Menginjakkan kaki di Siak, jangan sampai lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya yang terkenal lezat. Inilah deretan tempat wisata kuliner di Siak yang paling direkomendasikan untuk dicicipi.

Tidak banyak yang tahu perihal kota satu ini, Kabupaten Siak atau yang dikenal dengan Siak Sri Indrapura yang termasuk dalam Provinsi Riau. Tempat satu ini tidak hanya memiliki tempat wisata unik, tetapi juga beragam kuliner yang menarik. Perjalanan rasa Anda di kota ini akan semakin lengkap jika mengunjungi beberapa wisata kuliner di Siak, yang murah dan enak yang sudah banyak direkomendasikan. Berikut deretan tempat kulineran yang bisa Anda pilih.

1. Soto Siak Ummi Dewi

Soto Siak Ummi Dewi
Image Credit: Google Maps (Nurkumala Dewi)

Menikmati satu porsi soto dalam keadaan yang masih panas memang memberikan kenikmatan tersendiri. Apalagi di Indonesia ada banyak jenis soto yang bisa dijajal dan selalu memberikan cita rasa yang berbeda. Di Siak, Anda bisa mengunjungi salah satu warung soto andalan yakni Soto Siak Ummi Dewi yang sudah begitu kondang di Siak.

Apalagi tempat makan satu ini juga begitu mudah untuk ditemukan. Sehingga masyarakat Riau banyak yang menikmati sajian satu ini. Soto yang disajikan di warung soto ini begitu khas dan akan membuat lidah bergoyang. Bumbu soto yang digunakan dalam sajian ini memang begitu lezat, wajar jika siapapun yang mencobanya akan merasa puas akan ketagihan.

Soto yang bisa dipilih adalah Soto Daging dan juga soto Ayam. Keduanya memiliki kuah kaldu lezat dengan daging yang empuk. Sangat cocok untuk Anda yang gemar mengkonsumsi soto. Tidak hanya enak, harga yang ditawarkan untuk setiap porsinya juga tidak akan membuat kantong Anda jebol. Langsung saja datang ke daerah Kampung Rempak.

Lokasi: Kp. Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

2. Kantin Bude

Kantin Bude
Image Credit: Detik.com

Menginjakkan kaki di Siak tidak akan lengkap jika tidak sekalian wisata kulineran di Kantin Bude. Destinasi wisata kuliner satu ini memang begitu terkenal di Siak. Jika melihat namanya, sekilas memang tidak komersil. Tempat makan satu ini juga terlihat layaknya warteg yang sederhana. Tetapi jika soal rasa, bisa dikatakan Kantin Bude adalah juaranya.

Menyediakan makanan khas Melayu, masyarakat sekitar kerap kali merekomendasikan tempat makan satu ini. Lokasinya yang tidak jauh dari Alun Alun Kota Siak juga memudahkan para pelancong untuk menjangkaunya. Ketika jam makan siang tiba, warung sederhana ini akan dibanjiri oleh pengunjung yang mengantri.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Paling Hits

Begitu Anda tiba, pasti akan ditanya ingin menikmati di tempat secara di hidang ataupun sendiri. Jika Anda memilih dihidang makan nanti semua menu akan diletakkan di piring kecil di meja Anda. Mirip dengan ketika Anda menikmati sajian di rumah makan Padang. Setidaknya akan ada sekitar 12 jenis masakan dengan isian lauk yang membuat perut makin keroncongan.

Menu yang bisa Anda pilih amat beragam, mulai dari ikan kakap merah dengan bumbu pedas. Gulai siput, olahan ikan lainnya hingga olahan ayam yang tak kalah menggugah. Tidak ketinggalan aneka sayur yang kebanyakan diolah dengan cara di tumis. Tak perlu ragu makan di tempat ini, karena harga yang ditawarkan terbilang terjangkau dan porsinya juga puas.

Lokasi: Jl. Datuk Kampar, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

3. Pecel Lele Cak Rohim

Pecel Lele Cak Rohim
Image Credit: Google Maps (Hikmed Memed)

Apakah Anda pecinta ikan lele? Maka Anda perlu untuk mendatangi pecel lele Cak Rohim yang juga populer. Tempat satu ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang sedang tidak ingin makan masakan padang ataupun seafood. Pecel Lele Cak Rohim siap untuk memanjakan lidah serta perut Anda ketika berada di siak.

Begitu Anda memesan, nantinya Pecel Lele akan disajikan di tempat khusus lengkap dengan sambal kacang yang begitu nikmat dan berbeda. Memiliki tingkat pedas yang pas dengan lele gemuk kaya daging. Dijamin menikmati kudapan di tempat satu ini tidak akan membuat Anda kecewa. Apalagi jika disandingkan dengan nasi hangat yang pulen.

Pecel Lele Cak Rohim mengusung konsep lesehan yang nyaman dan cocok sebagai tempat bersantai. Menikmati bersama dengan keluarga ataupun teman teman tentunya bukanlah ide yang buruk. Menu yang ditawarkan sebenarnya cukup beragam dan memiliki harga yang tak akan membuat dompet Anda kering.

Lokasi: Tasik Betung, Kec. Sungai Mandau, Kab. Siak, Riau.

4. Istana Siak

Istana Siak Sri Indrapura
Image Credit: Facebook.com @shu.dhyo

Istana Siak menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat di Siak. Bahkan Istana ini juga menjadi ikon dari Siak Sri Indrapura. Dan bukan hanya untuk wisata, ternyata tempat satu ini juga dikelilingi dengan banyak pedagang makanan. Dengan begitu Anda bisa sekalian melakukan wisata kuliner saat ada di sini.

Tidak hanya menyediakan aneka makanan berat, kuliner seperti jagung bakar hingga es kelapa muda bisa Anda temukan. Olahan seafood yang nikmat juga bisa Anda nikmati ketika berada di kawasan ini. Para pedagang akan menjajakan makanan mulai dari Pagi sampai Sore hari. Dengan begitu Anda bisa sarapan ataupun makan siang di kawasan ini.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Di kawasan Istana Siak, menu yang paling banyak ditemukan adalah udang galah. Udang Galah sendiri memang menjadi salah satu makanan khas Siak yang banyak diburu. Jenis udang khas air tawar ini memang memiliki ukuran yang besar. Banyak pelancong yang mengunjungi kawasan ini, karena selain banyak makanan enak harganya ramah kantong.

Lokasi: Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

5. Cik Minah

Cik Minah
Image Credit: Djangki.wordpress.com

Tempat kuliner di Siak yang banyak direkomendasikan selanjutnya adalah Cik Midah. Tempat satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari makanan nikmat tapi harga terjangkau. Menu yang bisa Anda jajal adalah menu seafood, khususnya udang. Udang galah dengan bumbu khasnya merupakan yang menu andalan warung makan ini.

Di Siak sendiri, Cik Minah menjadi tempat makan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain menjadi tempat makan, tempat satu ini juga melayani catering. Menu yang ditawarkan dibanderol dengan harga yang ramah kantong. Sehingga jika Anda berada di Siak, Anda bisa menyempatkan untuk mampir ketika berada di Siak.

Lokasi: Jl. Ss Qasim, Benteng Hilir, Mempura, Benteng Hilir, Kec. Mempura, Kab. Siak, Riau.

6. Rumah Makan Wan Syafariah

Rumah Makan Wan Syafariah
Image Credit: Google Maps (Fadhilah Elvina)

Menginjakkan kaki di Siak, maka Anda juga harus mengunjungi tempat makan satu ini. Berbagai menu makanan bisa Anda nikmati, terutama untuk Anda penggemar masakan padang. Dari semua menu yang disediakan, olahan Udang Galah yang dilengkapi dengan bumbu rempah pilihan memang yang paling favorit.

Udangnya yang manis akan ditambahkan dengan bumbu sedikit pedas dan juga rasa rempah yang membuat rasanya luar biasa. Tidak hanya udang Galah, hampir semua masakan di tempat ini akan membuat lidah Anda bergoyang. Harga makanan yang ditawarkan juga masih terbilang wajar, sehingga Anda tidak perlu takut kantong Anda jebol.

Lokasi: River, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

7. Siak Raya

Siak Raya
Image Credit: Pesonasiak.id

Di Siak memang ada banyak warung makan yang bisa Anda jadikan tujuan kulineran, salah satunya adalah Siak Raya. Masih seputar masakan padang, mengunjungi bersama keluarga bukanlah ide yang buruk ketika berada di tempat satu ini. Karena memang memiliki tempat yang luas dan tentunya jauh dari kebisingan.

Sangat cocok untuk bersantai, apalagi tempat makan satu ini juga begitu bersih. Menu yang dihadirkan termasuk lengkap, mulai dari udang Galah hingga menu lainnya tak bisa Anda lewatkan begitu saja. Apalagi harga yang ditawarkan untuk setiap menunya ramah untuk semua kalangan. Siak Raya juga mudah untuk Anda akses, sehingga sempatkan saja datang kemari saat di Siak.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Siak yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Ismail, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

8. Taman Kuliner Lawo

Taman Kuliner Lawo
Image Credit: Google Maps (Taman Kuliner Lawo)

Berada di Siak, Anda juga bisa mengunjungi taman kuliner Lawo yang termasuk dalam jajaran tempat kuliner hits. Tempat satu ini memang masih terbilang baru, tetapi belakangan sudah banyak dikenal. Taman Kuliner Lawo ini layaknya sebuah pujasera yang menyediakan banyak sekali makanan khas. Mulai dari menu pagi sampai malam bisa Anda temukan.

Untuk Anda yang ingin datang sarapan, Anda bisa mengunjungi di jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Sementara menu malam harinya di jam 4 sore hingga jam 10. Soto Padas menjadi menu andalan di Pagi hari. Menu lainnya seperti nasi lemak maupun mie ayam juga tak kalah nikmat disantap. Tentunya semua menu yang ditawarkan memiliki harga yang terjangkau.

Lokasi: Balai Kayang, Jl. Mempelu No.2, Kp. Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

9. Ikan Bakar Lubuk Nila

Ikan Bakar Lubuk Nila
Image Credit: Foursquare.com

Menikmati sajian ikan bakar nikmat bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Ikan Bakar Lubuk Nila. Tempat makan satu ini memiliki menu andalan berupa ikan bakar patin dan nila nya. Lokasinya yang strategis akan memudahkan Anda untuk mengunjungi. Ikan bakar nila yang dibakar dengan bumbu khas akan sanggup menggoyang lidah Anda.

Lokasi: Jl. Raja Kecik, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

10. Wisata Kuliner Lubuk Dalam

Wisata Kuliner Lubuk Dalam
Image Credit: Idntimes.com

Tempat kuliner yang juga bisa dijadikan tempat nongkrong adalah Wisata Kuliner Lubuk Dalam. Memiliki ciri khas tersendiri, tempat makan ini menyediakan banyak menu mulai dari camilan sampai makanan khas dari Siak. Anda bisa menemukan Dodol Burung, Bolu Kemojo hingga olahan Udang Galah yang begitu kondang di Siak.

Buka dari pagi hingga malam hari, Wisata Kuliner Lubuk Dalam juga cocok untuk tempat nongkrong. Bersama teman teman atau keluarga tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Dengan begitu perjalanan rasa Anda di Siak tidak akan terlupakan. Pastikan untuk mencoba Bolu Kemojonya yang menjadi menu primadona.

Lokasi: Desa Yait, Kec. Lubuk Dalam, Kab. Siak, Riau.

Mengunjungi Siak, menu Udang Galah dan juga masakan padangnya memang sayang untuk dilewatkan. Tetapi rupanya ada banyak tempat makan lainnya yang memberikan cita rasa unik dan menu yang berbeda. Deretan yang telah disebutkan bisa menjadi alternatif tempat kulineran saat Anda di Siak.