Kuliner Nusantara memang tak pernah gagal memanjakan lidah penikmatnya. Berada di Sragen, Anda bisa mengunjungi tempat wisata kuliner yang direkomendasikan untuk menikmati hidangan dengan cita rasa yang khas.

Wisata mengunjungi wisata akan semakin lengkap jika sekalian wisata kuliner. Sragen Jawa tengah, mampu menghadirkan keduanya. Jika Anda singgah di kota satu ini, ada baiknya untuk menjajal menu kulinernya yang mempu menggugah selera. Berikut beberapa tempat kuliner di Sragen yang terkenal enak dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

1. Soto Girin

Soto Girin
Image Credit: Google Maps (Reza Nurwansyah)

Menu soto memang sudah begitu biasa, hampir di semua kota memiliki olahan soto sendiri. Entah berbeda bumbunya, dagingnya hingga kuahnya menjadikan soto di setiap kota begitu unik dan layak Anda coba. Menginjakkan kaki di kota Sragen Anda bisa mencicipi nikmatnya Soto Girin Sragen. Soto satu ini termasuk dalam jajaran makanan legendaris yang masih eksis.

Tempatnya memang sederhana, tetapi sudah sangat populer dan selalu jadi tujuan wisata kuliner utama di Sragen. Resepnya yang terjaga hingga saat ini menjadi alasan mengapa tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Ketika satu porsi soto tersaji di hadapan anda, Anda bisa mencium aroma rempah yang membuat perut makin keroncongan,

Di dalamnya terdapat irisan daging sapi, tauge dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Soto ini sudah tercampur dengan nasi putih yang berada di dasar mangkuknya. Kepulan asapnya mengundang untuk segera dicicipi, apalagi jika ditambahkan dengan jeruk nipis, kecap dan sambal. Pengunjung juga bisa memilih lauk pendamping yang banyak pilihan.

Lokasi: Jl. Sukowati, Dusun Kebayanan Sragen Manggis, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

2. Trancam Mbah Pin

Trancam Mbah Pin
Image Credit: Cupuwaturesto.com

Trancam Mbah Pin bisa dijadikan tujuan kulineran di Sragen selanjutnya. Menu satu ini terbilang menu yang sehat karena menggunakan bahan berupa sayuran. Trancam Mbah Pin kondang karena bumbunya yang begitu lezat dan juga sayurnya yang segar. Trancam sendiri merupakan makanan khas Jawa Tengah yang mirip dengan urap urap.

Sayuran yang digunakan biasanya berupa kacang panjang, daun kemangi, irisan sawi putih dan juga tauge. Semua sayuran dalam kondisi segar dan ditambahkan dengan bumbu kelapa parut. Disandingkan dengan nasi putih dan berbagai lauk pilihan, dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang. Kuliner legendaris ini juga dibanderol dengan harga yang ramah kantong.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Karang Duwo, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

3. Bothok Mercon Pembawa Berkah

Bothok Mercon Pembawa Berkah
Image Credit: Tanahnusantara.com

Apakah Anda pecinta makanan pedas? DI Sragen Anda bisa menemukan tempat kulineran yang dikenal dengan Bothok Mercon Pembawa Berkah. Sesuai namanya, bothok mercon ini memiliki cita rasa pedas tetapi bikin ketagihan. Perpaduan rasa pedas gurih yang dihasilkan berhasil mengundang siapapun untuk mencicipinya.

Bothok Mercon Sragen sendiri dibuat dari bahan ikan patin sebagai bahan dasarnya. Dan hal inilah yang membuat berbeda, karena umumnya bothok lainnya menggunakan bahan ikan teri atau kepala ikan. Selain karena rasanya yang enak, kuliner ini juga dibandrol dengan harga murah. Sehingga wajar jika dijadikan sebagai tempat kulineran andalan.

Lokasi: Tenggak, Kec. Sidoharjo, Kab. Sragen.

4. Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng
Image Credit: Google Maps (NKN Multimedia)

Sate juga menjadi makanan nusantara yang begitu mudah untuk ditemui. Bagi Anda penggemar sate, di Sragen Anda bisa mencicipi Sate Kelinci Pak Peng. Tempat kuliner ini memang terletak di lokasi yang strategis dan memiliki rasa kuliner yang nikmat. Daging satenya begitu lembut dengan bumbu spesial yang khas.

Sate yang dibakar, disiram dengan bumbu kacang yang begitu lezat. Bumbunya bahkan sudah meresap hingga ke dalam dagingnya. Anda akan disajikan dengan sate kelinci lengkap dengan potongan cabai dan bawang merah di atasnya. Dinikmati dengan nasi hangat tentunya akan menggoyang lidah. Tenang saja, harga sate di tempat satu ini tak akan membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Maospati – Solo, Lemahbang, Karanganyar, Kec. Sambungmacan, Kab. Sragen.

5. Rumah Makan Roso Joyo

Rumah Makan Roso Joyo
Image Credit: Google Maps (Anth Zhu)

Tempat makan yang juga tak boleh dilewatkan saat ada di Sragen adalah Rumah Makan Roso Joyo. Berada di jalur yang strategis, Anda bisa dengan mudah menjangkau tempat satu ini. Tempat kulineran ini juga sangat cocok untuk didatangi bersama sahabat atau keluarga Anda. Suasananya yang nyaman juga membuat siapapun betah lama lama di sini.

Selain suasananya yang seperti rumah, Anda juga bisa mencicipi berbagai menu yang dihadirkan. Menu yang ada di rumah makan ini kebanyakan merupakan menu Nusantara. Anda bisa menjajal menu ayam goreng kampung, gurame goreng atau bakar, sop ayam dan berbagai menu paketan lainnya. Harga yang ditawarkan juga termasuk ramah kantong.

Lokasi: Jl. Sukowati No.461, Dusun Kebayanan Widodo 2, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

6. Tongseng Pak Noto

Tongseng Pak Noto
Image Credit: Google Maps (Big Bro)

Wisata kuliner di Sragen yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Tongseng Pak Noto. Bisa dikatakan jika kuliner ini termasuk jajaran kuliner legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1995. Hingga saat ini Tongseng pak Noto masih menjadi tempat makan favorit masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Solo yang Murah & Enak

Rasa yang dihadirkan dalam menunya memang tidak pernah berubah dan membuat lidah begoyang. Yang membuat tongseng satu ini begitu berbeda adalah kuahnya yang berwarna coklat muda. Kemudian diatas kuah tongseng akan ditambahkan dengan tomat serta kol. Tidak hanya Tongseng, Anda juga bisa mencoba menu lainnya seperti garang asem maupun satenya.

Lokasi: Jl. Sukowati, Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

7. Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro

Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro
Image Credit: Gastroina.blogspot.com

Masih belum puas menjajal sate dan juga Tengkleng? Sragen masih memiliki tempat rekomendasi yang juga tak kalah terkenal. Tempat kulineran ini terkenal dengan rasa tengklengnya yang begitu lezat. Sekalipun satenya juga tak kalah nikmat, tetapi menu tengklengnya menjadi favorit pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Dalam satu porsi tengkleng, Anda akan disuguhkan 12 potong iga yang begitu menggoda. Anda juga bisa menemukan tongseng daging kambing, tulang, kikil, jerohan, hingga lidah kambing. Sate kambingnya juga tak kalah nikmat untuk Anda coba. Lokasinya yang strategis dan harganya yang ramah dompet membuat warung satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

8. Sate Kambing Widi

Sate Kambing Widi
Image Credit: Putratravel.net

Sragen memang banyak menawarkan menu kuliner kambing ataupun sate. Rasanya sudah dijamin nikmat dan membuat siapapun tak menyesal mencobanya. Masih belum puas menikmati sate, Anda bisa mengunjungi Sate Kambing Widi. Sate kambing tempat satu ini hampir tak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang tak diragukan.

Daging satenya begitu lembut dan juga empuk, bumbunya juga begitu pas. Menikmati sate kambing dengan irisan bawang merah dan juga tomat diatas ini, sangat pas dengan nasi yang masih hangat. Harga yang ditawarkan untuk kuliner ini juga tidaklah mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan rasanya, Anda tentunya tidak akan menyesal pernah mencicipinya.

Lokasi: Kec. Sragen, Kab. Sragen.

9. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur
Image Credit: Google Maps (Yohanes Henry)

Bakso menjadi kuliner yang begitu banyak penggemar. Bulatan bulatan daging dengan kuah yang sedap bisa dinikmati dalam segala macam kondisi. Di Sragen, Anda bisa mengunjungi Bakso Rusuk Palur untuk menikmati sajian bakso yang begitu nikmat. Bulatan bakso empuk ditambahkan dengan rusuk, membuat siapapaun yang mencoba ketagihan.

Sebenarnya, Bakso Rusuk Palur menawarkan banyak menu bakso. Mulai dari bakso rusuk iga, bakso tetelan hingga bakso biasa. Kuahnya yang bening tetapi lezat memang tidak bisa ditawar. Apalagi untuk mencicipi kuliner andalan Sragen ini, Anda tak perlu mengeluarkan budget yang besar. harga per porsinya hanya berkisar Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribuan saja.

BACA:  23 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Solo – Ngawi, Jetak, Sine, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

10. Ayam Geprek Sako

Ayam Geprek Sako
Image Credit: Google Maps (Rudi razer)

Siapa yang tidak menyukai sajian makanan dari ayam? Hampir semua orang menyukai olahan ayam yang memang bisa disajikan dengan banyak bumbu pilihan. Di Sragen Anda bisa mencicipi menu ayam berupa ayam geprek. Dan tempat untuk menikmatinya adalah Ayam Geprek Sako. Tempat makannya yang asri semakin menambah nikmatnya sajiannya.

Salah satu menu andalan yang banyak dipesan adalah Ayam Geprek dengan Sambel Koreknya. Selain mencicipi ayam geprek, Anda juga bisa menikmati berbagai menu nasi, masakan ayam, nila, bakso hingga masakan bebek. Tidak perlu khawatir akan harga, Ayam Geprek Sako membandrol menunya dengan harga yang sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.77, Kebayan 3, Sragen Kulon, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

11. Warung Makan Prasmanan Bu Djar

Warung Makan Prasmanan Bu Djar
Image Credit: Google Maps (harvian indharta)

Tempat makan selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Warung Makan Prasmanan Bu Djar. Rumah makan satu ini bisa dikatakan sebagai tempat makan yang kondang di kalangan masyarakat. Menu masakan jawa rumahan, menjadi andalan di rumah ini. Konsepnya prasmanan, Anda bisa memilih menu yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lokasi: Jl. Sukowati No.470, Dusun Kebayanan Sragen Manggis, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kab. Sragen.

12. Warung Pecel Mak Eto

Warung Pecel Mak Eto
Image Credit: Google Maps (anderiyantto Sfbird)

Sragen juga memiliki kuliner berupa pecel yang tak kalah nikmat dengan pecel dari kota lainnya. Warung Pecel Mak Eto menghadirkan pecel tumpang yang siap menggoyang lidah Anda. Pecel akan disajikan dengan lontong, ditambahkan dengan peyek maupun forengan. Harganya yang murah dan rasanya yang nikmat membuat kuliner satu ini diburu pecinta kuliner.

Warung sederhana ini berada di daerah Kawungsari yang juga begitu mudah untuk dijangkau. Yang membedakan pecel ini dengan pecel lainnya adalah rasa bumbunya yang sedikit pedas tetapi juga legit. Warung pecel ini buka dari pagi hingga siang hari saja, Anda bisa menjadikannya sebagai menu sarapan Anda.

Lokasi: Kec. Sragen, Kab. Sragen.

Itulah beberapa tempat kulineran favorit di Sragen yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa di antaranya sudah kondang dan juga legendaris. Cita rasa yang dijaga dengan resep rahasia membuat para pecinta kuliner datang lagi dan lagi. Mengunjungi kota Sragen, Anda bisa menjadikan beberapa tempat yang disebutkan sebagai tujuan kulineran Anda.