Inilah rekomendasi tempat wisata kuliner di Sukabumi yang terkenal enak dengan keunikan cita rasanya. Kota di Jawa Barat ini menghadirkan ragam makanan khas yang dijamin membuat lidah Anda bergoyang.

Sukabumi merupakan kota yang mudah diakses sehingga membuatnya ramai dikunjungi. Kuliner yang disajikan disana beraneka ragam dari makanan tradisional hingga kuliner kekinian yang disukai oleh anak-anak muda. Di Sukabumi terdapat tempat wisata kuliner sedap yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi

Bubur Ayam Bu Nut Siliwangi
Image Credit: Google Maps (shanty anggrahini)

Wisata kuliner pertama yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Sukabumi yaitu Bubur Ayam Bu Nut ini. Warung makan ini telah berdiri dan berkembang sejak awal tahun 1980 an. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Bubur Ayam Bu Nut menjadi semakin populer hingga sekarang menjadi warung makan bubur ayam yang melegenda di Sukabumi.

Tidak perlu mahal-mahal, harga satu porsi buburnya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 rupiah saja. Dalam satu porsinya, bubur ayam ini berisi bermacam topping seperti telur, jeroan ayam, dan emping. Tidak hanya menyediakan bubur, tempat makan ini juga menyediakan menu lain, diantaranya ayam penyet, sop buntut, dan nasi timbel khas Sunda.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

2. Mochi Kaswari Lampion

Mochi Kaswari Lampion
Image Credit: Google Maps (Ramdan Parid gozali)

Apakah Anda termasuk penggemar mochi? Jika iya, ada tempat yang harus Anda kunjungi di Sukabumi. Tempat wisata kuliner ini menyediakan mochi sebagai produk makanan andalannya. Mochi Kaswari Lampion ini sudah terkenal di Sukabumi dan menjadi salah satu sentra mochi paling terkenal dan enak.

Toko Mochi Kaswari Lampion ini buka setiap hari mulai pukul 12 siang sampai 10 malam. Anda bisa memilih berbagai varian mochi yang memiliki rasa unik, seperti mochi dengan isian blueberry, durian, keju, dan kacang hijau. Tidak seperti toko mochi pada umumnya yang hanya menyediakan rasa original dan coklat

Lokasi: Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

3. Praline

Praline
Image Credit: Google Maps (Tjoema Asri)

Jika Anda ingin berwisata kuliner dengan nuansa modern seperti cafe atau semacamnya, Praline bisa Anda jadikan pilihan. Tempat ini terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda yang menyediakan berbagai kuliner lezat dengan menu makanan berat, camilan, dan berbagai varian kopi.

Makanan dan minuman yang ada disini bisa dibilang cukup murah, mulai dari harga Rp 25.000 saja. Praline mempunyai konsep ruang yang minimalis dengan sentuhan klasik, dan juga ruangan indoor dan outdoor nya sangat menarik. Ini yang menjadikan praline cukup populer di kalangan anak muda karena tempatnya sangat estetik dan bagus untuk hunting foto.

BACA:  20 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.82, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

4. Butler Bar & Resto

Butler Bar & Resto
Image Credit: Google Maps (Louis Li)

Mirip dengan praline, Butler Bar & Resto juga merupakan tempat nongkrong kekinian yang berada di Sukabumi. Ruangan di tempat ini bertema modern dan retro, serta dihiasi berbagai pernak-pernik yang bisa membuat Anda ingin untuk berfoto-foto disini. Anda bisa memilih spot foto jadul, foto dengan motor klasik, dan patung dinding yang tentu membuat Anda betah.

Menu favorit yang ada di restoran ini adalah Lasagna Roll, sangat wajib untuk Anda coba. Makanan ini adalah roti yang berbentuk hotdog dan terdapat daging cincang di dalamnya dan taburan keju di atasnya. Resto ini biasa buka pada jam 11 siang hingga 11 malam, namun pada hari sabtu dan minggu tutup pada pukul 12 malam.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.111, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

5. Piscok Cakra

Piscok Cakra
Image Credit: Google Maps (Diana Sajuthi)

Bagi Anda penggemar pisang atau makanan olahan pisang lainnya, wajib nih datang ke Piscok Cakra yang ada di Sukabumi.Disini Anda dapat menikmati aneka piscok dengan varian rasa yang bermacam-macam. Dengan harga yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan pisang coklat ini dengan mudah dan bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan saudara saat pulang ke rumah nanti.

Lokasi: Jl. A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

6. Saung Kapinis Cafe & Resto

Saung Kapinis Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Saung Kapinis Cafe & Resto)

Restoran ini terkenal sebagai tempat meeting point untuk pecinta olahraga arung jeram. Kapinis Resto adalah restoran yang menyediakan beragam makanan khas Sunda yang lezatnya tidak perlu diragukan lagi. Selain arung jeram, Anda bisa bermain pitball sambil menunggu makanan selesai dihidangkan. Di tempat wisata kuliner ini Anda tidak hanya bisa mencicipi kuliner tapi juga beragam aktivitas.

Konsep restoran ini terbuka membuat suasana di Kapinis Resto ini begitu asri dan sejuk. Menu makanan yang ditawarkan adalah menu khas Sunda yang sering Anda temui di Sukabumi. Tempat yang nyaman dan harga yang terjangkau membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh pengunjung saat musim liburan tiba.

Lokasi: Sukaharja, Kec. Warungkiara, Kota Sukabumi.

7. Mie Ayam Bento

Mie Ayam Bento
Image Credit: Google Maps (Luki Setia)

Meski hanya warung mie ayam, jangan salah, warung ini bukan warung mie ayam biasa. Mie ayam bento ini sangat populer di Sukabumi. Yang menjadi ciri khasnya adalah Rasa kuahnya yang khas dipadukan dengan toping berupa sayuran, bakso dan bawang goreng.Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai Rp 10.000 hingga Rp 25.000, dan Anda sudah bisa menikmati seporsi mie ayam bento yang populer ini.

Lokasi: Jl. Mayawati No.59, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

8. Mamih Ungu Cafe and Resto

Mamih Ungu Cafe and Resto
Image Credit: Google Maps (Bernadet-The Detz-)

Mamih Ungu Cafe and Resto ini terkenal sebagai tempat makan kekinian yang menawarkan berbagai menu unik yang sangat layak Anda coba, terlebih bagi Anda yang menyukai makanan dengan nuansa tidak biasa. Makanan disini yang paling terkenal adalah nasi ungu dan nasi hijau nya yang enak dan komplit.

BACA:  16 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Paling Populer

Meski terkesan warnanya aneh, pewarna yang digunakan pada nasi tersebut merupakan pewarna dari bahan alami. Tidak hanya nasi ungu dan hijau, menu lain yang ditawarkan adalah berbagai jenis kopi, makanan khas Sunda, dan beberapa menu western. Anda bisa mencoba semuanya untuk mengetahui keunikan rasanya.

Lokasi: Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

9. Oma Suki Cafe

Oma Suki Cafe
Image Credit: Google Maps (Oma Suki & Cafe)

Siapa disini yang merupakan pecinta makanan Jepang? Di Sukabumi, jika Anda berniat untuk mencari menu masakan khas Jepang, Anda bisa mengunjungi Oma Suki Cafe. Di tempat ini, Anda bisa menjajal berbagai makanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Disini pengunjung bisa memasak sendiri makanannya. Konsep yang unik, bukan?

Bagi Anda yang masih pertama datang ke tempat ini, menu yang direkomendasikan adalah sukiyaki, yaitu makanan rebus khas Jepang yang berisi beragam bahan makanan yang direbus dengan kuah yang lezat dalam satu tempat. Oma Suki Cafe buka setiap hari, mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Sehingga Anda bisa datang kapan saja ketika perut minta untuk diisi kembali.

Lokasi: Jl. Raya Sukabumi No.8, Cibadak, Kec. Cibadak, Kota Sukabumi.

10. Restoran Sunda Rasa

Restoran Sunda Rasa
Image Credit: Google Maps (Agustine Fitriyah Muchlis)

Seperti namanya, restoran ini menyajikan menu-menu khas Sunda, seperti sup buntut, pepes ayam, nasi timbel, dan beragam tumisan. Restoran ini buka setiap hari dengan jam buka mulai 10 pagi hingga 9 malam. Anda tidak perlu susah-susah menjangkau tempat makan ini karena terletak di pusat kota Sukabumi.

Restoran ini hampir sama dengan restoran pada umumnya, tetapi di restoran ini memiliki ruangan yang lebih luas agar dapat menampung banyak pengunjung. Sangat cocok jika kesini bersama dengan keluarga besar. Restoran ini juga sering dijadikan rekomendasi bagi mereka yang ingin merasakan masakan khas Sunda, karena menawarkan cita rasa khas Sunda yang kental dan lokal.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.68, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

11. Bakso Super H. Achmad Sudja’i

Bakso Super H. Achmad Sudja’i
Image Credit: Google Maps (Hans Jonahtan)

Jika Anda sedang berkunjung ke Sukabumi dan ingin menemukan tempat makan yang dekat dengan pusat kota, Anda bisa ke Bakso Super H. Achmad Sudjai ini. Anda tidak perlu repot-repot menyusuri banyak jalan untuk menemukan lokasi tempat makan ini. Bakso ini terletak di pusat kota sehingga menjadikannya destinasi wisata kuliner di Sukabumi yang begitu populer.

Seporsi bakso harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 16.000 saja. Bakso ini memang sudah populer di kalangan masyarakat Sukabumi, sehingga sayang jika Anda berkunjung ke Sukabumi namun melewatkan bakso ini. Buka dari pagi hingga malam hari, Anda bisa berkunjung kapan saja saat Anda ingin mengisi tenaga kembali.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

12. Kazoku Tei

Image Credit: Google Maps (anri hermawan)

Sama seperti Oma Suki Cafe, Kazoku Tei merupakan restoran yang menyediakan makanan khas Jepang. Restoran ini menyediakan konsep dan dekorasi yang modern serta minimalis, namun sangat estetik. Menu yang disediakan juga cukup lengkap, Anda bisa menikmati makanan berat Jepang seperti ramen, udon, dan shabu-shabu. Tersedia juga makanan ringan seperti takoyaki.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

Lokasi: Selabintana St No.36, Warnasari, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

13. Bandros Ata

Bandros Ata
Image Credit: Google Maps (yuariesty yoneda)

Wisata kuliner yang satu ini jangan sampai terlewatkan jika Anda sedang berada di Sukabumi, yaitu bandros. Di Sukabumi terdapat tempat makan yang menjual bandros yang sangat terkenal yaitu Bandros Ata. Tempatnya terletak di dekat stasiun Sukabumi. Meski tempatnya berada di pinggir jalan raya, namun rasa makanannya sangat lezat.

Kue bandros ini memiliki ciri khas rasa yang manis dan akan membuat Anda ketagihan sehingga ingin mencobanya lagi. Tekstur lembut dan padat kue bandros akan sangat lezat jika Anda makan di malam hari yang dingin sambil menikmati secangkir teh panas. Ingin mencobanya? Langsung saja datang ke Sukabumi.

Lokasi: Jl. Gudang No.4, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

14. Mr. Topi Kitchen

Mr. Topi Kitchen
Image Credit: Google Maps (Surya Gan)

Anda penggemar steak? Restoran Mr. Topi di Sukabumi ini terkenal dengan sajian wisata kulinernya berupa steak yang lezat. Bagi Anda penggemar masakan daging, Anda bisa mengunjungi tempat makan populer Mr. Topi Kitchen ini. Begitu terkenalnya, pengunjung dari restoran ini tidak hanya wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara.

Tempat ini buka dari pukul 12 siang hingga 10 malam. Tidak heran jika tempat ini memiliki rasa makanan yang sangat sedap, karena tempat ini dimiliki oleh seorang koki terkenal yang selalu menjaga cita rasa makanannya. Seporsi steak disini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 30.000 rupiah saja.

Lokasi: Jl. Sriwidari no. 92, Sriwidari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

15. Warung Nasi Ibu Yati

Warung Nasi Ibu Yati
Image Credit: Detik.com

Jika Anda sedang berwisata namun sangat ingin menikmati beragam kuliner rumahan, Anda wajib mencoba kuliner yang satu ini. Warung makan bu Yanti menyediakan kuliner rumahan khas Sukabumi. Salah satu makanan sederhana khas Sukabumi yang mempunyai citarasa enak bisa Anda temui di sana, salah satunya adalah sate jengkol.

Seringkali jengkol dimasak dengan cara disemur, namun berbeda di warung bu Yati ini. Sate jengkol ini terbuat dari jengkol yang ditusuk dan ditambahkan bumbu rempah yang beraroma sedap sehingga menambah kelezatan kuliner ini yang membuat Anda jatuh hati. Selain itu, masih ada makanan lain seperti lontong sayur, nasi kuning dan rendang daging.

Lokasi: Jl. Baru Sukaraja, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Kota Sukabumi.

Itulah daftar tempat kuliner di Sukabumi yang terkenal enak dan murah serta selalu dijadikan rekomendasi oleh wisatawan. Berkunjung ke suatu tempat dan mencari makanan yang lezat dan unik merupakan hal yang wajib dilakukan. Maka dari itu, jika Anda sedang berkunjung ke Sukabumi, sempatkan untuk mampir dan mencicipi rekomendasi tempat diatas. Selamat mencoba!