnya yang tak kalah menarik yaitu udang bakar madunya. Menu ini sangat nikmat jika disandingkan dengan nasi hangatnya. Jangan lupakan sambal ijo yang juga tak kalah nikmat.

Warung makan satu ini juga memiliki banyak menu lainnya, seperti tahu isi dan juga menu gorengan yang lain. Harga yang ditawarkan tergantung menunya, tetapi masih terbilang murah. Bukan hanya memiliki menu yang beragam, warung makan satu ini juga terbilang nyaman. Fasilitas yang tersedia juga begitu memadai, membuat makan bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.77, Rw. 02, Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

11. Dawet Kantor Pos

Dawet Kantor Pos
Image Credit: Google Maps (SYAMSUL, KOMAR)

Seperti yang kita tahu jika es dawet merupakan makanan khas dari Purworejo. Dan untuk menikmati menu ini,  Anda  bisa mengunjungi Dawet Kantor Pos. Tempat satu ini tidak hanya untuk kulineran saja, tetapi juga menjadi tempat nongkrong. Bukan hanya bisa menikmati menu dawet ireng tetapi juga dawet ayu yang tak kalah nikmat dengan dawet ireng.

Lokasi: Jl. A. Yani No.5, Plaosan, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

12. Roemah Si Mbok

Roemah Si Mbok
Image Credit: Google Maps (sandy Saputra)

Tidak hanya bisa menikmati makanan di berbagai tempat yang legendaris, tetapi juga bisa sekalian kongkow di Purworejo. Dan salah satu tempat yang sangat cocok untuk nongkrong adalah Roemah Si Mbok. Berbagai menu bisa  Anda  coba ketika mengunjungi cafe satu ini. Suasananya juga begitu nyaman sehingga membuat  Anda  betah berlama lama untuk kongkow di tempat ini.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Pangenrejo, Rw. 04, Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

Itulah beberapa tempat kulineran yang bisa  Anda  kunjungi ketika  Anda  berada di Purworejo. Hadirkan banyak makanan legendaris, Purworejo akan membuat perjalanan rasa  Anda  tidak terlupakan. Apalagi setiap menu akan memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan kuliner dari kota lainnya.