Liburan di Pulau Sumba menjadi lebih seru jika menikmati makanan khas yang lezat. Beragam tempat wisata kuliner di Sumba yang terkenal enak menggugah selera wajib Anda kunjungi.

Selain berkunjung ke wisata alam ataupun wahana yang seru, liburan juga akan lebih asyik kalau ditemani dengan makanan yang lezat. Salah satu wilayah yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Sumba. Tidak hanya tempat wisata yang menawan, pulau ini juga populer dengan sajian kulinernya yang tentunya akan menggugah selera.

Jika Anda penasaran tempat apa saja yang menyajikan kuliner yang enak, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Pulau Sumba yang wajib Anda tahu.

1. Warung Makan Gula Garam

Warung Makan Gula Garam
Image Credit: Travelinkmagz.com

Jika Anda berlibur ke Sumba, jangan lupa untuk mengisi perut di tempat makan yang satu ini yaitu Warung Makan Gula Garam. Rumah makan ini cukup populer dan juga banyak sekali ulasan bagus yang diberikan pelanggan lewat media online. Selain itu, lokasinya sangat mudah ditemukan dengan menggunakan peta digital yang ada di ponsel pintar. Hal ini akan sangat membantu jika Anda baru pertama kali menjelajah Sumba.

Daya tarik utama dari warung ini adalah menunya yang sangat beragam, mulai dari hidangan western hingga nusantara. Pasalnya, pemilik dari tempat makan ini berasal dari Perancis sehingga makanan yang ditawarkan bervariasi. Untuk kuliner barat, yang menjadi andalan yaitu pizza. Sedangkan makanan Indonesia yang tersedia adalah beragam menu nusantara khususnya dari Sumba. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan.

Lokasi: Jl. Soeharto Tambolaka, Desa Radamata, Kec. Tambolaka, Kab. Sumba Barat.

2. D’ Sumba Ate

D’ Sumba Ate
Image Credit: Google Maps (D’Sumba Ate)

Tempat makan selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah D’ Sumba Ate yang berada di kilometer 1 Jalan Ahmad Yani 148, Sumba. Cafe ini menjadi salah satu tempat makan favorit bagi masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. Pasalnya menu yang dihidangkan di tempat makan ini sangat beragam, mulai dari makanan Eropa seperti pizza dan pasta hingga kuliner nusantara lainnya.

Kualitas dan rasa kuliner yang disajikan di D’ Sumba Ate sangat memanjakan lidah meski dibanderol dengan harga yang terjangkau. Maka dari itu, banyak sekali peminat kuliner yang datang dan bahkan stok menu makanannya habis sebelum cafe tutup. Suasana yang nyaman juga menambah keunikan dari cafe ini, karena terdapat pilihan tempat duduk lesehan dan kursi. Sehingga Anda bisa bebas memilih tempat duduk sesuai keinginan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Sumba Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.148 A, Wailiang, Kec. Waikabubak, Kab. Sumba Barat.

3. Resto Maguro

Resto Maguro
Image Credit: Google Maps (Magu ro)

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dari pantainya saja, tetapi Sumba juga kaya akan hasil tangkapan baharinya. Salah satu tempat makan yang menghidangkan menu olahan ikan adalah Resto Maguro. Terletak di Karou, Loli, Waikabubak, Sumba, restoran ini menyajikan menu andalan yang berupa ikan khas NTT seperti ikan kuah kuning, ikan goreng, dan ikan bakar.

Untuk menyantap kelezatannya pun, budget yang Anda keluarkan tidak akan menguras kantong karena dibanderol dengan harga yang terjangkau. Menu yang disajikan sangat enak, bahkan banyak wisatawan yang sengaja mampir kesini dulu sebelum beranjak meninggalkan Sumba ketika berlibur. Apalagi jika Anda mengunjungi pada libur akhir pekan atau hari libur nasional, banyak sekali pengunjung yang datang untuk menikmati kuliner khas ikan dari Sumba.

Lokasi: Wee Karou, Kec. Loli, Kab. Sumba Barat.

4. Warung Makan Enjoy Aja

Warung Makan Enjoy Aja
Image Credit: Google Maps (Michael Christiawan)

Apabila Anda mengunjungi Sumba di NTT, belum lengkap rasanya jika Anda belum menikmati ikan kuah asam di pantai dermaga lama Waingapu. Di wilayah ini tersedia banyak warung makan yang buka dan menawarkan menu serba ikan dan olahan bahari lainnya seperti udang dan cumi – cumi. Lokasi makan di sini sangat strategis, karena persis di tepi laut. Jadi sembari menyantap makanan, Anda bisa mendengar bunyi ombak menenangkan.

Salah satu wisata kuliner yang paling ramai dikunjungi bagi penduduk lokal maupun luar daerah adalah Warung Makan Enjoy Aja. Hampir setiap malam warung ini sangat ramai dipenuhi dengan penikmat kuliner. Pasalnya, bahan yang digunakan untuk pengolahan hidangan semuanya didapat dari nelayan lokal dan masih dalam kondisi segar. Menu yang menjadi andalan di warung ini adalah ikan kuah asam dan juga ikan tenggiri bakar dengan sambal.

Lokasi: Kec. waingapu, Kab. Sumba Timur..

5. Pondok Daun Ubi

Pondok Daun Ubi
Image Credit: Google Maps (Ivan Veriswan)

Apakah Anda mencari tempat makan enak dan murah serta suasana yang nyaman di Sumba? Paket lengkap ini bisa Anda dapatkan jika mengunjungi Pondok Daun Ubi. Rumah makan ini memiliki konsep desain tradisional dengan dinding berbahan kayu. Terdapat dua tempat makan yang disediakan, yakni di dalam dan di luar ruangan. Untuk ruang indoor, interiornya sama dengan konsep restoran pada umumnya, sedangkan area outdoor memiliki desain gazebo.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sumba yang Paling Populer

Untuk pilihan menunya, Anda bisa menikmati hidangan aneka olahan ayam seperti saus mentega, ayam bakar, aneka olahan ikan dan makanan nusantara lainnya. Makanan yang disediakan merupakan kuliner yang tentunya akan disukai semua orang seperti nasi goreng dan mie goreng. Selain itu, Anda juga bisa memesan aneka makanan ringan seperti kentang goreng yang sangat cocok untuk dipadukan dengan minuman khas dari Sumba.

Lokasi: Jl. Pisang, Wee Karou, Kec. Loli, Kab. Sumba Barat.

6. PC Corner Café

PC Corner Café
Image Credit: Google Maps (Ony Decorner)

Tidak bisa dipungkiri bahwa Sumba merupakan salah satu destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya. Di sini banyak sekali tempat liburan dengan pemandangan alam yang indah sekaligus menawarkan wisata kuliner asyik. Salah satu tempat makan yang harus Anda datangi adalah PC Corner Cafe. Selain bisa mengisi perut setelah asyik berjalan jalan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menawan.

Pasalnya kafe yang satu ini berada di daerah tinggi, sehingga Anda dapat menyaksikan pemandangan alam di sekitarnya. Tentunya pemandangan ini juga diimbangi dengan menu lezat yang disajikan di PC Corner Cafe. Untuk menu makanan yang ditawarkan di sini sangat terjangkau dengan beberapa olahan makanan dari ikan khas Sumba, snack, hingga berbagai macam minuman seperti kopi dan lainnya.

Lokasi: Matawai, Kec. Waingapu, Kab. Sumba Timur.

7. Alam Hijau Resto

Alam Hijau Resto
Image Credit: Google Maps (Mira K)

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Alam Hijau Resto. Lokasinya sangat strategis karena hanya berjarak lima menit dari Bandara. Sesaat setelah mendarat atau beberapa jam sebelum kembali terbang, Anda bisa dengan mudah mampir ke restoran yang satu ini. Suasana yang asri dengan pepohonan rindang dan gazebonya menambah kenyamanan Anda ketika menyantap hidangan di sini.

Untuk menu yang ditawarkan, jangan khawatir, karena Restoran Alam Hijau Sumba menawarkan menu yang sangat lezat dan tentunya dapat dinikmati siapa pun. Anda akan disuguhkan dengan menu utamanya berupa olahan ikan dan cumi. Ada juga makanan nusantara seperti soto daging, nasi goreng, siomay dan aneka minuman. Tentunya jika tidak menyukai olahan ikan, Anda bisa memilih menu hidangan berbahan lainnya.

Harga yang dibanderol pada aneka menunya juga cukup terjangkau dan tidak akan menguras kantong penikmatnya. Untuk menikmati menu utama yang berbahan ikan, cumi -cumi dan daging, harga yang ditawarkan mulai dari lima puluh ribu saja. Sedangkan untuk aneka masakan sayur mulai dari tiga puluh lima ribu saja. Untuk minumannya juga relatif murah hanya mulai dari lima belas ribu saja per gelasnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kupang yang Murah & Enak

Lokasi: Radamata, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat.

8. Morinda Restaurant

Morinda Restaurant
Image Credit: Google Maps (ghofar aal)

Terletak di Kambiry, Bendungan, Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Morinda Restaurant sangat terkenal bagi kalangan wisatawan yang berlibur ke sini. Jika datang ke sini, Anda akan langsung disuguhkan dengan suasana restoran yang begitu indah. Lokasinya yang dikelilingi oleh pohon hijau dan rindang akan menambah kenyamanan Anda jika menyantap hidangan yang disajikan restoran ini. Menu yang dijual seperti nasi goreng, ikan bakar, dan kuliner nusantara lainnya.

Morinda Restaurant merupakan tempat makan yang menawarkan pemandangan indah alami dengan hidangan yang tentunya lezat. Meskipun disuguhi dengan pemandangan menawan dan makanan yang enak, bukan berarti harganya mahal. Restoran ini menyediakan menu hidangan dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa menu makanan tersebut bahkan menjadi ciri khas, sehingga hanya bisa ditemukan di sini.

Lokasi: Kiritana, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur.

9. Restoria Cafe Sumba

Restoria Cafe Sumba
Image Credit: Youtube.com (Alvred Adhiel Kitu)

Restoria Cafe Sumba merupakan tempat makan yang berada di Jalan Ahmad Yani nomor 48 Sumba Barat. Jika ingin menyantap hidangan dari restoran ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya karena letaknya berada di tengah kota dan di pinggir jalan raya. Hidangan yang disajikan di sini seperti restoran pada umumnya. Namun yang berbeda adalah makanan khas asli dari Sumba berupa olahan ikan dengan harga cukup pas dikantong.

Lokasi: Maliti, Kec. Waikabubak, Kab. Sumba Barat.

10. FA Café

FA Café
Image Credit: Google Maps (Sobat Galaxy)

Jika menginginkan hidangan yang tidak terlalu berat dengan suasana resto yang nyaman, Anda bisa mengunjungi FA Cafe. Tempat ini sangat terkenal karena desain interiornya yang sangat unik karena hampir semuanya yang ada di sini terbuat dari KAYU. Hal tersebut akan menambah kenyamanan sambil menyantap makanan khas nusantara seperti nasi goreng, dan olahan ikan. Makanan yang dijual pun juga sangat kekinian dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Bhayangkara, Pada Eweta, Kec. Waikabubak, Kab. Sumba Barat.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Sumba yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa menikmati kelezatan dari berbagai macam hidangan olahan laut dengan rasa yang enak dan nikmat. Tidak usah khawatir soal harga, sebab tarif yang dibanderol di lokasi wisata ini juga sangat terjangkau. Dengan adanya wisata kuliner tersebut, liburan Anda saat berada di Sumba akan semakin lengkap dan tentunya tak bisa dilewatkan begitu saja.