Kota yang berada di lereng Gunung Merbabu ini, membuat Salatiga menjadi incaran bagi para wisatawan. Dengan memiliki cuaca yang sejuk, maka Anda pun juga bisa mencari wisata kuliner yang mengenyangkan ketika berada disini. Ada berbagai macam pilihan tempat wisata kuliner di Salatiga yang bisa untuk Anda kunjungi. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Banyu Steak House

Banyu Steak House
Image Credit: Sala3kuliner.wordpress.com

Mencari tempat yang nyaman untuk bersantap tentunya akan menjadi keharusan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menikmati berbagai menu unggulan, Banyu Steak House adalah tempat yang tepat. Mulai dari menu yakni chicken original, chicken blackpaper, thenderloin blackpaper dan juga lain sebagainya. Untuk Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, maka Anda pun bisa datang ke Jalan Martiutomo, Salatiga.

Lokasi: Jl. Marditomo No.50, Sidorejo Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

2. Ayam Goreng dan Bakar Joyo

Ayam Goreng dan Bakar Joyo
Image Credit: Garnesia.com

Memiliki harga yang terjangkau, tak heran jika restoran satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menu andalan disini, maka Anda pun bisa memilih ayam bakar dan aya goreng yang memiliki rasa mantap. Tak hanya itu saja, dengan adanya sambal yang memilii cita rasa yang manis dan gurih, pastinya akan membuat Anda ketagihan. Disini pun juga tersedia menu lain seperti sayuran dan steak yang wajib untuk Anda cicipi.

Lokasi: Jl. Pemotongan, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga.

3. Hanna Resto

Hanna Resto
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Mengusung konsep dengan tema restoran keluarga, maka tempat makan satu ini pun akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi bersaa keluarga. Ada berbagai menu hidangan yang disajikan di restoran ini. mulai dari Iga Gongso Hot Plate serta Sup Hanna Resto yang bisa untuk Anda nikmati. Selain itu, bagi Anda yang membawa anak kecil, maka disediakan pula arena bermain sehingga si kecil menjadi tidak bosan.

Lokasi: Jl. Kartini No.108, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

4. Rumah Makan Es Cobra

Rumah Makan Es Cobra
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Dengan memiliki nama yang unik, menu di rumah makan ini pun juga akan membuat Anda penasaran. Mungkin sekilas Anda pun tak akan menemukan perbedaan dengan es campur lainnya. akan tetapi, Anda nantinya akan menemukan cincau dan kuah santan. Selain itu, di rumah makan ini maka Anda juga akan bisa untuk menemukan berbagai menu yang akan mengenyangkan perut anda. Mulai dari nasi liwet hingga nasi pecel.

Lokasi: Jl. Kalipengging No.4C, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Paling Populer

5. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus
Image Credit: Wisataku.id

Untuk Anda yang sering nongkrong di malam hari, maka Nasi Kucing Senjoyo Pak Susu dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk anda. Tempat makan satu ini memang terkenal engan nasi pulen yang dicampur dengan sambal. Pastinya, bagi para penggemar sambal hidangan satu ini pun wajib untuk Anda cicipi. Meskipun termasuk makanan sederhana, namun hidangan yang ramah di kantong ini akan menjadi makanan yang cocok untuk mengisi perut anda.

Lokasi: Jl. Senjoyo, Gendongan, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

6. Rumah Makan Banyu Bening

Rumah Makan Banyu Bening
Image Credit: Redbus.id

Memiliki hobi memancing? Maka rumah makan Banyu Bening adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Ketika berada di tempat satu ini, maka Anda pun bisa bersantap sekaligus memancing di kolam yang telah disediakan. Dengan berbagai macam menu yang disajikannya, maka rumah makan ini dapat menjadi pilihan untuk Anda ketika ingin makan siang bersam keluarga.

Lokasi: Jl. Percik, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

7. Waroeng Goenoeng Kopeng

Waroeng Goenoeng Kopeng
Image Credit: 7Terbaik.com

Dengan menyajikan menu kuliner yang beragam, maka tempat makan satu ini pun bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari tempat makan. Ada berbagai macam menu unggulan yakni berupa aneka olahan iga yang lezat, pastinya akan menggoyang lidah anda. Iga yang diolah menjadi tongseng iga pedas, iga bakar dan lain sebagainya akan cocok untuk perut Anda yang sedang keroncongan.

Selain itu, ketika Anda sedang menyantap kuliner di tempat ini maka Anda pun akan dimanjakan dengan suasana warung yang nyaman. Anda pun nantinya akan semakin nikmat untuk menyantap kuliner tersebut. Terutama ketika Anda mengonsumsi makanan tersebut selagi hangat. Tentu saja, hal tersebut akan menjadi perpaduan yang pas dengan hawa pegunungan yang sejuk di kota Salatiga.

Lokasi: Jl. Raya Kopeng KM.13,5, Kopeng, Plalar Wetan, Kec. Getasan, Kab. Semarang.

8. Soto Esto

Image Credit: Anggundiary.blogspot.com

Berdiri sejak tahun 1950, maka Soto Esto ini menjadi salah satu tempat makan legendaris yang ada di Salatiga. Dengan kepopulerannya sejak dahulu, maka tak heran jika rumah makan satu ini tak pernah sepi pengunjung. Tempat yang eksis hingga sekarang ini pun akan menyajikan soto dengan kualitas yang jempolan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Salatiga, pastikan untuk mampir dan mencoba soto dengn rasa yang juara ini.

Lokasi: Jl. Langensuko No.4, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

9. Bakso Daging Sapi Sari Roso ABC

Bakso Daging Sapi Sari Roso ABC
Image Credit: Picuki.com @jajanan_salatiga

Kuliner berkuah yang hangat tentu saja akan menjadi salah satu menu yang dicari ketika udara sedang dingin. Untuk itu, dari berbagai macam kuliner yang cocok untuk mengisi perut anda, Bakso Daging Sapi Sari Roso ABC dapat menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda melihatnya sepintas, maka tak ada yang berbeda dengan bakso lain yang biasa Anda temukan.

Namun, Anda pun akan merasakan perbedaan ketika sudah mencicipi kuahnya yang memiliki rasa sedap. Dipadukan dengan bakso yang memiliki tekstur kenyal, maka hal tersebut akan membuat Anda semakin ketagihan. Untuk itu, bakso satu ini pun dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menikmati kuliner berkuah ketika sedang berada di Salatiga.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.274, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

10. Ronde Sekoteng Jago

Image Credit: Solopos.com

Untuk Anda yang sedang mencari kuliner hangat di malam hari, maka Ronde Sekoteng Jgo akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan suasana kota Salatiga yang sejuk dan cenderung dingin, minuman hangat akan menjadi kuliner yang bisa untuk Anda cicipi. Karena tempat satu ini cukup ramai, maka Anda pun harus siap untuk mengantri ketika ingin membeli minumn satu ini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

11. Ayam Goreng Bu Toha

Ayam Goreng Bu Toha
Image Credit: Tribunnews.com

Ketika Anda sedang berada di Salatiga, maka Anda pun bisa mencoba untuk mampir ke Ayam Goreng Bu Toha. Penggemar ayam tentu saja wajib untuk singgah untuk menikmati kuliner di tempat satu ini. Bagi Anda yang telah mencobanya, maka dipastikan Anda pun akan ketagihan dan ingin kembali lagi. Bumbunya yang meresap hingga ke dalam tulang akan membuat Anda sulit untuk melupakannya. Ditambah dengan sambal bawang yang pedas pastinya akan terasa lebih nikmat.

Lokasi: Jl. Semarang – Surakarta No.79, Praguman, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

12. RM Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi

RM Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi
Image Credit: Kratonpedia.com

Bagi Anda yang merupakan penggemar daging kambing, maka Anda pun wajib untuk mencicipi kuliner satu ini. kuliner satu ini pun cukup populer di kota Salatiga. Hal ini dikarenakan memiliki rasa yang luar biasa lezat dan nikmat. Sehingga, Anda pun tak perlu heran ketika tempat makan satu ini selalu ramai pengunjung yang ingin menyantap olahan kambing.

Tak hanya dari segi rasa, penyajian di tempat makan satu ini pun juga terlihat unik. Sehingga Anda pun akan menjadi penasaran dengan hidangan sate kambing ini. Keunikan tersebut dikarenakan, mereka tidak menyajikan sate di atas piring. Melainkan dengan menyajikannya di atas hot plate. Sehingga sate kambing tersebut akan tersaji dengan hangat dan nikmat hingga gigitan yang terakhir.

Lokasi: Jl. Fatmawati No.98, Ngreco, Kesongo, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

13. Kampoeng Kemiri

Kampoeng Kemiri
Image Credit: Twitter.com @Longlifelearn

Untuk Anda yang masih bingung di dalam mencari tempat makan terbaik di kota Salatiga, maka Anda pun bisa mengunjungi Kampoeng Kemiri. Rumah makan ini dapat menjadi alternatif terbaik karena Anda akan menemukan banyak menu pilihan dengan rasa yang lezat. Dengan memiliki konsep seperti food court yang ada di dalam mall, maka Anda pun bisa memilih makanan sesuai dengan selera anda.

Selain itu, Kampoeng Kemiri memiliki lokasi yang strategis. Sehingga membuat tempat makan ini banyak dikunjungi oleh masyarakat. Suasana tempat yang nyaman dan bisa untuk banyak orang, membuat Kampoeng Kemiri menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk Anda yang sedang bingung dan kesulitan mencari makan ketika sedang berada di kota Salatiga.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Kemiri II No.25, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

14. Warung Lawuh Ndeso

Image Credit: Liputan6.com

Mencari kuliner dengan menu khas Jawa? Maka Anda pun bisa mengunjungi Warung Lawuh Ndeso yang berada di Salatiga. Pasalnya, di tempat satu ini akan tersedia berbagai varian menu khas Jawa yang disajikan. Dengan perut yang kosong, maka Anda pun akan pulang dengan kenyang setelah menyantap hidangan di tempat sat ini. awalnya, rumah makan ini hanya warung yang dijual dengan menggunakan mobil dan buka setiap bulan Ramadhan.

Namun, karena pemilik melihat antusiasme dari masyarakat maka hal ini akan bisa menjadi potensi usaha yang menggiurkan. Dengan berawal dari hal tersebut, maka akhirnya tempat makan satu ini pun berdiri dengan memiliki konsep seperti prasmanan. Nantinya, Anda pun akan bisa untuk mengambil lauk sesuai dengan keinginan anda. Untuk rasa, tak perlu diragukan lagi, pastina akan terasa sangat lezat dan membuat pengunjung ingin datang kembali.

Lokasi: Jl. Langenrejo No.6, Gendongan, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

15. Warung Sate Sapi Suruh

Warung Sate Sapi Suruh
Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Berada di Jalan Jenderal Sudirman, Anda pun bisa mengunjungi warung sate sapi suruh yang terkenal ini. dengan memiliki nama yang unik, maka akan membuat pengunjung penasaran. Warung satu ini pun juga menyediakan berbagai makanan khas Salatiga. Namun, hanya tiga menu yang disediakan oleh warung satu ini. Menu tersebut terdiri dari sate ayam, sate sapi, dan juga bakso sapi.

Mungkin hal tersebut akan sekilas seperti menu menu pada umumnya. Namun, ada hal yang menjadi pembeda dari warung satu ini dengan yang lain. Perbedaan tersebut terletak dari bumbunya. Dimana untuk bumbu dari menu yang ada di Warung Sate Sapi Suruh adalah terletak dari penambahan rempah. Sehingga nantinya akan menghasilkan rasa yang lebih sempurna.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

16. Opor Bebek Mak Yah

Opor Bebek Mak Yah
Image Credit: Ariadenta.wordpress.com

Jika umumnya kuliner opor terbuat dari daging ayam, maka ketika berada di Salatiga Anda pun akan menemukan daging bebek yang diolah menjadi opor. Rasa yang nikmat dari olahan daging bebek tersebut akan bisa Anda rasakan dalam balutan kuah opor. Dengan menggunakan metode memasak yang masih tradisional tentu saja akan menghasilkan cita rasa yang khas dan takkan terlupa.

Lokasi: Jl. Muncul Raya, Kebimen, Kebumen, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di Salatiga. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di kota ini, pastinya akan menyenangkan apabila Anda bisa mencicipi beberapa olahan tersebut. Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih makanan ketika berada di Salatiga, maka Anda pun bisa mencoba salah satu rekomendasi makanan tersebut. Rasa yang lezat dan khas akan menjadi hal yang wajib untuk Anda coba.