Serang yang dikenal sebagai Kota Santri di Jawa Barat menyimpan ragam kuliner dengan cita rasa yang sangat khas. Inilah rekomendasi wisata kuliner di Serang terkenal enak dan memiliki harga pas di kantong. 

Daerah satu ini berada di tepi pantai Laut Jawa yang memiliki nama Serang. Kota yang menjadi pusat dari Provinsi Banten ini telah menyimpan beragam wisata yang dapat Anda nikmati selama berada di sini. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Kota Santri dan usai berkeliling pada berbagai tempat wisatanya, jangan lupa untuk mencicipi berbagai tawaram wisata kuliner khas yang ada di sana. Berikut beberapa tempat kuliner di Serang untuk menikmati sajian lezat.

1. Ayam Bakar Bekakak Haji Maksum

Ayam Bakar Bekakak Haji Maksum
Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda pecinta olahan masakan dengan berbahan dasar ayam, maka menu kuliner satu ini wajib untuk masuk kedalam wishlist. Olahan masakan satu ini terkenal dengan namanya yakni Ayam Bakar Bekakak Haji Maksum. Masakan ayam ini termasuk kedalam salah satu kuliner yang banyak dicari dari seluruh wisatawan. Bahkan seluruh pengunjung atau wisatawan dari luar Kota Serang juga telah mengidolakan menu masakan satu ini.

Olahan ayam satu ini terkenal dengan cita rasanya yang dapat dibilang cukup berbeda dengan lainnya. Meskipun jika dilihat dari segi tampilannya sepintas sama atau mirip dengan ayam bakar bekakak lainnya. Namun, yang membedakan kuliner satu ini adalah 3 cita rasa yang ditawarkan sangatlah berbeda-beda. Yang mana dapat membuat Anda tidak merasa bosan ketika mencicipinya untuk berkali-kali.

Untuk cita rasa yang dihadirkan antara lain manis, pedas, dan perpaduan dari keduanya yakni pedas manis. Tak hanya itu, yang membedakannya dengan ayam bakar lainnya ada pada cara memasak atau membakarnya. Ayam Bakar Bekakak Haji Maksum ini, dibakar dengan menggunakan arang batok kelapa selama berjam-jam hingga dagingnya memiliki tekstur yang sangat empuk serta sampai bumbunya meresap hingga ke dalam.

Lokasi: Jl. Sinar Hati Raya, RT.003/RW.002, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang.

2. RM. Taman Taktakan Sup Ikan

RM. Taman Taktakan Sup Ikan
Image Credit: Google Maps (Rudyanto A. Wibisono)

Kuliner selanjutnya yang wajib untuk Anda coba dan cicipi adalah Sup Ikan. Seperti yang Anda ketahui bahwa Serang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat, yang mana posisinya berada di tepi lautan jawa. Sehingga tak heran, jika ketika Anda berada di sini maka dapat dengan mudah untuk mencicipi berbagai olahan masakan yang berbahan dasar dengan menggunakan ikan laut segar.

BACA:  20 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Paling Hits

Rumah Makan Taman Taktakan ini menjadi salah satu tempat makan yang telah menyediakan olahan makanan berupa sup ikan. Untuk Anda yang ingin mencicipi cita rasa khas Serang yang ada di dalam sup ikan, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat makan satu ini. Area rumah makan ini berada di pinggir alun-alun Kota Serang. Sehingga Anda akan dapat dengan mudah untuk menemukannya.

Tempat makan ini terkenal dengan berbagai sajian menu makanannya berupa olahan ikan. Bahkan menu makanan seputar ikan di sini terbilang sangat lengkap. Mulai dari menu ikan gurame, kakap, patin, bahkan hingga tongkol serta masih banyak jenis masakan lainnya. Untuk rasanya sendiri tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi: Jl. K.H. Abdul Hadi No.17, 14, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang.

3. Saung Liwet Bancakan

Saung Liwet Bancakan
Image Credit: Google Maps (kang piyu)

Saat mencari tempat makan namun Anda ingin mendapatkan suasana dengan konsep yang berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya. Tempat satu ini mampu memberikan Anda sebuah nuansa yang berbeda, yakni dengan konsep bancakan. Untuk namanya sendiri adalah Saung Liwet Bancakan, yang mana sesuai dengan namanya Anda akan merasakan sensasi makan di dalam saung dengan bersama-sama atau dikenal dengan istilah bancakan.

Untuk menu kuliner yang ditawarkannya pun juga sangat beragam. Dengan menu khasnya adalah masakan khas Sunda. Berbagai masakan Sunda ini memiliki ciri khasnya tersendiri, yang mana dapat membuat Anda merasa ingin mencobanya lagi dan lagi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda untuk mengajak sekeluarga makan seperti layaknya sedang berada di sebuah acara.

Lokasi: Jl. TB Suwandi, Ciracas , Kec. Serang, Kota Serang.

4. Nasi Timbel Alam Sari

Nasi Timbel Alam Sari
Image Credit: Google Maps (Gilang Ramadhan)

Bagi Anda yang sangat menyukai olahan nasi terutama nasi timbel, maka Anda diwajibkan untuk mendatangi dan mencoba masakan khas Serang satu ini. Di kota ini tempat yang sangat terkenal dengan nasi timbelnya adalah Nasi Timbel Alam Sari. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini di siang hari untuk menyantap masakannya. Hal ini dikarenakan suasananya yang sangat nyaman dengan konsep pedesaan dan terletak di tengah persawahan.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pandeglang yang Murah & Enak

Untuk menunya sendiri Nasi Timbel Alam Sari telah menyediakan berbagai olahan masakan khas Sunda. Mulai dari nasi timbelnya yang sangat terkenal, ikan peda, hingga sayur asem. Tak hanya itu, di tempat kuliner ini juga telah menyediakan beragam menu lainnya. Yang mana dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan dan selera Anda.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.8, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang.

5. Rumah Makan Langganan Anda

Rumah Makan Langganan Anda
Image Credit: Wikimapia.org

Tempat kuliner selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan lainnya adalah Rumah Makan Langganan Anda. Kawasan ini merupakan tempat makan yang lebih banyak menyediakan dan menyajikan berbagai hidangan dengan berbahan dasar berupa olahan ikan laut yang segar. Bagi Anda penyuka olahan ikan, rumah makan ini wajib untuk masuk ke dalam wishlist kuliner.

Menu masakannya yang terkenal adalah ikan bandeng. Untuk olahan masakan ikan bandeng disini berbeda dengan tempat lainnya, yakni masakan ikan di sini telah dibersihkan dari duri yang ada dalam tubuhnya. Sehingga dapat menciptakan cita rasa yang nikmat dan tentunya membuat Anda merasa ketagihan serta ingin mencobanya terus menerus. Selain itu, ada sate bandeng yang tak kalah lezatnya.

Lokasi: Kedalingan, Cipare, Kec. Serang. Kab. Serang.

6. Nasi Sumsum Bakar Puri

Nasi Sumsum Bakar Puri
Image Credit: Google Maps (Olivia Harjanto)

Wisata kuliner selanjutnya yang wajib untuk Anda coba adalah Nasi Sumsum Bakar Puri. Olahan masakan satu ini merupakan sebuah nasi sumsum yang dibungkus dengan daun pisang dan nantinya akan dibakar. Dalam satu bungkus ini, nasi yang dibungkus akan dicampurkan dengan sumsum tulang kerbau. Sumsum inilah yang mampu menghasilkan cita rasa unik.

Dalam satu porsinya berisi dua potong nasi dan ditemani dengan beberapa lalapan. Untuk proses pengolahannya sangatlah sederhana. Nasi ini menggunakan bumbu-bumbu alami dan beberapa rempah yang dicampur dengan sedemikian rupa. Mampu menghasilkan dan menciptakan cita rasa yang sangat gurih dan lezat. Bila ingin mengunjungi tempat ini, maka datanglah di sekitar sore hingga malam hari.

Lokasi: Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang.

7. Pecak Bandeng Sawah Luhur

Pecak Bandeng Sawah Luhur
Image Credit: Google Maps (Ano Sajid)

Tempat kuliner satu ini berada di sekitar atau pinggiran tambak ikan bandeng. Serta lokasinya yang jauh dari jalan raya dan hiruk pikuk perkotaan ini, mampu menciptakan nuansa warung yang sangat asri dan tenang. Nama lokasinya adalah Pecak Bandeng Sawah Luhur. Untuk namanya sendiri merupakan salah satu menu favorit dan rekomendasi di tempat ini. Pecak sendiri adalah menu sambal pedasnya yang kemudian akan digabungkan dengan olahan ikan bandeng.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Pandeglang yang Paling Populer

Lokasi ini telah berdiri sejak tahun 2010 dan menu yang ditawarkannya beru masakan tradisional khas Kota Serang. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini maka datanglah di sekitar pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tak hanya menawarkan olahan ikan bandeng, di sini masih ada banyak menu masakan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong Anda.

Lokasi: Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kota Serang.

8. Rumah Makan Bu Entin

Rumah Makan Bu Entin
Image Credit: Google Maps (TasMan channel)

Bagi Anda penyuka olahan seafood, maka wajib untuk mengunjungi lokasi kuliner satu ini. Bernama Rumah Makan Bu Entin ini, telah menghadirkan dan menawarkan berbagai masakan seafood mulai dari ikan, cumi, kerang, dan masih banyak lainnya. Selain itu, masakan seafood nya akan ditambahkan dengan sambal terasi yang sangat pedas. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari rumah makan ini. Tak heran jika tidak pernah sepi pelanggan atau pembelinya.

Lokasi: Jl. Raya Serang – Pandeglang KM. 5, Karundang, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang.

9. Bubur Setan Pasar Lama

Bubur Setan Pasar Lama
Image Credit: Google Maps (Egi Andrea)

Kuliner satu ini sedang naik daun di Kota Serang adalah Bubur Setan Pasar Lama. Makanan ini memiliki julukan tersendiri yakni buset yang merupakan kepanjangan dari bubur setan. Olahan bubur ini merupakan kuliner warisan dari Tiongkok dan diadaptasi oleh masyarakat setempat. Dikarenakan lokasinya yang berpindah-pindah inilah yang menyebabkan bubur ini dijuluki sebagai setan.

Lokasi: Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang.

10. Rumah Makan Sate Cilegon

Rumah Makan Sate Cilegon
Image Credit: Google Maps (Obed Abdat)

Tempat kuliner terakhir yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Rumah Makan Sate Cilegon. Di sini telah menyediakan berbagai macam variasi sate mulai dari sate ayam, sapi, atau bahkan kambing. Untuk bumbunya sendiri menggunakan dua variasi yang berbeda. Anda dapat memilih diantara keduanya, yakni bumbu kecap manis dan bumbu kacang gurih. Meskipun memiliki cita rasa yang unik dan khas, harga yang dibandrol cukup terjangkau.

Lokasi: Masigit, Kec. Masigit, Kota Cilegon.

Itulah beberapa daftar wisata kuliner di Serang yang enak dan mampu memanjakan lidah Anda. Kuliner di kota ini mampu menghadirkan dan menciptakan cita rasa yang khas. Hal ini dikarenakan cita rasa yang ada merupakan hasil dari perpaduan budaya. Saat Anda berkunjung di daerah satu ini dengan julukannya sebagai Kota Santri, pastikan untuk mencicipi olahan masakannya. Sudah tertarik untuk mencoba kuliner yang mana?