Wisata Kuliner di Samarinda beraneka ragam, mulai dari seafood hingga makanan khas lezat dapat memanjakan lidah Anda. Harganya ramah dengan kantong, tentu tak bisa dilewatkan saat berkunjung.

Kota Samarinda merupakan kota paling besar di Pulau Kalimantan yang menawarkan deretan wisata menarik. Tak heran jika kota satu ini menjadi tujuan pelesir, baik wisatawan lokal maupun internasional. Selain memiliki pesona wisatanya, Samarinda juga menawarkan kuliner yang akan menggoyang lidah anda.

Untuk Anda yang sedang berada di Samarinda atau berniat mengunjunginya, berikut deretan tempat wisata kuliner yang enak dan sangat rekomended.

1. Depot Anggrek Samarinda

Depot Anggrek Samarinda
Image Credit: Garnesia.com

Tempat makanan yang akan memuaskan perut Anda yang pertama adalah Depot Anggrek Samarinda. Depot satu ini menawarkan berbagai menu yang pastinya tidak bisa Anda tolak. Menu andalan seperti sop kikil, olahan ayam, udang hingga buntut sumsum akan hadir untuk memuaskan Anda. Menu yang dihadirkan memang sangat beragam, sehingga Anda pasti akan bingung untuk memilih dan mencicipi yang mana lebih dahulu.

Selain menawarkan banyak menu lezat, minuman yang beragam juga akan menghilangkan dahaga. Warung satu ini memang tampak sederhana, namun sajian masakannya tidak akan membuat Anda kecewa. Terlebih harga setiap porsinya juga ramah dengan kantong Anda, sehingga Anda tak perlu khawatir. Di saat jam jam makan, depot satu ini akan dipenuhi dengan banyak pelanggan tak jarang juga terjadi antrian.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Karang Mumus, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

2. Gado-Gado Kemuning

Gado-Gado Kemuning
Image Credit: Kulinerwicida.blogspot.com

Mungkin untuk menemukan Gado gado tidak harus mengunjungi Samarinda. Karena panganan satu ini memang sangat mudah untuk Anda temukan. Perpaduan sayuran yang dibalut dengan bumbu kacang sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Bagi Anda pecinta kuliner satu ini, pastikan Anda mencicipi Gado Gado Kemuning ketika berada di Samarinda. Tempat kulineran satu ini memang sangat legendaris dan sudah ada sejak tahun 70 an.

Bukan hal mengherankan jika gado gado satu ini selalu laris manis diburu para pelanggannya. Dalam satu porsi gado gado, Anda akan menemukan irisan sayuran, dengan tambahan telur rebus dan juga bumbu kacangnya. Yang membuat menu satu ini begitu istimewa adalah rasa lezatnya bumbu kacangnya. Perpaduan bumbu rahasia membuat saus ini gurih dan tentunya mantap. Satu porsi gado gado Kemuning dibandrol mulai Rp.12 ribu saja.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Kemuning, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

3. RM Akmal

RM Akmal
Image Credit: Ibukotakita.com

Melanjutkan perjalanan mencicipi kuliner Samarinda, Anda bisa mengunjungi RM Akmal. Rumah Makan satu ini masuk dalam jajaran resto yang paling direkomendasikan. Terutama jika Anda ingin benar benar ingin merasakan cita rasa khas Samarinda maka harus mengunjungi RM Akmal. Ada berbagai menu yang bisa Anda nikmati mulai dari Udang Galah Bakar, Kepala Kakap Palumara hingga yang paling menjadi favorit Sup Ikan Akmalnya.

Sebenarnya hampir semua makanan di resto ini memang berhasil membuat lidah siapapun dimanjakan. Bila Anda tertarik untuk mencicipi Sup ikannya, Anda akan disajikan sup ikan dengan bumbu asam pedas. Asapnya yang mengepul akan membuat Anda tidak sabar untuk segera mencicipinya. Perpaduan rasa segar dan nikmat ini, akan semakin pas jika didampingi amplang. Cita rasanya akan membuat siapapun ketagihan dan membuat Anda kangen.

Lokasi: Jl. A. Wahab Syahranie No.48, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

4. Kampung Nasi Kuning Ijay

Kampung Nasi Kuning Ijay
Image Credit: Obrolanmus.blogspot.com

Nasi kuning khas Samarinda menjadi panganan selanjutnya yang harus Anda coba ketika menginjakkan kaki di Samarinda. Sebenarnya nasi kuning Samarinda tak memiliki banyak perbedaan dengan nasi kuning lainnya. Tetapi ketika tiba di lidah Anda, Anda mungkin bisa mendefinisikan sendiri perbedaannya. Dan untuk bisa menikmati kuliner yang biasanya disantap saat sarapan ini, Anda bisa mengunjungi Kampung Nasi Ijay yang begitu kondang.

Karena di sepanjang jalan, Anda akan disuguhkan dengan beragam nasi kuning yang begitu menggoda. Satu porsi nasi kuning akan disajikan dengan lauk seperti daging, udang balado, telur balado, ayam goreng atau cumi. Perpaduan ini pasti akan membuat Anda ketagihan dan juga harganya tak akan membuat kantong menjerit. Karena seporsi nasi kuning umumnya hanya dibandrol mulai dari Rp. 19 ribu tergantung dari lauk yang Anda nikmati nantinya.

Lokasi: Jl. Lambung Mangkurat, Pelita, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.

5. Rumah Makan Anna

Rumah Makan Anna
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi Rumah Makan yang memiliki menu andalan berupa ikan bakar. Tempat makan satu ini memang sangat tahu bagaimana mengolah ikan segar menjadi panganan yang begitu menggoda. Dagingnya yang lembut dengan bumbu yang mampu meresap ke bagian dalam akan membuat makan Anda semakin lengkap. Tak heran jika banyak yang memesan dalam jumlah porsi yang banyak sekaligus karena ketagihan.

Tidak hanya menawarkan menu makanan yang beragam, suasana yang dihadirkan di rumah makan satu ini juga nyaman. Dekorasinya yang sederhana justru membuat para pengunjung layaknya berada di rumah sendiri. Kebanyakan pengunjung memang keluarga yang memiliki banyak anggota. DI rumah makan ini, Anda juga bisa menikmati sajian tom yam atau kepiting dengan rasa tak kalah nikmat. Harga yang ditawarkan juga sesuai rasanya dan tak akan membuat kantong jebol.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.08, Pasar Pagi, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

6. D’Puncak

D’Puncak
Image Credit: Instagram.com @dpuncak

Tempat kuliner satu ini cocok Anda yang ingin makan sembari menikmati keindahan alam. D’Puncak memang tak hanya menawarkan keindahan alam dari ketinggian namun juga kuliner yang nikmat. Suasana romantis yang begitu kental sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan makan malam berkesan dengan pasangan. Apalagi ketika momennya saat matahari tenggelam, keindahannya akan membuat siapapun tak rela melewatkannya.

Yang membuat tempat kuliner di Samarinda ini hits, Anda bisa memasak sendiri makanan yang akan dinikmati. Karena memang menu yang ditawarkan merupakan menu barbeque. Di masing masing meja sudah disiapkan alat untuk barbeque, daging dan juga bumbunya. Selain menu barbeque, Anda juga bisa menikmati menu lain berupa ayam kremes lengkap dengan sambalnya. Tempat makan terbaik satu ini akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Lokasi: Jl. MT Haryono, Karang Anyar, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

7. RM Pondok Borneo

RM Pondok Borneo
Image Credit: Nendenrahmawati.wordpress.com

Di Kalimantan, Anda memang bisa mencicipi berbagai seafood yang sudah tak diragukan lagi rasanya. Dan lidah serta perut Anda akan dimanjakan dengan mengunjungi RM. Pondok Borneo. Rumah makan satu ini menyediakan beragam menu seafood yang sudah dijamin akan membuat Anda puas. Untuk menu favorit yang perlu Anda coba adalah menu Kepiting Asapnya. Sajian kuliner satu ini selalu berhasil membuat pelanggannya melebarkan senyum.

Kepiting asap disajikan dengan berbagai bumbu pilihan, setelah itu dibungkus dengan menggunakan alumunium foil. Barulah kepiting akan dimasak hingga matang dan memberikan aroma yang begitu khas. Untuk menikmatinya, Anda bisa menjadikan cah kangkung dan juga nasi hangat sebagai pendampingnya. Perpaduan menu ini akan membuat siapa saja puas dan bahkan ketagihan. Wajar jika rumah makan satu ini begitu direkomendasikan.

Lokasi: Jl. Mayor Jend. Sutoyo No.15A, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

8. Soto Banjar Amado

Soto Banjar Amado
Image Credit: Travelingyuk.com

Soto Banjar Amado bida dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin menikmati soto Banjar yang tak kalah nikmat. Indonesia memang kaya akan cita rasa soto yang dimasak dengan ciri khas tersendiri. Dan Soto Banjar Amado akan membuat Anda merasakan nikmatnya soto Banjar di Banjarmason. Satu porsi soto Banjar hangat dengan kepulan asap ini disajikan dengan tambahan telur ayam, ayam suwir, soun dan juga nasi hangat sebagai sumber karbonya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru & Paling Hits

Kuah soto Banjar yang begitu gurih dan segar akan berpadu sempurna di dalam mulut. Dijamin Anda pasti tidak akan melupakan kenikmatan dalam satu porsi soto ini. Ditemani dengan satu gelas es kopyor lengkap dengan gula aren pasti akan menjadikan duet maut dalam menu Anda. Rasa kenyang dan nikmat ini pasti akan membuat senyum siapapun terbit dan lega. Soto Banjar Amado ini juga terbilang memiliki harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.43, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda.

9. Warung Banjar Sari

Warung Banjar Sari
Image Credit: Garnesia.com

Satu lagi wisata kuliner di Samarinda yang tak boleh Anda lewatkan yaitu Warung Banjar Sari. Karena selain memiliki rasa yang enak, rumah makan satu ini juga pernah menjamu Presiden Joko Widodo. Tempatnya yang nyaman dengan pelayanan yang ramah menjadi poin plus dari tempat satu ini. Untuk menunya, mulai dari ikan bakar, soto banjar hingga menu rumah seperti sayur asem. Ketika makan siang tiba, rumah makan siang ini begitu rami.

Lokasi: Jl. Dr. Suwondo No.2B, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

10. Alaya Food Festival

Alaya Food Festival
Image Credit: Findglocal.com

Untuk membuat perjalanan wisata kuliner Anda di Samarinda Anda semakin lengkap, maka Anda harus mampir ke Alaya Food Festival. Tempat satu ini bukan hanya akan membuat Anda bisa berburu makanan enak dan murah, tetapi juga tempat kulineran yang hits. Sering kali tempat satu ini dijadikan sebagai tempat nongkrong sembari kuliner bersama teman atrau keluarga. Berbagai menu bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi tempat satu ini.

Karena memang deretan stan berjejer untuk Anda jadikan pilihan. Tempat satu ini memang selalu ramai pengunjung, terutama ketika malam diri. Meskipun tempat ini ramai, namun tetap nyaman dan bisa dijadikan tempat menghabiskan malam ketika di Samarinda. Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 5 sore sampai tengah malam masih buka. Tenang saja, kulineran di tempat ini tak akan menguras dompet anda.

Lokasi: Kompleks Perum Alaya, Sungai Pinang Dalam , Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.

Mengunjungi suatu daerah memang tidak lengkap jika tidak sekalian wisata kuliner. Mengingat setiap daerah selalu memiliki bumbu dan cita rasa andalan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Samarinda, ada banyak tempat kulineran yang akan memuaskan Anda. Dengan mengintip deretan wisata kuliner tersebut, sudah tahu tempat mana yang akan Anda kunjungi lebih dahulu?