Berkunjung ke kota Semarang, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang khas dari daerah tersebut. Semarang memiliki beberapa kuliner khas yang mungkin tidak akan bisa untuk Anda jumpai ketika sedang berada di tempat lain.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang berlibur ke kota satu ini maka Anda pun bisa mencoba untuk mencicipi beberapa sajian kuliner di Semarang yang unik dan juga memiliki rasa yang lezat. Berikut simak ulasannya.

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng
Image Credit: Idntimes.com

Untuk Anda yang menyukai kuliner berupa mie jawa, maka Anda pun bisa menyempatkan untuk mampir ke tempat satu ini. Dengan memiliki menu andalan yakni mie, maka Anda pun bisa menikmati dua sajian yang bisa untuk Anda pilih yakni mie kuah dan juga mie goreng. Bakmi satu ini memiliki rasa yang enak dan lezat, sehingga tak ada salahnya untuk mampir ke kedai Bakmi Jawa Pak Gareng ketika sedang berada di Semarang.

Disini, bakmi tersebut disajikan dengan telor, kol, sawi dan juga ayam suwir. Sehingga akan membuat bakmi satu ini memiliki cita rasa yang lezat. Untuk Anda yang tidak menyukai olahan mie, maka Anda pun bisa mencoba untuk memesan nasi ruwet yang memiliki rasa yang tak kalah lezat. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa mengunjungi tempat makan tersebut yang berada di daerah Gabahan.

Lokasi: Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Rumah Makan Asem Asem Koh Liem

Rumah Makan Asem Asem Koh Liem
Image Credit: Reresepan.com

Berada di daerah Karang Anyar, tempat kuliner satu ini menjadi salah satu lokasi yang wajib untuk Anda coba ketika sedang di Semarang. Terdapat berbagai menu makanan lezat yang bisa Anda coba di tempat satu ini. Mulai dari asem asem, bandeng sarden, kikil lombok ijo hingga lontong cap gomeh. Asem asem yang tersedia disni, terbuat dari daging sapi yang telah dipotong kotak kotak dan dicampur dalam kuah yang memiliki rasa manis dan asam.

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.28, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik
Image Credit: Semarangpedia.com

Nasi kucing merupakan salah satu makanan yang populer di kalangan mahasiswa. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa mengunjungi Nasi Kucing Pak Gik yang berada di daerah Jalan Wotgandul. Warung nasi kucing yang telah berdiri sejak tahun 50 tahun ini memiliki jam buka yakni sekitar pukul 11 malam. Untuk Anda yang ingin mencobanya maka Anda pun bisa datang sekitar tengah malam ke tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Inspeksi, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

4. Ayam Goreng Lombok Ijo

Ayam Goreng Lombok Ijo
Image Credit: Seputarsemarang.com

Di tempat satu ini memang terkenal akan ayam goreng lombok ijonya yang memiliki rasa gurih nan sedap. Tidak hanya ayam goreng lombok ijo saja, di warung satu ini juga terdapat varian lain yang bisa untuk Anda nikmati. Mulai dari empal penyet sambal terasi, pete goreng hingga balado terong pun tersedia di tempat satu ini. Untuk Anda yang sedang mencari lalapan, maka warung makan ini menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.158, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

5. Iga Bakar Tandhok

Iga Bakar Tandhok
Image Credit: Reresepan.com

Penggemar iga bakar pastinya wajib untuk mengunjungi tempat makan satu ini. Berada di daerah Papandayan, Anda pun juga bisa memesan menu yang ada di restoran ini apabila tidak ingin makan di tempat. Memiliki menu andalan yakni iga sapi, seperti iga bakar kecap, iga bakar bbq hingga sop iga ini akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya. Dengan suasana yang nyaman dan harga terjangkau pastinya Anda ingin mencicipi hidangan satu ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Papandayan No.11, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

6. D’Cost Semarang

D’Cost Semarang
Image Credit: Dcostseafood.com

Rumah makan seafood yang cukup terkenal ini ternyata juga bisa untuk Anda temui ketika berada di Semarang. Dengan kosnep restoran seafood namun memiliki harga kaki lima, tentu saja D’Cost menjadi salah satu tempat makan yang direkomendasikan ketika berkunjung ke kota ini. Ada beragam menu seafood yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari kerang, udang hingga beragam jenis ikan bisa Anda coba ketika bersantap di restoran ini.

Lokasi: Jl. Pemuda No.94-96, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

7. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
Image Credit: Phinemo.com

Salah satu kuliner di Semarang yang diburu oleh para pecinta kambing adalah Gulai Kambing Pak Sabar. Kuliner yang disajikan dengan nasi putih dan juga irisan cabe rawit dan bawang merah ini akan membuat rasa menjadi sangat enak. Untuk Anda yang ingin menikmatinya, disarankan untuk tidak datang saat jam makan siang. Pasalnya, Anda nantinya akan kesulitan untuk mendapatkan tempat.

Gulai kambing sendiri memiliki rasa yang agak berbeda dengan gulai pada umumnya. Dimana untuk kuahnya sendiri tidak menggunakan santan namun tetap menggunakan kelapa. Kelapa tersebut diparut dan dicampur dengan beberapa bumbu. Sehingga nantinya akan menciptakan rasa kuah yang sangat khas. Untuk itu, Anda pun wajib mencicipi hidangan satu ini ketika sedang berada di kota Semarang.

Lokasi: Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

8. Sate Kalak, Grill On

Sate Kalak, Grill On
Image Credit: Openrice.com

Ingin mencoba sate unik yang berada di Semarang? Pastikan Anda untuk mencoba sate kalak. Sate ini sendiri terbuat dari daging ayam, namun yang menjadi pembeda adalah bumbu kalak. Bumbu ini memiliki cita rasa tersendiri yang akan menghadirkan rasa yang gurih dan juga lezat. Sehingga dengan adanya bumbu tersebut akan membedakannya dengan sate yang lain.

Lokasi: Jl. Seroja Tim. No.2, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

9. Bebek Bakar dan Bebek Goreng Pak Thori

Bebek Bakar dan Bebek Goreng Pak Thori
Image Credit: Hidupkita.com

Olahan bebek selalu saja menjadi salah satu makanan yang menggiurkan. Di Semarang sendiri, Anda pun bisa mencoba untuk mencicipi Bebek goreng maupun bebek bakar Pak thori yang berada di Desa Wisata Kandri. Tak hanya menyediakan makanan yang terbuatdari bebek saja, disini Anda pun bisa mencoba ayam goreng, ayam bakar hingga burung dara dan lele goreng. Bahkan nasi goreng dan gongso babat pun tersedia di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang.

10. Bakso Kakap Pak Wahid

Bakso Kakap Pak Wahid
Image Credit: Seputarsemarang.com

Kuliner bakso tentu saja dapat dengan mudah untuk Anda temui. Akan tetapi, Anda pastinya akan jarang menemukan bakso kakap. Untuk itu, ketika sedang berada di Semarang Anda pun wajib untuk mencoba kuliner satu ini. Untuk satu mangkok bakso yang memiliki harga sekitar 15 ribu ini berisi bakso kakap goreng, bakso kakak goreng isi tahu dan juga bakso kukus. Disiram dengan kuah yang segar, maka Anda pun bisa untuk menikmati kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Citarum, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang.

11. Wedang Tahu

Wedang Tahu
Image Credit: Pegipegi.com

Menikmati kuliner yang hangat tentu saja wajib untuk Anda lakukan di malam hari. Untuk itu, ketika berada di Semarang, Anda pun bisa mencoba wedang tahu yang hangat ini. Wedang tahu sendiri merupakan makanan yang terbuat dari susu kedelai dan dicampur dengan bubuk agar agar. Sehingga nantinya akan menjadi kembang tahu.

Kuah yang terbuat dari perpaduan jahe, rempah dan gula merah ini pun membuat Anda akan merasakan kehangatan. Terutama ketika Anda menyantapnya ketika cuaca sedang dingin. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa menikmati sajian wedang tahu ini di kawasan Pecinan Semarang dan juga Waroeng Semawis Semarang. Selain itu, Anda pun juga bisa menikmati sajian wedang ketan durian hingga wedang kacang hijau ketika berada disini.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Wotgandul Timur, Kranggan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

12. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Image Credit: Tribunnews.com

Soto satu ini pasti terdengar sangat asing bagi kalian yang bukan orang Semarang. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di kota satu ini maka Anda pun wajib untuk mencicipinya. Awalnya soto Bangkok merupakan soto yang dijual dengan menggunakan angkringan dan berada di Jalan Bangkong. Sehingga soto ini pun dinamakan dengan demikian. Soto satu ini memiliki kuah yang bening kecoklatan karena ditambah dengan kecap. Dengan isian khas soto pada umumnya, Anda pun bisa menyantapnya.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Selatan., Kota Semarang.

13. Nasi Gandul

Nasi Gandul
Image Credit: Ksmtour.com

Meskipun bukan merupakan kuliner khas dari Semarang, Nasi Gandhul ini menjadi salah satu makanan yang wajib untuk Anda coba. Nasi putih hangat yang disajikan dengan irisan daging sapi serta jeroannya dan disiram dengan kuah kaldu akan membuatnya menjadi kuliner yang sangat lezat. Ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga sambal, maka Anda pun bisa melahap kuliner satu ini ketika sedang kelaparan.

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

14. Aneka Nasi Ayam Semarang

Aneka Nasi Ayam Semarang
Image Credit: Sensasimasakan.blogspot.com

Nasi Ayam Semarang menjadi salah satu kuliner khas yang bisa untuk Anda nikmati. Berisi nasi gurih dengan suwiran daging ayam dan juga sambal goreng labu ditambah kerecek pastinya akan membuat Anda ketagihan. Anda pun juga bisa menambah tahu becem ataupun telur pindang yang kecoklatan sebagai pelengkap hidangan satu ini.

Lokasi: Jl. Mayjen MT Haryono, Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

15. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur
Image Credit: Kompasiana.com

Untuk Anda yang mencari menu sarapan ketika sedang berada di Semarang maka Anda pun bisa mencoba Mi Kopyok Pak Dhuwur. Mie kuning yang dicampur dengan tauge serta rempah karak ini akan menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk Anda cicipi. Isian tersebut kemudian disiram dengan menggunakan kuah berupa air dan bawang putih. Ditaburi dengan daun seledri maka Anda pun bisa menyantap hidangan satu ini.

Lokasi: Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

16. Babat Gongso

Babat Gongso
Image Credit: Cumibunting.com

Babat gongso adalah salah satu kuliner yang terkenal di daerah Semarang. Babat dan juga jeroan lainnya seperti hati, limpa dan paru tersebut dimasuk dengan menggunakan bumbu kecap yang kental. Sehingga nantinya akan bisa untuk menghasilkan rasa yang enak. Namun, bagi Anda yang memiliki kolesterol yang tinggi sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan satu ini.

Lokasi: Jl. Kp. Sleko No.Kel, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

17. Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik
Image Credit: Detik.com

Suasana yang panas ketika siang hari di kota Semarang, tentunya akan membuat Anda tidak nyaman. Untuk menyegarkan dahaga anda, maka Es Puter Cong Lik dapat menjadi salah satu solusi untuk anda. Ada banyak sekali pilihan es puter yang bisa untuk Anda pilih ketika berada disini. Mulai dari rasa coklat, leci, kopyor, sirsak hingga kacang hijau pun tersedia lengkap di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

18. Kue Lekker Paimo

Kue Lekker Paimo
Image Credit: Okezone.com

Berdiri sejak tahun 1978, kuliner satu ini pun cukup terkenal di kota Semarang. Berlokasi di dekat Rumah Sakit Telogorejo, Semarang maka Anda pun bisa mencicipi kue lekker yang enak ini. Ada beragam topping yang bisa untuk Anda pilih. Mulai dari meses, gula pasir hingga potongan pisang yang sangat enak. Lekker Paimo sendiri juga memiliki dua varian yakni tebal dan tipis yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera anda.

Lokasi: Ruko Karang Turi, 32a, Jl. MT. Haryono, Jagalan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang.

19. Wingko Babat

Wingko Babat
Image Credit: Idntimes.com

Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Semarang lainnya, belum lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba Wingko Babad ini. Terbuat dari ulenan beras ketan dan juga kelapa yang dibakar, maka Anda pun akan bisa merasakan rasa gurih dari kuliner satu ini. Wingko babad ini pun bisa awet dalam waktu 2 hingga 5 hari tanpa bahan pengawet. Sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang ingin membawanya pulang untuk oleh oleh.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Solo yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Tumpang 1 No.mor 109, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

20. Bandeng Presto

Bandeng Presto
Image Credit: Tokopedia.com (Rumah Jajan Bu Nanik)

Bandeng presto juga menjadi salah satu kuliner yang bisa Anda buru saat berada di Semarang. Ikan satu ini pun bisa bertahan hingga berminggu minggu lamanya karena dikemas dalam wadah yang kedap udara. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang bandeng presto sebagai salah satu oleh oleh untuk keluarga Anda di rumah.

Lokasi: Jl. Pandanaran No.67-69, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

21. Pisang Plenet

Pisang Plenet
Image Credit: Tempo.co

Untuk Anda yang bosan dengan menu olahan pisang goreng, maka ketika sedang berada di Semarang Anda pun wajib untuk mencoba pisang planet. Makanan yang berlokasi di Jalan Gajah Mada ini menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja. Pisang ini tidak dibuat dengan cara digoreng melainkan dibakar dengan menggunakan bara api sehingga layu dan berwarna kecoklatan. Untuk Anda yang penggemar pisang pastinya harus mencoba kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

22. Tahu Pong

Tahu Pong
Image Credit: Tribunnews.com

Kuliner Semarang lainnya yang wajib untuk Anda coba adalah Tahu Pong. Tahu satu ini merupakan salah satu makanan enak yang ada di ibukota Jawa Tengah ini. Tahu pong ini adalah kuliner yang sangat pas untuk dinikmati dengan cocolan petis udang. Ditambah dengan acar dan telur bulat yang digoreng, maka Anda pun bisa ketagihan untuk mencobanya. Untuk Anda yang ingin mencobanya, Anda pun hanya cukup mengeluarkan kocek kurang dari 10 ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

23. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
Image Credit: Solopos.com

Makanan unik yang berada di Semarang ini memang terkenal dan sangat disukai oleh kalangan wisatawan. Memiliki nama yang lucu, sajian tahu ini terdiri dari tahu goreng, tauge, telor ceplok dan juga rajnagan kubis mentah. Hal yang menjadi pembeda adalah adanya gimbal. Gimbal sendiri merupakan bakwan udang. Penjualnya sendiri pada umumnya akan mengiris tahu tersebut dengan gunting dan tidak menggunakan pisau.

Lokasi: Jl. Plampitan No.54, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

24. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Image Credit: Tribunnews.com

Belum lengkap rasanya jika mampir ke kota Semarang namun belum mencicipi hidangan satu ini. Kuliner Semarang yang merupakan peranakan dari China ini telah melekat segai makanan khas yang berasal dari Semarang. Anda pun bisa memilih varian sesuai dengan yang Anda inginkan, yakni lumpia kering maupun lumpia basah. Perpaduan dari rebung, udang dan telur ini akan terasa sangat pas ketika Anda cicipi.

Lokasi: Jl. Kp. Plampitan No.81, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

25. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima
Image Credit: Tribunnews.com

Olahan welut pun juga bisa Anda nikmati ketika sedang berada di Semarang. Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, maka mangut welut ini akan menjadi makanan yang cocok untuk lidah anda. Dengan menu andalannya berupa mangut belut pedas maka warung ini pun laris didatangi oleh kalangan orang orang pecinta pedas. Dengan harga yang terjangkau, maka Anda pun bisa menikmati kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Kyai Saleh No.1, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung untuk mencari makanan atau kuliner khas yang berasal dari Semarang, maka Anda pun bisa mencoba salah satu dari rekomendasi tersebut. Pasalnya, Anda belum lengkap ketika belum mencicipi hidangan tersebut ketika sedang berada di Semarang. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berlibur di kota satu ini tak ada salahnya untuk mencoba hidangan tersebut.