Mendengar nama Surabaya, mungkin akan langsung teringat dengan julukannya sebagai kota Pahlawan. Kota satu ini memang menjadi salah satu saksi perjuangan bangsa untuk merebut kemerdekaan. Membuat kota satu ini menarik untuk dikunjungi, bahkan Surabaya memiliki banyak tempat wisata sekaligus kulinernya.

Wisata kuliner kota Surabaya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan sekaligus memanjakan perut dan lidah anda. Simak ulasan tempat kulinernya yang terkenal lezat dan murah.

1. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye
Image Credit: Pergikuliner.com

Warung satu ini bahkan sudah masuk liputan televisi karena memang mengundang penasaran. Terutama bagi Anda yang menyukai cita rasa pedas maka harus mencoba kuliner satu ini ketika singgah di Kota Surabaya. Tempat kulineran satu ini memang sudah ada sejak tahun 1928, wajar jika rasanya tak lagi diragukan. Pelanggan nya bahkan selalu bertambah, sehingga Anda harus rela mengantri panjang ketika ingin mencoba sego sambelnya.

Sego sambel disajikan dengan berbagai lauk sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa memilih ayam, telur, maupun lauk lainnya. Nasi hangat dengan lauk pilihan akan disiram dengan menggunakan sambal pedas yang menggoda. Kuliner satu ini buka setiap malam hari hingga menjelang subuh. Sehingga ketika Anda ingin menghabiskan malam di Surabaya, tempat satu ini bisa jadi tujuan. Harganya juga terbilang murah, mulai dari Rp. 10 ribu tergantung lauknya.

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, RT.005/RW.06, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

2. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Image Credit: Lontongbalap-aslipakgendut.com

Lontong Balap merupakan sajian kuliner khas Surabaya yang juga tak boleh dilewatkan. Dan untuk membuat lidah dan perut Anda terpuaskan, Anda bisa mengunjungi Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lontong balap di warung satu ini sudah legendaris dan dikenal dengan rasanya yang nikmat. Satu porsi lontong balap disajikan dengan kecambah, irisan lontong, lento barulah disiram dengan menggunakan kuah segar. Harganya mulai Rp. 11 ribuan saja setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Kranggan No.60, Bubutan, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

3. Warung Cumi Waspada

Warung Cumi Waspada
Image Credit: Inijie.com

Apakah Anda pecinta cumi? Jika iya maka Anda harus menjajal menu cumi yang akan membuat lidah Anda terpuaskan. Warusng Cumi Waspada di Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1917. Rasa cumi di tempat satu ini tidak akan membuat Anda kecewa bahkan membuat ketagihan. Selain disebut dengan warung Cumi Waspada, banyak juga yang menyebutnya sebagai warung Nasi Pasar Atom. Karena memang dekat dengan pasar Atom Surabaya.

Nasi cumi merupakan menu andalan di Warung satu ini dan Anda tak bisa melewatkannya. Terdapat tiga pilihan menu, yakni biasa, komplit dan juga campur. Tentunya setiap menu akan memiliki perbedaan isi dari nasinya. Karena selain menjual cumi juga ada lauk lain yang tak kalah menggoda. Meskipun Warung Cumi Waspada ini buka selama 24 jam, Anda harus rela untuk mengantre panjang agar bisa menikmati nikmatnya nasi cumi kondang ini.

Lokasi: Jl. Waspada No.28, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya.

4. Nasi Krawu Mbuk Su

Nasi Krawu Mbuk Su
Image Credit: Mldspot.com

Nasi Krawu sebenarnya bukanlah makanan asli Surabaya, namun dari kota tetangga yaitu Gresik. Kedua kota ini memang berdekatan sehingga wajar jika ada penjual nasi Krawu di Surabaya. Nasi Krawu sendiri merupakan menu nasi yang ditambahkan dengan daging sapi, jeroan sapi, semur daging, serundeng serta sambal terasi. Uniknya nasinya merupakan nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang atau dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Paling Hits

Nikmatnya nasi pulen dengan gurihnya daging serta pedasnya sambal terasi memang tidak bisa ditolak. Nasi Krawu Mbak Su ini merupakan warung penjual nasi krawu yang memang sudah terkenal memiliki rasa yang nikmat. Mengingat resep yang digunakan merupakan resep turun temurun dari Bu Sufayah. Dimana nasi krawu ini memang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Anda juga tak perlu khawatir karena harganya terbilang murah yakni mulai Rp. 18 ribuan.

Lokasi: Jl. Raya Darmo Permai III No.12, Tanjungsari, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya.

5. Lontong Kupang Bu Wito

Lontong Kupang Bu Wito
Image Credit: Lontong-kupang-bu-wito.business.site

Selain lontong Balap, Anda juga tak boleh melewatkan nikmatnya lontong kupang. Makanan satu ini merupakan makanan tradisional dari Sidoarjo. Bahan dasar yang digunakan adalah kupang, binatang laut yang mirip kerang namun bentuknya lebih kecil. Kupang yang dimasak dengan bumbu khusus kemudian disiramkan pada potongan lontong, lentho dan kuahnya. Lontong Bu Wito adalah warung lontong kupang Surabaya yang dikenal enak dan juga murah.

Lokasi: Jl. Raya Tenggilis No.128, Tenggilis Mejoyo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya.

6. Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Nasi Bebek Tugu Pahlawan
Image Credit: Kompas.com

Warung kaki lima yang menyediakan menu bebek ini memang begitu terkenal di kalangan pecinta kuliner Surabaya. Lokasinya yang bersebrangan dengan Tugu Pahlawan membuatnya dikenal dengan nasi bebek Tugu Pahlawan. Nasi bebek di warung satu ini memiliki daging lembut dan sambal yang nikmat. Begitu dipadukan dengan nasi hangat Anda ketagihan, tenang saja harganya juga terjangkau yakni mulai dari Rp. 20 ribuan tiap porsinya.

Lokasi: Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

7. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu Telor Pak Jayen
Image Credit: Yuniarinukti.com

Tahu Telor atau yang dikenal dengan tahu tek memang menjadi kuliner Surabaya yang akan membuat wisata kuliner Anda makin menyenangkan. Dalam satu porsinya tahu tek, disajikan lontong, tahu goreng, kentang rebus, kecambah dan juga telur yang berisi potongan tahu. Setelah itu barulah disiram dengan bumbu kacang yang nikmat. Tahu telor Pak Jayen ini yang terkenal memiliki rasa mantap namun harganya ramah kantong.

Lokasi: Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

8. Nasi Sayur Pak Djo

Nasi Sayur Pak Djo
Image Credit: Tripadvisor.com

Menu satu ini sebenarnya begitu sederhana, dalam satu porsinya terdiri dari nasi putih hangat yang ditambahkan tumisan mie, daging cincang dan sawi hijau. Setelah itu ditambahkan dengan irisan timun. Namun Nasi Sayur Pak Djo ini sudah ada sejak 30 tahun lebih dan memiliki rasa yang begitu nikmat. Belum lagi harganya yang terjangkau, membuat pelanggannya selalu berdatangan. Satu porsinya dibandrol mulai Rp. 9 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Embong Blimbing No.1, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

9. Soto Madura Tapak Siring

Soto Madura Tapak Siring
Image Credit: Pergikuliner.com

Rasanya memang tak lengkap jika mengunjungi suatu daerah tak mencicipi soto andalannya. Mengingat Indonesia memiliki banyak olahan soto, di Surabaya ada Soto Madura Tapak Siring yang terkenal dengan rasanya yang mantap. Menggunakan daging sapi sebagai isiannya beserta jeroan atau babat yang terkenal empuk. Menikmati soto madura ini akan membuat Anda ingin tambah, harganya berkisar dari Rp. 26 ribu tiap porsinya tergantung isiannya.

Lokasi: Jl. Residen Sudirman No.55 B, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

10. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator
Image Credit: Panduaji.net

Berjalan jalan di sekitaran taman Bungkul, Anda harus menjajal kelezatan kuliner satu ini. Rawon Kalkulator sebenarnya memiliki nama Warung Sedap Malam, namun karena cara kasir yang menghitungnya begitu cepat. Inilah yang membuatnya dijuluki Rawon Kalkulator, padahal kasirnya tak menggunakan kalkulator. Pengunjunga rawon satu ini juga tak pernah sepi, mengingat selain rasanya yang nikmat harganya juga ramah dengan kantong anda.

Lokasi: Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

11. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul 1992
Image Credit: Openrice.com

Tempat kulineran satu ini, mungkin Anda sudah mengenalnya karena cabangnya memang sudah ada di kota kota besar Indonesia. Kuliner yang legendaris ini memang sudah ada sejak tahun 90an dengan rasa yang tak akan mengecewakan. Meskipun dari Pandaan, Anda tetap bisa menemukan warung makan ini di Surabaya. Menu kepiting di tempat ini dihargai berdasarkan berat dari kepitingnya bukan dihargai setiap porsinya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya.

12. Lontong Mie Ny. Marlia

Lontong Mie Ny. Marlia
Image Credit: Thehungrydoctor.net

Kuliner di Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya memang lebih banyak menggunakan lontong untuk menggantikan nasi. Dan banyak sekali kuliner yang dibuat dari lontong yang harus Anda cicipi. Di Surabaya ada Lontong Mie Ny. Marlia yang rasanya tak akan membuat Anda kecewa. Yang membuatnya nikmat adalah adanya taburan udang rebon serta bawang goreg di atasnya. Ciri khas ini rupanya membuat sajian lontong mie semakin sedap.

Lontong mie termasuk makanan berkuah yang rasanya gurih dan nikmat. Dan dengan hadirnya udang rebon serta bawang goreng ini membuat rasanya makin gurih dan segar. Perpaduan mie, lontong serta sambal petis membuat panganan sederhana ini begitu nikmat. Selain menawarkan menu lontong mie, Anda juga bisa menjajal menu lainnya yang tak kalah nikmat. Menunya ditawarkan mulai dari Rp. 20 ribuan tergantung pilihan anda.

Lokasi: Jl. Bunguran No.45, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya.

13. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Nasi Goreng Jancuk Surabaya
Image Credit: Ksmtour.com

Nasi Goreng menjadi makanan yang begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Setiap kota dengan mudah kita mendapatkan olahan nasi yang sayangnya sulit ditolak ini. Ketika Anda singgah ke Surabaya, Anda harus mencicipi nikmatnya nasi goreng jancuk ini. Memang jika dilihat dari namanya terlihat berani. Namun itulah yang membuat nasi goreng ini banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner. Apalagi nasi goreng ini memiliki porsi jumbo yang membuat puas.

Bukan hanya memiliki porsi yang bisa dihabiskan oleh 4 hingga 5 orang, nasi goreng ini juga memiliki rasa yang pedas. Dalam sajian nasi goreng jancuk ini, terdapat berbagai isian seperti udang, telur, ayam serta bumbunya yang membuat rasanya makin nikmat. Pastikan Anda membawa teman atau keluarga, karena jika dinikmati seorang sendiri akan terlalu banyak. Harganya juga terbilang mahal sekitar Rp. 100 ribu namun bisa dibagi 5 orang.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.8-12, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.

14. Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan
Image Credit: Pergikuliner.com

Nasi campur merupakan kuliner yang begitu mudah ditemukan di Jawa. Dan jika Anda ingin menikmati nasi campur dengan rasa yang nikmat, Anda langsung saja datang ke Nasi Campur Tambak Bayan. Dalam satu porsi akan ada nasi dengan bihun coklat, daging ayam yang dimasak semur, potongan daging kemerahan, tahu dengan bumbu santan kuning serta sambal. Memang sedikit mahal, namun rasanya tak akan membuat Anda kecewa.

Lokasi: Jl. Ps. Besar Wetan No.5, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

15. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Image Credit: Pergikuliner.com

Kuliner di Kota Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah sate klopo. Sate ayam maupun sate kambing mungkin sudah familiar di temui. Namun di Surabaya Anda akan menemukan kuliner khas yaitu sate klopo. Dan Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih merupakan tempat untuk menikmati sate klopo yang begitu nikmat. Mengingat kuliner tempat kuliner satu ini memang sudah melegenda dan terkenal.

Mendengar namanya mungkin Anda akan mengira jika satenya dari buah kelapa. Padahal Anda tetap bisa memilih daging yang diinginkan, mulai dari daging sapi, sumsum, udang hingga daging ayam. Yang membedakannya, ada tambahan taburan parutan kelapanya pada daging tersebut. Membuat rasanya makin gurih dan nikmat jika dipadukan dengan bumbu kacang. Harganya mulai dari Rp.18 ribu tergantung dari daging yang Anda pilih.

Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

16. Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream
Image Credit: Kompas.com

Tak hanya bisa menikmati makanan berat saja, Anda juga bisa menikmati dessert yang begitu menggoda. Di Surabaya terdapat ice cream yang sudah melegenda dan sudah ada sejak tahun 1993. Bangunannya yang memiliki nuansa Eropa ini memang terlihat menarik dan menghadirkan pengalaman tersendiri. Yang jelas begitu Anda ingin wisata kulineran di Surabaya, Anda harus mampir ke Zangrandi Ice Cream dan mencoba sendiri es creamnya.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Murah & Enak

Cita rasanya yang klasik dan masih menggunakan bahan baku alami membuat penggemarnya tak pernah pindah ke lain hati. Beberapa menu favorit yang harus Anda jajal adalah Es krim soda, Mecodonia, Banana Split hingga Tutti Frutti. Panasnya kota Surabaya akan membuat cita rasa dari es krim ini semakin lezat. Tempat satu ini juga mudah untuk dijangkau dan harga yang ditawarkan terbilang terjangkau yakni mulai Rp. 33 ribuan.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

17. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay
Image Credit: Pergikuliner.com

Bebek Goreng Sinjay merupakan salah satu menu kuliner yang begitu populer di Surabaya. Arek arek Suroboyo sendiri juga memburu makanan dari bebek ini. Sehingga ketika Anda mengunjungi kota Surabaya, Anda harus mencobanya sendiri. Bebek yang dikenal dengan daging yang ulet tak akan Anda dapatkan jika menikmati hidangan di tempat ini. Sebab Bebek Goreng Sinjay memiliki daging yang empuk dan rasa yang gurih.

Jika dipadukan dengan nasi hangat dan sambal akan menjadi perpaduan yang membuat siapapun ketagihan. Dalam penyajiannya akan ditambahkan dengan irisan cabe merah serta mangga muda. Rasa pedas dan kecut memang menjadi kolaborasi yang tak akan bisa ditawar. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau, yakni mulai dari Rp. 23 ribu untuk setiap porinya. Harga tersebut sudah termasuk nasi dan juga es teh segar.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya.

18. Sate Ayam Lisidu

Sate Ayam Lisidu
Image Credit: Familygoers.com

Tempat kulineran yang tak boleh Anda lewatkan ketika di Surabaya adalah Sate Ayam Lisidu. Sate ayam ini merupakan sate yang begitu legendaris dan memiliki bentuk yang unik. bentuknya pipih membuat bumbunya cepat meresap. Pengipasannya juga dari bawa sehingga tersaji dengan bersih serta tak ada arang menempel. Sate Ayam Lisidu ini akan jadi wisata kuliner Surabaya yang akan membuat Anda ketagihan akan rasanya yang nikmat.

Lokasi: Jl. Musi No.48, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

19. Nasi Rawon Krengsengan Pak Pangat

Nasi Rawon Krengsengan Pak Pangat
Image Credit: Vickyfahmi.com

Rawon yang merupakan olahan daging dengan kuah kehitaman dan rasanya begitu nikmat. Tak hanya di Surabaya, mungkin Anda bisa menemukan rawon di beberapa kota di Jawa Timur. Dan ketika Anda di Surabaya, Anda bisa merasakan nikmatnya rawon di Nasi Pak Pangat. Tempat makan satu ini begitu terkenal dan kondang memiliki rasa yang nikmat dan dagingnya yang lembut. Terutama suwiran empalnya yang begitu khs rasanya.

Di tempat satu ini Anda bisa menikmati rawon dengan tiga menu, yakni menu krengsengan, rawon suwir dan juga rawon campur. Bukan hanya nasi rawon, Anda juga bisa mencicipi nasi campur serta nasi kresengannya yang tak kalah nikmat. Bumbunya yang tak terlalu kuat namun nikmat akan membuat Anda tak menyesal sudah mencobanya. Harga yang ditawarkan juga begitu bersahabat, yakni mulai Rp. 23 ribuan.

Lokasi: Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya.

20. Pecel Semanggi Dempo

Pecel Semanggi Dempo
Image Credit: Magazine.job-like.com

Sajian legendaris pecel semanggi memang menjadi panganan yang tak boleh Anda lewatkan. Pecel semanggi juga hanya bisa ditemukan di daerah Surabaya saja. Mengingat kuliner ini menjadi ikon dari kota Pahlawan ini. Daun semanggi merupakan sayuran yang ada dalam pecel unik ini. Semakin terlihat menggoda dengan hadirnya kerupuk puli yang lebar. Pecel Semanggi Dempo merupakan yang kondang dengan rasa nikmat dan harga bersahabat.

Lokasi: Jl. Dempo No.19, Petemon, Kec. Sawahan, Kota Surabaya.

Surabaya tak hanya menjadi kota yang penuh dengan cerita sejarah. Namun juga menawarkan wisata kuliner yang akan membuat pecinta kuliner termanjakan ketika berada di Surabaya. Beberapa warung sudah melegenda dan kondang dengan rasanya yang nikmat. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan kecewa dengan rasanya nanti. Saat mengunjungi Surabaya, kuliner manakah yang ingin Anda coba lebih dulu?