Saat berwisata, tak akan lengkap jika tidak sempat melakukan wisata kuliner. Anda sedang berada di Sidoarjo, tapi tidak tahu ingin melakukan apa? Maka cobalah berwisata kuliner. Pasalnya kota dengan moto Sidoarjo bersih hatinya ini, memiliki berbagai tempat kuliner yang cocok untuk dijadikan wisata dadakan.

Bingung memilih makanan khas yang tepat? Berikut ulasan 13 wisata kuliner di Sidoarjo yang terkenal enak dan harga terjangkau.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Image Credit: Loveusaha.com

Saat berkunjung ke daerah pesisir utara Jawa Timur, maka akan dengan mudah untuk menemukan lontong kupang. Termasuk juga saat berkunjung ke kota Sidoarjo, Anda akan disuguhkan oleh berbagai warung yang menjual makanan khas tersebut. Highlight dari makanan satu ini adalah kupang, sejenis kerang atau tiram namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Kupang sendiri banyak hidup di pesisir pantai yang berlumpur.

Dalam satu porsi, kupang akan dihidangkan bersama dengan lontong, lentho, sate kerang, serta bumbu petis dan jeruk nipis. Perpaduan tersebut menghadirkan cita rasa yang begitu susah untuk dilupakan. Salah satu warung yang sudah terkenal di Sidoarjo adalah lontong kupang Pak Misari. Disana Anda akan menemukan lontong kupang yang kenyal, rasa petis yang mantap, serta kuah gurih yang nikmat dan menyegarkan.

Lokasi: Jl. Mojopahit, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

2. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Anda penggemar rawon? Jika iya, Saat berkunjung ke Sidoarjo maka jangan sampai melewatkan kesempatan emas untuk mencicipi Rawon Gajah Mada. Dimana rawon sendiri merupakan masakan khas Jawa Timur dengan kuah yang berwarna hitam dan biasanya berisi daging sapi. Warna kuah dari rawon tersebut memakai pewarna alami, yang mana berasal dari buah bernama kluwek.

Rawon Gajah Mada begitu populer di kalangan masyarakat setempat karena bumbunya yang mantab, dengan kuah yang menggugah selera serta daging yang begitu empuk dan dipotong besar besar. Jika ke Sidoarjo dan ingin berwisata kuliner ke tempat ini, maka harus datang saat malam hari. Sebab warung rawon tersebut hanya buka di jam 9 malam hingga 3 pagi.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Pekauman, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

3. Rujak Cingur Bu Nur Aini

Rujak Cingur Bu Nur Aini
Image Credit: Indoblognet.com

Siapa yang tidak mengenal rujak cingur? Makanan khas Surabaya yang sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Jawa Timur. Meskipun khas Surabaya, namun rujak cingur di setiap daerah pasti akan berbeda beda. Termasuk juga yang ada di Sidoarjo ini. Rujak cingur milik bu Nur Aini begitu menjadi kegemaran warga, hingga kerap kali dijadikan tempa wisata kuliner oleh para pelancong.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Rujak cingur sendiri biasanya terdiri dari potongan lontong, sayuran yang direbus, serta tahu dan tempe goreng kemudian disiram dengan bumbu saos kacang. Sebagai pelengkap, rujak tersebut ditambahi dengan cingur atau moncong sapi yang sudah direbus. Namun rujak cingur bu Nur Aini begitu digemari karena rasanya yang begitu lezat. Ternyata rahasianya adalah petis yang digunakan oleh bu Nur Aini merupakan perpaduan dari 7 macam petis.

Lokasi: Jl. Raya Sedati Gede No.66, Bono, Sedati Gede, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo.

4. Ote Ote Porong

Ote Ote Porong
Image Credit: Bisnisukm.com

Pernah mendengar istilah ote ote? Ote ote sendiri secara umum lebih dikenal dengan nama bakwan. Meskipun terbilang cukup umum, namun ote ote khas Sidoarjo ini selalu dicari cari oleh wisatawan. Kedai ote ote tersebut terbilang sederhana dan lokasinya berada di depan tanggul lumpur Lapindo. Jika dilihat dari bangunannya, dapat diketahui jika kedai tersebut sudah berdiri cukup lama.

Yang membuat kuliner di jalan Raya Porong ini sangat populer adalah karena ukurannya yang cukup besar, dengan isian yang begitu padat. Ote ote Porong berisi rumput laut, tiram, serta daging ayam atau babi. Namun di kedai tersebut, Anda tidak hanya akan menjumpai ote ote saja. Ada berbagai jajanan lain yang bisa dicicipi, seperti kompyang, bagelan, dan juga bakso goreng.

Lokasi: Jl. Raya Porong No.120, Mindi, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo.

5. Kikil Sapi Pak Madekan

Kikil Sapi Pak Madekan
Image Credit: Tribunnews.com

Kuliner dari kikil sapi termasuk salah satu kuliner yang susah untuk dibuat, sebab menggunakan bahan dasar kikil sapi yang mengandung lemak. Untuk itu bumbu dan kepekatan kuah harus diatur dengan tepat agar menghasilkan sup yang tidak terlalu kental. Salah satu warung kikil sapi yang paling populer di Sidoarjo dan cocok dijadikan tempat wisata kuliner adalah warung Pak Madeko. Selain menyajikan kikil, warung kaki lima ini juga menyediakan sup sum sum tulang yang konon baik untuk tulang.

Lokasi: Jl. Raya Wonocolo, Wonocolo, Sepanjang, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo.

6. Bel-Bel Waroeng

Bel-Bel Waroeng
Image Credit: Waroeng-bel-bel.business.site

Resto satu ini biasanya digunakan untuk tempat nongkrong kawula muda. Pernahkah Anda melihat mie beserta garpu yang seolah melayang? Di resto kecil yang memiliki nuansa bambu dan kayu ini juga menawarkan menu tersebut. Sehingga tidak mengherankan jika banyak milenial yang khusus datang ke Bel-bel waroeng hanya untuk berfoto dengan kuliner unik satu ini. Namun tidak hanya mie melayang saja, resto tersebut juga memiliki menu andalan tumpeng mini dan milkshake durian.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Kludan Tanggulangin, Kludan, Kec. Tanggulangin, Kab. Sidoarjo.

7. Ceker Lapindo Mbak Nik

Ceker Lapindo Mbak Nik
Image Credit: TripAdvisor.com

Tragedi lumpur Lapindo yang terjadi di Sidoarjo silam, kini menghasilkan tempat wisata bencana dan nama branding yang mudah diingat. Salah satunya adalah warung kuliner Ceker Lapindo Mbak Nik, dimana warung tersebut begitu sederhana dengan menawarkan menu unik dan menarik serta mengandalkan rasa yang lezat dan enak. Beberapa menu andalannya ada ceker saos mentega, ceker gulai, ceker crispy, ceker balado, dan ceker pepes.

Tempat wisata kuliner satu ini, cocok untuk penggemar cita rasa pedas yang memang belakangan ini begitu populer dan kekinian. Namun bagi pecinta ceker dengan rasa yang tidak pedas, tidak perlu khawatir. Pasalnya kedai satu ini juga menyediakan menu ceker yang tidak pedas. Lokasi warung Ceker Lapindo Mbak Nik berada di pinggir jalan, sehingga memudahkan wisatawan untuk menemukannya.

Lokasi: Jl. Raya Gading Fajar 2 Blok D1 No.7, Perum King Safira, Sepande, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

8. Kedai Pakcik Abin

Kedai Pakcik Abin
Image Credit: GoTravelly.com

Kedai yang cukup digemari oleh warga Sidoarjo ini, menawarkan menu masakan khas melayu juga berbagai menu tradisional yang berasal dari berbagai provinsi di Sumatera. Jadi untuk kamu yang ingin mencicipi masakan Sumatera, tidak perlu jauh jauh pergi ke sana. Cukup berkunjung ke Sidoarjo, maka sudah bisa merasakan sensasi tersebut. menu andalan di kedai pakcik Abin adalah mie Aceh kepiting, yang mana disajikan dengan satu ekor kepiting utuh.

Namun tidak hanya mie Aceh saja, masih banyak menu menarik lainnya yang ditawarkan oleh pakcik Abin. Mulai dari teh tarik, laksa, kwetiau, nasi lemak, dan masih banyak lagi. Yang membuat kedai satu ini cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner adalah bangunannya yang begitu nyaman dan minimalis. Sehingga sangat cocok sebagai tempat nongkrong untuk Anda dan orang terdekat.

Lokasi: Jl. Pagerwojo No.01, Nggrekmas, Pagerwojo, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

9. Resto Shabuki

Resto Shabuki
Image Credit: Twitter.com @saywati

Tempat satu ini cocok untuk pelancong yang ingin menikmati makan Asia timur. Pasalnya resto Shabuki merupakan salah satu restoran Jepang yang populer di Sidoarjo. Cita rasa sajian yang ditawarkan cukup sebanding dengan harganya. Resto tersebut sangat cocok sebagai tempat wisata kuliner bersama dengan keluarga atau dengan orang terkasih. Menu yang ditawarkan ada salmon teriyaki, beef teriyaki, volcano sushi, dan masakan Jepang lain.

Lokasi: Jl. Pagerwojo No.5, Nggrekmas, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

10. Sate dan Krengsengan Bekicot Pak Mat

Image Credit: Joshuafavian.com

Tidak hanya makanan khas Sidoarjo saja yang menjadi kegemaran warga setempat dan para pelancong. Sate dan kresengan bekicot yang merupakan makanan khas kota Kediri juga bisa Anda temukan. Kuliner satu ini memang terbilang unik sekaligus aneh, sehingga akan menimbulkan sensasi tersendiri ketika disantap. Dari kuliner tersebut, Anda bisa menikmati rasa bekicot yang begitu gurih, serta dapat menyembuhkan penyakit.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Paling Populer

Apalagi kuliner tersebut disantap bersama nasi hangat, maka sensasinya pun terasa lebih nikmat. Memiliki daging yang kenyal dan empuk ketika digigit, bekicot dipercaya mampu menambah stamina. Sate dan kresengan bekicot begitu nikmat saat dipadukan dengan bumbu kacang. Akan lebih nikmat lagi, saat makanan tersebut ditutup dengan minum es campur. Pasti perpaduannya begitu menggoda lidah.

Lokasi: Sidoarjo, Sambi Sari, Sambi Bulu, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo.

11. Resto Anda

Resto Anda
Image Credit: Sidoarjonews.id

Dilengkapi dengan kolam pemancingan, resto Anda sangat cocok sebagai tempat wisata kuliner bersama keluarga. Di atas kolam pemancingan, terdapat beberapa saung kecil yang bisa digunakan pelanggan menyantap sajian Resto Anda. Masakan andalan dari resto ini adalah segala jenis makanan dengan bahan baku ayam dan ikan. Tidak hanya wisata kuliner, di resto ini pengunjung juga bisa berfoto ria hingga menikmati permainan air yang disediakan.

Lokasi: Jl. Gajah Putih No.68, Tambak, Tambakoso, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo.

12. Mie Gajah Mada

Mie Gajah Mada
Image Credit: Ksmtour.com

Tidak hanya terkenal dengan rawon saja, daerah jalan Gajah Mada juga terkenal dengan spesialis mie ayam. Namun tidak hanya mie ayam saja yang ditawarkan, tetapi juga terdapat menu tambahan lain yang diandalkan. Seperti mie ayam bakso, mie ayam jamur, atau mie ayam dengan babat atau otot. Untuk masalah kantong pun tidak perlu cemas, harga mie Gajah Mada terbilang murah meriah.

Lokasi: Jl. Gajah Mada Gang Pandean 1 No.1, Panjunan, Pekauman, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

13. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati
Image Credit: Tribunnews.com

Menawarkan suasana tradisional, Warung Apung Rahmawari bisa menjadi pilihan wisata kuliner bersama keluarga dan sahabat. Warung tersebut hampir semua dekorasi interiornya menggunakan bahan kayu yang nyaman. Salah satu menu andalan yang paling terkenal adalah ayam bakar. Berbeda dengan resto lain, di warung Apung Rahmawati ayam bakarnya menggunakan bumbu rujak pedas manis yang begitu nendang.

Lokasi: Jl. H. Sunandar V, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo.

Bangkit dari tragedi Lapindo, kota Sidoarjo selalu menyuguhkan berbagai destinasi wisata menarik. Dimana salah satunya adalah wisata kuliner di Sidoarjo yang begitu enak dengan harga yang terjangkau. Saat Anda memutuskan berlibur ke Sidoarjo, jangan lupa untuk sekedar jalan jalan melakukan wisata kuliner. Sebab ada begitu banyak tempat wisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi.