Mencicipi kuliner dan makanan khas yang berada di kota Solo, menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang berlibur. Hal ini dikarenakan kota Solo memiliki aneka kuliner yang akan memanjakan lidah anda. Mulai dari kuliner yang mengenyangkan hingga camilan untuk teman perjalanan anda. Berikut ini akan diulas beberapa wisata kuliner di Solo yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo
Image Credit: Solopos.com

Setelah Anda puas berjalan jalan mengelilingi kota Solo, ketika malam tiba sebaiknya Anda mampir ke Wedangan Pendhopo. Pasalnya, tempat satu ini telah menjadi langganan wisatawan, baik asing maupun lokal. Disini, Anda bisa menikmati jahe hangat dan aneka makanan dan jajanan tradisional. Dengan menawarkan harga yang ramah di kantong, tak heran tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pelancong.

Lokasi: Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

2. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sate yang disebut dengan nama kere ini dikarenakan terbuat dari jeroan sapi. Sehingga harganya akan lebih terjangkau dibandingkan dengan sate daging. Selain itu, ada juga menu andalan lain yang tersedia di tempat ini yakni tempe gembus. Untuk penyajiannya sendiri, sate ini bisa Anda nikmati dengan lontong dan siraman sambal kacang. Untuk Anda yag sedang ke Solo, hidangan satu ini pun wajib untuk Anda coba.

Lokasi: Jl. Kebangkitan Nasional No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

3. Tahu Kupat “SARI”Pak Brewok

Tahu Kupat “SARI”Pak Brewok
Image Credit: Koran.id

Hidangan satu ini sekilas mirip dengan tahu gimbal yang ada di Semarang. Untuk isiannya, pada umumnya akan terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol dan juga tauge. Kemudian, diguyur dengan menggunakan air bawang dan juah kecap. Untuk menambah rasa yang lezat, maka nantinya akan ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri. Sedangkan bagi Anda yang menyukai masakan pedas, Anda bisa menambahkan irisan cabe rawit sesuai dengan selera anda.

Lokasi: Jl. R. M. Said No.197, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

4. Tahok Pak Citro, Pasar Gede

Tahok Pak Citro, Pasar Gede
Image Credit: Kompas.com

Kuliner tradisional yang dibawa oleh pedagang Tionghoa ke Solo ini sering kali disebut dengan tahok. Tahok sendiri memiliki arti kacang kedelai yang dilumat. Untuk bentuknya sendiri, memang tak jauh berbeda dengan tahu yang memiliki warna putih dan tektur yang lembut. Disajikan dengan campuran gula Jawa serta rempah, maka kuliner satu ini akan terasa hangat di tubuh ketika Anda mencicipinya.

Lokasi: Jl. Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

5. Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret Pak Suhar
Image Credit: Diadona.id

Mencari minuman yang segar saat ke Solo? Maka Anda pun bisa mencoba es gempol legendaris yang ada di kota ini. Gempol sendiri terbuat dari tepung beras yang berbentuk bulat pipih. Sedangkan untuk pleret merupakan adonan tepung beras dan gula Jawa. Perpaduan dari keduanya kemudian akan dicampur dengan es batu dan juga santan. Sehingga nantinya akan membantu Anda untuk melepas dahaga di tengah terik kota Solo.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Solo.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi
Image Credit: Inibaru.id

Untuk Anda yang sedang mencari kuliner minuman khas Solo, maka es dawet telasih Bu Dermi adalah pilihan yang tepat. Anda pun bisa menemukan kios satu ini di Pasar Gede dan selalu ramai pembeli. Nantinya, Anda akan bisa mendapatkan semangkuk es yang di dalamnya berisi bubur ketan hitam, tape ketan, cendol, biji telasih dan juga bubur sumsum. Tentu saja Anda pun akan merasakan sensasi kesegaran ketika mencoba minuman ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

7. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak
Image Credit: Detik.com

Makanan unik lainnya yang berada di Solo adalah cabuk rambak. Hidangan ini menjadi salah satu kudapan populer bagi warga kota ini. Cabuk rambak sendiri, terdiri dari ketupat yang telah diiris tipis tipis, karak dan juga sambal wijen. Selain menjadi makanan yang cocok untuk sarapan, cabuk rambak sendiri juga bisa Anda nikmati sebagai camilan ketika sore ataupun siang hari.

Lokasi: Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

8. Warung Pecel Bu Kis

Warung Pecel Bu Kis
Image Credit: Wonderfulsolo.com

Meskipun sekilas warung pecel ini nampak seperti kedai pecel pada umumnya, namun ada salah satu menu andalan dari warung ini. Menu tersebut adalah sambal tumpang yang memiliki cita rasa yang gurih, manis dan juga sedikit pedas. Perpaduan ketiga rasa tersebut akan sangat enak untuk Anda nikmati dengan nasi hangat, bayam serta tauge yang segar. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari sarapan maka Warung Pecel Bu Kris menjadi tempat yang bisa Anda tuju.

Lokasi: Jl. Gleges, Sriwedari, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

9. Warung Pecel Solo

Image Credit: Surakarta.go.id

Bagi Anda yang sedang mencari pecel yang khas dan murah di kota Solo, warung satu ini pun dapat Anda jadikan pilihan. Dikenal dengan nama Warung Ndeso Resto maka ketika Anda berkunjung ke tempat ini Anda pun tak hanya akan menikmati sajian kuliner khas Solo. Melainkan, suasana dan nuAnda etnik khas kota Solo pun bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke tempat satu ini.

Untuk Anda yang tertarik mengunjunginya, maka Anda bisa mampir ke jalan Dr. Soepomo. Warung ini sendiri akan buka dua kali setiap harinya yakni pada pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore dan juga pukul 18.00 hingga 22.00 malam. Disini, Anda pun bisa menyantap menu spesial yang dihidangkan. Yaitu berupa nasi merah yang dicampur dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, jantung pisang hingga kembang turi. Dicampun dengan sambel pecel, maka menu ini sangat pas untuk sarapan.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Supomo No.55, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

10. Soto Gading

Soto Gading
Image Credit: Surakarta.go.id

Salah satu makanan yang cocok dinikmati ketika sarapan adalah soto. Untuk itu, ketika sedang berada di Solo maka Anda pun wajib untuk mampi ke salah satu warung soto yang tersohor yakni Soto Gading. Berada di jalan Brigadir Jenderal Sudiarto atau di sekitar alun alun selatan Keraton Solo, maka Anda pun bisa menemukan kuliner satu ini.

Soto satu ini memiliki ciri khas yakni kuahnya yang bening. Dipadu dengan aroma rempah dan mie soon serta suwiran daging ayam, maka hal tersebut akan membuat Anda ketagihan. Anda pun juga bisa menambahkan berbagai lauk pauk yang tersedia di meja makan. Mulai dari sosis, telur puyuh, tempe goreng, hingga perkedel kentang bisa Anda pilih sesuai dengan selera anda.

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

11. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro
Image Credit: Hartonotradecenter.com

Untuk Anda yang sedang mencari kuliner malam, tepat rasanya ketika Anda datang ke Pasar Malam Ngarsopuro. Di tempat satu ini Anda pun bisa menemukan banyak sekali kuliner lezat khas kota Solo. Mulai dari nasi liwet, sosis solo, sate kere hingga wedang ronde pun tersedia di tempat satu ini. Selain menyantap kuliner yang enak, Anda pun juga bisa berkeliling untuk melihat berbagai macam kerajinan tangan yang ada di pasar ini.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

12. Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem
Image Credit: Tribunnews.com

Es krim selalu saja menjadi salah satu kuliner yang dicari oleh sebagian orang. Untuk itu, di kota Solo pun memiliki toko es krim legendaris yang bisa untuk Anda cicipi. Berada di Jalan Urip Sumoharjo, Anda pun bisa menemukan Es Krim Tentrem yang telag populer sejak tahun 1952. Ada beragam menu yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari tutti fruity, rainbow hingga robin rose bisa Anda pilih sesuai dengan selera anda.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tegal yang Murah & Enak

Lokasi: lamet Riyadi St No.132, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

13. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi
Image Credit: Tribunnews.com

Tak lengkap rasanya ketika Anda berkunjung ke kota Solo namun tidak mampir ke Tengkleng Bu Edi. Tengkleng satu ini dapat dikatakan menjadi salah satu kuliner yang populer di Solo. Berada di gapura utara Pasar Klewer, kedai satu ini tidak menyediakan tempat duduk untuk pembeli dikarenakan tempatnya yang cukup terbatas. Namun, ketika Anda berada di tempat ini, maka Anda pun harus siap untuk mengantri karena meskipun tempatnya kecil, tengkleng ini telah memiliki penggemar.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

14. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies
Image Credit: Tribunnews.com

Untuk Anda yang merupakan penggemar salad, maka Anda pun wajib untuk menikmati sajian salad khas kota Solo ini. Memiliki rasa yang enak dan bercita rasa lokal maka Anda pun wajib untuk mengunjungi tempat ini, salah satunya adalah Warung Selat Mbak Lies yang populer. Untuk menu andalan dari warung ini tentunya adalah selat bistik yang sangat enak.

Dengan perpaduan dari irisan daging sapi, telur pindang, kentang, wortel, buncis dan selada yang dipadukan dengan acar mentimun. Nantinya Anda pun akan merasakan sensasi rasa segar dan sehat ketika menyantap hidangan ini. Tak lupa Anda pun juga bisa memesan es degan sebagai teman untuk menikmati kuliner satu ini. Dijamin, Anda pun akan ketagihan.

Lokasi: Jl. Veteran Gg. II No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta.

15. Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto
Image Credit: Surakarta.go.id

Dikenal dengan Restoran Laras, rumah makan ini merupakan salah satu wisata kuliner bernuansa Jawa yang bisa Anda temui di kota Solo. Dengan menyajikan menu andalan yakni Nasi Jemblung yang merupakan sajian istimewa kerajaan. Nasi satu ini nantinya akan disajikan dengan lidah sapi yang dimasak secara semur. Kemudian, disajikan dengan alas daun pisang. Sehingga akan membuat kuliner satu ini terlihat eksotis.

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.501, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

16. Bale Padi Resto

Bale Padi Resto
Image Credit: Inibaru.id

Menikmati sajian kuliner khas Solo yang berada di tengah hamparan sawah hijau akan menjadi salah satu pengalaman yang bisa untuk Anda rasakan. Nantinya, Anda pun akan bisa bersantap dengan kelaurga ditemani angin yang semilir. Menyajikan konsep menu tradisional, maka Anda pun akan bisa untuk menikmati tumis tahu, gulai kakap hingga empal gepuk ketika berada disini. Tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Jl. Ovensari Raya, Kadilangu, Bakipandeyan, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo

17. Bakso Alex

Bakso Alex
Image Credit: Aliefworkshop.com

Mencari kuliner bakso ketika sedang berada di Solo? Maka Anda pun bisa mencoba Bakso Alex yang berada di Jalan Gajah Mada. Bakso satu ini pun memiliki rasa daging sapi yang kuat sehingga tak heran tempat ini pun selalu ramai untuk dikunjungi pelanggan. Dengan kuah bening nan segar, Anda pun akan ketagihan untuk mencicipi kuliner satu ini. Ada berbagai menu yang bisa untuk Anda nikmati, mulai dari bakso tengkleng, bakso campur hingga bakso tahu.

Lokasi: Jl. Yosodipuro No.12B, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

18. Sosis Naga Widuran

Sosis Naga Widuran
Image Credit: Dhikainfo.blogspot.com

Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi makan sambil lesehan, maka Anda pun bisa mengunjungi Sosis Bakar Widuran. Tempat satu ini menawarkan sosos bakar dan jagung bakar beraneka rasa. Bahkan Anda pun bisa memilih level pedas yang berbeda beda tergantung dengan selera anda. Mulai dari level manis, pedas biasa hingga naga. Untuk Anda yang memesan level naga, maka Anda pun bisa memesan minum dalam jumlah banyak.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.13, Kepatihan Wetan, Kec. Jebres, Kota Surakarta.

19. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman
Image Credit: Tribunnews.com

Serabi satu ini memang sangat terkenal di daerah Solo. Sehingga bagi Anda yang sedang berada di kota ini, tak ada salahnya untuk mampir sejenak dan mencicipi kuliner tersebut. Ada dua varian rasa yang bisa Anda pilih yakni coklat dan original. Meskipun memiliki dua varian rasa saja, namun jajanan satu ini paling dicari oleh para wisatawan. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang oleh oleh serabi satu ini untuk keluarga di rumah.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta.

20. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret
Image Credit: Reservasi.com

Untuk Anda yang ingin mencoba kuliner malam, maka Anda pun bisa mampir ke Cafe Tiga Tjeret. Tempat satu ini menyajikan menu khas angkringan Jawa dengan memiliki nuansa yang modern. Ada berbagai minuman hangat yang bisa Anda nikmati di tempat satu ini, seperti wedang jeruk tape, wedang jahe dan juga lainnya. Anda pun juga bisa untuk menikmati nasi teri, nasi oseng dan juga berbagai macam gorengan yang akan mengenyangkan perut anda.

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

21. Timlo Sastro

Timlo Sastro
Image Credit: Youtube.com (culinary review)

Sebagian dari Anda pastinya masih asing dengan kuliner satu ini. Timlo adalh kuliner khas Solo yang berisi potongan beberapa lauk sperti ampela, ati, telur, daging dan lainnya. Disiram dengan kuah yang khas, maka makanan satu ini pun wajib untuk Anda coba ketika sedang berada di sini. Salah satu kedai Timlo yang cukup terkenal adalah Timlo Sastro yang berada di Pasar Gede Timur.

Untuk satu porsi timlo ini, biasanya akan dihargai yakni sekitar 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa mengunjungi timlo yang telah populer sejak tahun 1952 ini. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga setengah 4 sore. Uniknya lagi, ketika Anda bersantap secara langsung di tempat ini, Anda pun nantinya akan dihibur dengan live music keroncong yang memang telah dikontrak untuk menghibur pelanggan.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

22. Sate Buntel

Sate Buntel
Image Credit: Negerikuindonesia.com

Makanan khas Solo lainnya yang wajib untuk Anda coba adalah sate buntel. Terbuat dari daging kambing yang dicincang dan dibuntal dengan lemak daging ini memiliki rasa yang super lezat. Bagi Anda yang penasaran, maka Anda pun bisa mencobanya di Warung Sate Ibu Hj. Bejo. Ada beberapa menu yang tersedia di tempat ini mulai dari tengkleng dan juga gulai.

Lokasi: Jl. Monginsidi No.107, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

23. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu
Image Credit: Merahputih.com

Untuk Anda yang ingin mencoba nasi liwet yang enak, maka Anda pun bisa mampir ke Warung Makan Nasi Liwet wongso Lemu. Anda bisa menikmati seporsi nasi putih yang diletakkan di alas daun pisang. Dengan berbagai macam menu yang bisa Anda pilih dan diletakkan di atas nasi, maka Anda pun akan langsung bisa mencicipi hidangan lezat khas kota Solo ini.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

24. Gudeg Margoyudan

Gudeg Margoyudan
Image Credit: Cumibunting.com

Ingin makan gudeg di kota Solo? Tentu saja bisa. Wisata kuliner yang murah dan enak ini memiliki menu andalan yakni gudeg ceker ayam. Untuk menyantap hidangan ini, ada dua cara yang bisa Anda pilih yakni duduk di bangku yang telah disediakan ataupun lesehan. Ras gudeg yang manis dan gurih ini tentu saja akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya ketika sedang berada di Solo.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

25. Galabo

Galabo
Image Credit: IndonesiaKaya.com

Tempat wisata kuliner selanjutnya yang bisa untuk Anda kunjungi di kota Solo adalah Gladag Langan Bogan atau Galabo. Hanya buka di malam hari, maka Anda pun bisa mencoba beberapa makanan khas Solo seperti sate kere dan juga cabuk rambak. Dengan suasana yang nyaman dan beragam pilihan makanan, tempat satu ini pun menjadi lokasi yang cocok bagi Anda untuk mencari makan malam.

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Itulah beberapa tempat kuliner yang enak dan bisa Anda kunjungi ketika berada di Solo. Untuk soal harga, maka Anda pun tak perlu khawatir. Makanan khas Solo tersebut rata rata memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong Anda menjadi jebol. Sehingga, Anda pun tidak boleh melewatkan begitu saja kuliner tersebut.