Mengunjungi Sumedang terasa kurang lengkap jika tidak berburu makanan khasnya. Hadirnya beberapa tempat wisata kuliner di Sumedang yang terkenal bisa membuat lidah dan perut Anda dimanjakan dengan kelezatannya.

Cita rasa kuliner tanah air memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Rasanya tidak lengkap mengunjungi suatu daerah tanpa menikmati kuliner. Seperti jika Anda mengunjungi Sumedang, ada banyak wisata kuliner yang bisa Anda jajal untuk menikmati hidangan khas yang menggugah selera. Berikut beberapa tempat kulineran favorit di Sumedang yang terkenal murah tapi tetap memberikan sajian enak.

1. Soto Bongko Mang Onni

Image Credit: Google Maps (Kupat Tahu – Soto Bongko Mang Onni)

Kekayaan kuliner di Sumedang bisa Anda cicipi melalui salah satu menu kulinernya satu ini. Indonesia sendiri memang memiliki banyak jenis menu soto di setiap daerah. Umumnya setiap soto akan memiliki karakteristik sendiri. Entah dari tampilan, bumbu hingga rasanya akan berbeda dan memiliki keunikan tersendiri di lidah penikmatnya.

Sumedang memiliki kuliner andalan bernama Soto Bongko. Yang membedakan soto ini dengan lainnya adalah cara menikmatinya. Jika soto lainnya menggunakan nasi sebagai bahan karbohidratnya, maka Soto Bongko menggunakan lontong. Isian yang dihidangkan juga berbeda, isiannya lebih beragam.

Dalam satu porsi menu ini, Anda akan disajikan isian berupa tahu Sumedang, toge rebus dan juga potongan lontong. Setelah itu semua isian tersebut akan disiram dengan menggunakan kuah kari yang masih panas. Agar rasanya makin nikmat, akan ditambahkan dengan bawang merah di atasnya. Dan Anda juga bisa menambahkan kecap agar rasanya makin nikmat.

Biasanya kuliner satu ini akan dinikmati dengan tambahan emping yang renyah dan sambal agar ada sensasi pedasnya. Untuk menemukan Soto Bongko memang bukanlah hal sulit di Sumedang. Tetapi dari sekian banyak warung, Soto Bongko Mang Onni menjadi salah satu yang terkenal di kalangan pecinta kuliner. Harga yang ditawarkan juga murah, yakni mulai dari Rp. 15 ribu tiap porsi.

Lokasi: Jl. Raya Wado – Sumedang No.depan, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang.

2. Tahu Bungkeng Tegal Kalong

Tahu Bungkeng Tegal Kalong
Image Credit: Google Maps (CariMakan BDG)

Mengunjungi Sumedang tentunya tidak lengkap jika tidak mencicipi tahu Sumedangnya. Dan bagi Anda yang ingin mencicipi Tahu Sumedang super enak, maka Anda harus mengunjungi Tahu Bungkeng ini. Tahu Bungkeng sendiri menjadi salah satu legenda jika berkaitan dengan Tahu Sumedang. Sebab, tempat kulineran ini sudah ada sejak tahun 1917 lalu.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pangandaran yang Paling Populer

Dari sinilah cikal bakal tahu Sumedang ini muncul dan akhirnya begitu populer. Sekalipun sudah berusia tua, tetapi cita rasa tahu ini tidak pernah berubah. Tahu Sumedang yang ditawarkan begitu renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya. Rasa gurihnya juga akan membuat Anda ketagihan setelah mencicipinya.

Menikmati Tahu Sumedang dari Tahu Bungkeng yang masih hangat tentunya tidak akan bisa dilewatkan. Anda bisa menikmatinya bersama dengan cabe rawit, atau langsung dimakan. Bahkan beberapa juga ada yang menikmatinya dengan ditemani lontong. Meskipun sudah legendaris, harga yang ditawarkan terbilang murah yakni sekitar Rp. 6 ribu untuk 10 pcs tahu Sumedangnya.

Lokasi: Jl. Sebelas April No.53, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang.

3. Kunst House

Kunst House
Image Credit: Google Maps (Anto Mahargianto)

Perjalanan rasa Anda di Sumedang masih belum berakhir. Anda masih harus mencicipi kuliner lainnya yang tak kalah menggugah selera. Mari lanjutkan perjalanan rasa Anda dengan mengunjungi Kunst House. Kunst House sendiri merupakan nama cafe yang terbilang hits di kota Sumedang. Dinamakan dengan Kunst House karena sesuai dengan tema yang diusung.

Tempat kulineran satu ini menonjolkan sisi kenyamanan dengan menu menu yang menggoyang lidah. Menu utama hingga kopi kopian bisa Anda temukan di cafe satu ini. Pelanggan yang singgah akan langsung dihadirkan dengan suasana ala rumah yang membuat betah. Apalagi sembari menikmati makanan atau minuman yang nikmat.

Di tempat satu ini, Anda bisa menemukan racikan kopi yang berasal dari produk lokal. Menu menu beratnya juga sudah terkenal akan rasa nikmatnya. Tak heran jika tempat satu ini tak pernah sepi pengunjung, terutama para muda mudi yang nongkrong. Menu ditawarkan dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 35 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Raya Jatinangor, Cikeruh, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang.

4. Bugen Pizza

Bugen Pizza
Image Credit: Instagram.com @bugen_pizzasumedang

Apakah Anda pecinta kuliner pizza? Jika iya maka Anda tidak boleh melewatkan nikmatnya Bugen Pizza yang berada di Sumedang. Kelezatan pizza ini bahkan sudah diakui, bahkan kini tempat kuliner di Sumedang ini juga sudah mengepakkan sayap hingga Kalimantan. Bugen Pizza yang merupakan produk lokal Sumedang ini memang memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khasnya bisa Anda lihat pada adonan roti yang digunakan. Adonan ini memiliki aroma yang lebih wangi jika dibandingkan dengan aroma pizza pada umumnya. Selain itu ada banyak varian topping yang juga ditambahkan dengan lumuran keju mozzarella. Kejunya yang melimpah, berpadu dengan lembutnya roti akan membuat Anda ketagihan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Paling Hits

Rasanya yang lezat rupanya tidak membuat panganan ini dibandrol dengan harga yang mahal. Anda bisa menikmati lezatnya pizza andalan Sumedang ini tanpa khawatir menguras kantong. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan hanya kisaran Rp. 20 ribu ke atas saja. Menu yang ditawarkan juga sangat unik, salah satunya pizza tahu Sumedang.

Lokasi: Jl. Raden Sadikin, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

5. Ladang View Sumedang

Ladang View Sumedang
Image Credit: Facebook.com @arsil.jamil

Menikmati sajian kuliner yang istimewa dan berada di tengah tengah kampung indah tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Di Sumedang Anda bisa merasakan pengalaman bersantap seperti ini dengan mengunjungi Ladang View Sumedang. Sajian kulinernya yang terkenal enak dan berpadu dengan sejuknya hawa pegunungan akan membuat lupa diri.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati aktivitas para petani sembari menikmati secangkir kopi nikmat. Untuk menu yang ditawarkan terbilang beragam dan merupakan menu tradisional. Anda bisa menikmati nasi liwet hingga Nganteruran atau nasi timbel yang nikmat. Tenang saja, menikmati kuliner di tempat ini tak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Margalaksana, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

6. Sate Iting

Sate Iting
Image Credit: Google Maps (Akhmad Hidayat)

Bukan hanya soto, Indonesia juga memiliki olahan bernama sate yang begitu kondang. Daging yang dimasak dengan cara dibakar ini memang memiliki rasa nikmat dan keunikan di setiap daerah. Begitu juga ketika Anda mengunjungi kota Sumedang, Anda akan menemukan kuliner bernama Sate Inting. Tempat kulineran ini sudah terkenal di kota Sumedang sendiri.

Suasana tempatnya yang nyaman dan bersih menjadikan tempat satu ini cocok untuk makan bersama keluarga. Lokasinya juga mudah untuk Anda akses dengan hadirkan menu sate yang beragam. Menu yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain, sate kambing tanpa lemak, sate sapi, sate ati kambing dan lainnya.

Bagi Anda yang tidak ingin menikmati sate, Anda juga bisa memesan menu lain seperti sop iga sapi, gule sapi, tempe mendoan, oseng kangkung, nasi goreng dan lain sebagainya. Dengan banyaknya menu yang ditawarkan, Anda bisa bebas memilih sesuai dengan selera Anda. Lagipula harga yang ditawarkan sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

Lokasi: Jl. Raya Cimayor, Bojongjati, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang.

7. Saung Teko

Saung Teko
Image Credit: Google Maps (Fanyanto E.C)

Tempat kulineran di Sumedang yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Saung Teko Sumedang. Tempat satu ini merupakan rumah makan Sunda yang banyak direkomendasikan dan menyediakan banyak menu makanan. Anda bisa menemukan menu seperti ikan nila, ikan mujair, masakan ayam, iga sapi hingga babat goreng.

BACA:  22 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Paling Hits

Memang menu makanan yang dihadirkan terbilang biasa saja, tetapi bumbu yang ditawarkan akan membuat siapapun ketagihan. Racikan bumbunya yang khas menjadikan Saung Teko menjadi tempat makan yang selalu banyak pengunjung. Harga yang ditawarkan untuk setiap menunya juga terbilang murah dan tak akan membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Raya Cimuja, Cimuja, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang.

8. Bakso Solo Mas Geong

Image Credit: Google Maps (Romi Hermawan)

Berada di Sumedang bukan berarti Anda tidak bisa menemukan bakso yang enak. Kulineran di kota satu ini, rasanya sayang jika melewatkan nikmatnya Bakso Solo Mas Geong. Bakso ini termasuk yang paling enak di Sumedang. Bukan hanya nikmat, rasa yang dihadirkan dalam setiap porsinya rupanya juga dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Nasional 5 No.480, Gudang, Kec. Tanjungsari, Kab. Sumedang.

9. Rumah Makan Joglo Sumedang

Rumah Makan Joglo Sumedang
Image Credit: Google Maps (RM Joglo Sumedang)

Resto dengan bangunan Jawa Tengah yang juga terkenal di Sumedang adalah Rumah Makan Joglo Sumedang. Tempat kulineran ini menyediakan banyak menu khas Sunda. Sekalipun dari luar tampaknya menyediakan menu khas Jawa Tengah. Kualitas akan rasa restoran ini sudah terkenal dari waktu ke waktu. Tak heran jika tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Menu yang disediakan cukup beragam, mulai dari nasi liwet, olahan bebek dan ayam, olahan berkuah, ikan spesial khas rumah makan ini hingga seafood. Bahkan Anda bisa menemukan olahan steak yang tak kalah menggugah. Selain memiliki harga miring dan rasa enak, rumah makan ini juga menyediakan fasilitas tambahan yang membuat pengunjung makin nyaman.

Lokasi: Jl. Raya Serang No. 333, Serang, Kec. Cimalaka, Kab. Sumedang.

10. Rumah Makan Sawargi

Rumah Makan Sawargi
Image Credit: Google Maps (Yusran Pare)

Rumah Makan Sawargi bisa Anda jadikan lokasi kulineran di Sumedang selanjutnya. Masih dengan menu khas Sunda yang sudah terkenal, dijamin Anda akan memiliki pengalaman kulineran yang tak terlupakan. Menu andalan mulai dari nasi timbel, karedok, ulukutek leunca hingga sop iga dan olahan ayamnya juara rasanya. Rumah makan ini juga tak mematok harga yang mahal.

Lokasi: Jl. Prabu Gajah Agung No.48, Situ, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang.

Sebenarnya, masih ada banyak tempat kulineran di Sumedang yang bisa Anda jelajahi. Namun yang telah disebutkan merupakan yang paling banyak direkomendasikan oleh para pecinta kuliner. Di Sumedang Anda bisa menemukan rumah makan yang telah melegenda dan juga tempat nongkrong asik yang juga hadirkan kuliner nikmat.