Singkawang yang terdiri dari bermacam macam suku memberikan sensasi wisata kuliner yang cukup berbeda. Saat berkunjung ke Singkawang, Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas dari etnis tertentu yang lezat dan ditawarkan dengan harga bersahabat.

Singkawang merupakan salah satu kota dengan penduduk yang paling heterogen di Indonesia. Kota ini memiliki keberagaman budaya serta adat istiadat yang menarik untuk Anda perhatikan. Hal ini juga berlaku pada wisata kulinernya, sajian dengan budaya Tionghoa hingga Melayu bisa Anda temukan di Little Hong Kong nya Indonesia ini. Penasaran dengan wisata kuliner yang murah dan enak di Singkawang? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Bakmi Aloi

Bakmi Aloi
Image Credit: Vilyliu.wordpress.com

Bakmi satu ini sudah sangat populer di Singkawang, karena rasanya yang begitu lezat dan harganya yang relatif murah yaitu sekitar 18 ribu saja. Namun sayangnya bakmi aloi ini non halal, jadi Anda yang beragama Islam atau bagi orang yang pantang makan daging babi tidak bisa merasakan kelezatan dari bakmi aloi. Disajikan dengan cita rasa yang gurih, dengan topping daging bagi yang cukup banyak membuat banyak orang ketagihan dengan hidangan satu ini.

Lokasi: Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

2. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Bakso Sapi Bakmi Ayam 68
Image Credit: Pastikesingkawang.id

Jangan bersedih jika Anda tidak bisa menikmati kelezatan bakmi aloi, karena Anda juga bisa merasakan suguhan bakmi halal yang juga begitu sedap di bakso sapi bakmi ayam 68. Kuliner ini menjadi salah satu yang paling ngehits di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri. Bukan hanya karena banyaknya pilihan menu yang bisa dipilih, tapi juga karena tekstur toping dagingnya yang sangat halus dan gurih.

Anda bisa memilih bakso atau bakmi, maupun gabungan keduanya untuk mendapatkan sebuah rasa yang lebih istimewa. Tekstur daging baksonya juga sangat lembut dan lembut, membuat pengunjung tidak akan puas hanya dengan satu suapan saja. Kuah yang digunakan pun juga sangat gurih dan memberi kesan yang mendalam. Kuliner lezat ini bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar sekitar 16 ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.68 Darat Sekip, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

3. Bakmi Kering Haji Aman

Bakmi Kering Haji Aman
Image Credit: Tribunnews.com

Masih seputar bakmi yang ada di Singkawang, ada satu lagi bakmi yang dijamin halal dan lezat yaitu bakmi kering Haji Aman. Satu porsi bakmi kering biasanya akan disajikan dengan potongan daging ayam atau daging sapi di atasnya, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera. Selain ada potongan daging sebagai toppingnya, bakmi kering sendiri terdiri dari mie, kecambah, hekeng udang, telur dadar, pangsit, dan bakso.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Jika Anda lebih suka dengan bakmi yang berkuah, maka tidak perlu khawatir, karena di sini Anda juga bisa memilih ingin bakmi kering atau bakmi kuah. Semua hidangan akan disajikan dengan pelengkap jeruk sambal yang membuat masakan menjadi lebih nikmat dan segar. Untuk dapat menikmati kuliner semangkok bakmi khas Singkawang satu ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 15 ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

4. Ikan Bakar Bang Ian Kuala Singkawang

Ikan Bakar Bang Ian Kuala Singkawang
Image Credit: 2pos.asia

Bagi Anda penggemar ikan, maka wajib hukumnya untuk datang kemari saat berada di Singkawang. Di sini Anda beberapa jenis menu ikan yang bisa Anda coba, seperti ikan goreng, ikan goreng kremes, dan ikan bakar. Wisata kuliner satu ini juga merupakan pilihan tempat makan yang cocok bagi pelancong muslim, karena sudah terjamin kehalalannya. Pasalnya mencari tempat makan yang halal di Singkawang bisa dikatakan gampang gampang sulit.

Tempat makan ini selalu ramai akan pengunjung, bahkan sekitar pukul 7 malam saja sudah tutup dan hampir semua menu habis terjual. Jika tidak ingin kehabisan, Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu agar waktu untuk menunggu juga tidak terlalu lama. Untuk harganya sendiri Anda tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau untuk ukuran tempat makan keluarga yang sangat nyaman dan lezat.

Lokasi: Kuala, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

5. Toko Kopi Nikmat

Toko Kopi Nikmat
Image Credit: Tripadvisor.com

Masyarakat di Singkawang memiliki budaya yang cukup unik, yaitu terbiasa minum kopi terlebih dahulu untuk memulai aktivitas di pagi hari. Hal ini membuat kedai kopi yang ada di Singkawang tumbuh subur, salah satunya yang begitu terkenal yaitu Toko Kopi Nikmat yang telah berdiri cukup lama. Wisata kuliner ini berada di kawasan kota tua, dan menyajikan kopi robusta tradisional yang sudah diwariskan turun temurun.

Menu kopi yang paling digemari oleh pengunjung di sini yaitu kopi hitam dan kopi susunya, Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda dari kopi buatan kedai satu ini. Selain itu, tempat makan satu ini juga menawarkan beberapa kue tradisional sebagai teman minum kopi. Untuk harganya sendiri tergolong sangat terjangkau, dengan uang sekitar 10 ribu rupiah saja Anda sudah bisa menikmati secangkir kopi dan jajanan pasar yang cukup mengenyangkan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Sejahtera, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

6. Dangau Resto

Dangau Resto
Image Credit: Maps.google.com @nirmala chang

Wisata kuliner selanjutnya yang juga terkenal dengan hidangan lezat yaitu Dangau Resto. Tempat makan satu ini hadir dengan menawarkan berbagai sajian kuliner laut dan melayu yang sudah cukup familiar di lidah orang Indonesia. Namun tentu saja semua hidangan ini disuguhkan dengan cita rasa yang khas dan berbeda dari daerah lain. Anda bisa merasakan sensasi rasa yang unik khas dari Dangau Resto, pada suap pertama ketika melahap hidangan di sini.

Tempat makan ini menyajikan olah masakan seperti ikan bakar dan hidangan laut lainnya, ayam bakar, cah kangkung, sayur asem, dan lain sebagainya. Untuk minumannya, Dangau Resto memiliki minuman segar andalan yang terbuat dari lidah buaya dan wajib untuk Anda coba. Selain rasa makanan yang begitu lezat, harga yang dibanderol untuk setiap hidangan ini juga masih relevan di kantong sehingga tidak membuat dompet bolong.

Lokasi: Jl. A. Yani No.107, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

7. Rujak Thai Phui Jie Singkawang

Rujak Thai Phui Jie Singkawang
Image Credit: Detik.com

Penamaan thai pui ji memiliki arti aci gendut dan sejatinya merupakan sapaan akrab dari teman A Kian, si pemilik wisata kuliner satu ini. Tempat makan ini telah berdiri selama kurang lebih 27 tahun, jadi Anda tidak perlu ragu dengan rasanya karena dijamin memuaskan dan begitu segar. Ciri khas dari rujak di sini yaitu terletak pada ebi dan kacang yang digunakan juga lebih banyak bila dibandingkan dengan rujak pada umumnya.

Bumbu rujak yang disiram di atas buah buahan sangat royal hingga menutupi semua buah. Meski memiliki warna coklat gelap, namun cita rasa dari bumbu rujak ini tidak terlalu manis. Terdapat sedikit rasa terasi dan renyah kacang yang membuat rujak menjadi semakin nikmat. Menu yang ditawarkan juga tidak hanya rujak buah saja, namun ada juga rujak mangga, rujak pecel, bubur teri, dan sop bihun teri.

Lokasi: Jl. Salam Diman No.8, Condong, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

8. Kampung Rawit

Kampung Rawit
Image Credit: Facebook.com @westerntalam

Restoran Kampung Rawit ini menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda coba ketika berada di Singkawang. Tempat makan yang terletak di kawasan Raya Sedau ini hadir dengan konsep perkampungan di tepi sawah. Sensasi makan dengan suasana sejuk khas pedesaan bisa Anda rasakan saat mengisi perut di sini. Beragam fasilitas serta service juga diberikan untuk memanjakan pengunjung, seperti sarana bermain untuk anak anak dan lain sebagainya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pontianak yang Murah & Enak

Berbagai jenis menu makanan bisa Anda temukan di Kampung Rawit, terutama seafood dan hidangan lokal lainnya. Kuliner laut yang ada di tempat makan satu ini sudah cukup terkenal dengan rasanya yang begitu lezat, tersedia juga lobster dengan ukuran besar yang bisa disantap oleh 3 hingga 4 porsi orang dewasa. Sambil menanti pesanan datang, Anda bisa melihat kolam ikan yang berada di bawah saung, suasana ini tentu membuat pengunjung betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Raya Sedau No.53, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

9. RM Vegetarian Diet Sehat

RM Vegetarian Diet Sehat
Image Credit: Maps.google.com @eureika chericeson

Jika Anda sedang melakukan program diet saat berlibur di Singkawang, maka tempat makan satu ini merupakan rekomendasi yang paling tepat. RM Vegetarian Diet Sehat ini dapat dikatakan sebagai destinasi paling cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan kulineran, tapi tidak mau mengacaukan program diet. Setiap harinya tempat makan satu ini bahkan selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

Jadi apabila berkunjung ke sini, Anda harus siap mengantri untuk memilih menu yang diinginkan. Pasalnya tempat makan satu ini bertemakan prasmanan yang bisa Anda ambil tepat di dekat pintu masuk. Setelah Anda usai memilih hidangan yang diinginkan, jangan lupa untuk segera ke kasir untuk melakukan pembayaran serta memesan minuman. Harga berbagai menu ini juga sangat ramah di kantong, sangat pas untuk menu diet dengan budget terbatas.

Lokasi: Jl. Hermansyah No.36C, Melayu, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

10. RM Pondok Diponegoro

RM Pondok Diponegoro
Image Credit: Tripadvisor.com

Apabila Anda mencari restoran yang cocok untuk keluarga besar, maka RM Pondok Diponegoro merupakan salah satu pilihan yang tepat. Makan siang bersama keluarga akan lebih menyenangkan dengan tempat yang luas serta pilihan menu yang sangat beragam. Menu yang disajikan antara lain makanan China serta seafood yang begitu lezat sekali rasanya. Senangnya lagi, tempat makan ini berlabel halal jadi bisa dinikmati oleh para wisatawan muslim.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang.

Wisata kuliner di Singkawang memang sangat banyak dan memiliki cita rasa yang begitu lezat. Terdapat tips yang bisa Anda gunakan saat melakukan wisata kuliner di Singkawang, yaitu apabila Anda masih asing dengan tempat makan yang ada maka jangan malu untuk bertanya perihal kehalalan olah hidangan di sana. Karena bisa jadi tempat makan tersebut tidak dapat dikonsumsi oleh umat muslim.