Tanjung Pinang menjadi kota yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak kuliner khas yang unik dan memiliki cita rasa lezat. Inilah deretan tempat kuliner di Tanjung Pinang yang wajib Anda kunjungi.

Selain tempat wisatanya yang memukau, wisata kuliner di Tanjung Pinang menjadi salah satu hal yang menarik minat wisatawan. Anda akan menemukan banyak tempat kuliner dengan menu khas yang mereka miliki. Tak hanya itu, pada umumnya makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang lezat dan khas untuk masing-masing tempat makan. Berikut rekomendasi kuliner hits di Tanjung Pinang yang bisa Anda pilih.

1. Akau Potong Lembu

Akau Potong Lembu
Image Credit: Google Maps (Agung JS)

Restoran pertama yang harus Anda kunjungi saat menginjakkan kaki di Tanjung Pinang adalah Akau Potong Lembu. Di tempat makan ini Anda akan disuguhkan banyak menu makanan dari hasil laut. Berlokasi dekat di Pelabuhan Sri Bintan Pura kisaran satu kilometer saja membuatnya cukup ramai dikunjungi oleh orang – orang yang sedang berlabuh di pelabuhan.

Anda bisa mengunjungi saat malam hari. Karena tempat makan Akau Potong Lembu ini akan lebih nikmat disantap pada situasi malam hari dan jam buka untuk restoran dari jam 6 sore. Akau Potong Lembu ini memiliki banyak menu pilihan seafood dengan harga yang terjangkau dan pastinya cita rasanya yang lezat. Tempat ini tidak pernah sepi dari para pengunjung.

Lokasi: Jl. Potong Lembu, Kemboja, Akau, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

2. Melayu Square

Melayu Square
Image Credit: Google Maps (Denes Gulyas)

Masih dengan makanan khas dari hasil laut di Tanjung Pinang, Anda bisa mengunjungi tempat kuliner ini untuk menikmati menu khasnya. Melayu Square menjadi salah satu tempat wisata kuliner paling populer di Tanjung Pinang. Banyak jenis makanan seafood hingga berbagai minumannya yang bisa Anda temui dan cicipi. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Tempat wisata kuliner ini terletak tak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Berbeda dengan konsep dari Akau Potong Lembu, tempat makan ini memiliki konsep pujasera. Konsep ini membuat suasana makan di tempat terbuka lebih berkesan dan menyenangkan. Pasalnya Melayu Square ini juga dikelilingi dengan taman. Tak heran banyak muda mudi yang nongkrong di tempat ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

Tanjung Pinang yang terkenal dengan alamnya yang menawan dan situasi lingkungannya yang indah bisa Anda temui di tempat ini. Pemandangan khas tepi pantainya akan membuat Anda merasa rileks berada di tempat ini. Akan lebih baik apabila Anda mengunjungi Melayu Square pada saat senja mulai datang. Indahnya warna jingga di langit menambah kesan memukau.

Lokasi: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

3. Sei Enam Seafood

Sei Enam Seafood
Image Credit: Google Maps (Benjamin Ong)

Kuliner khas dari Tanjung Pinang memang tidak akan jauh dari seafoodnya. Hasil laut di Tanjung Pinang cukup banyak dan tentunya dapat diolah menjadi makanan khas dengan cita rasa yang lezat. Salah satu tempat makan yang memiliki menu seafood lezat dan murah adalah Sei Nam Seafood. Restoran ini cocok Anda kunjungi pada malam hari atau saat senja.

Berlokasi di tepi pantai, membuat suasana saat makan di restoran ini terkesan romantis. Anda bisa menyantap menu makanan disini bersama kekasih sembari mendengarkan deburan ombak. Tak heran tempat ini bahkan dijadikan persewaan perayaan pengantin baru. Suasananya yang cukup bagus membuatnya banyak menarik perhatian wisatawan disini.

Lokasi: Jl. Raja H. Fisabilillah No.2, Kec. Batam Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

4. Pondok Makan Sarbana

Pondok Makan Sarbana
Image Credit: Google Maps (JWP)

Ingin merasakan sensasi makan diatas ombak tepi pantai? Maka tempat makan Pondok Makan Sarbana adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari restoran yang lain. Anda akan merasakan sensasi makan diatas perahu yang tentunya tetap merasa nyaman selama menyantap makanan. Konsep ini menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menuju tempat makan ini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan 10 menit dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Menu makanan yang paling populer di Pondok Makan Sarbana adalah ikan sembilang cabe ijo dan makanan seafood lainnya. Harga yang dipatok untuk setiap menunya juga masih terjangkau. Dengan cita rasanya yang lezat, pondok makan ini selalu ramai pengunjung.

Lokasi: Jl. Sultan Sulaiman, RT.02 / RW.09, Kampung Bulang, Kec. Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

5. Rimba Jaya

Rimba Jaya
Image Credit: Google Maps (Anggi ps)

Tempat wisata kuliner dengan harga terjangkau dan lezat memang cukup mudah untuk ditemui. Salah satunya yang menjadi rekomendasi adalah Rimba Jaya. Tempat makan ini selalu ramai setiap harinya dari sore hingga tengah malam. Ada ratusan pedagang yang memadati tempat ini dengan menu makanannya yang tentu beragam pilihan.

Anda bisa memilih makanan berat, camilan hingga berbagai jenis minuman. Berlokasi di Tanjung Pinang Barat yang tak jauh dari pusat kota, pedagang makanan disini disediakan tempat open space beratap. Sehingga Anda tidak perlu merasa takut kepanasan atau kehujanan. Dengan cita rasanya yang enak, harga makanan disini cukup terjangkau oleh berbagai kalangan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Gudang Minyak, Kemboja, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

6. Rumah Makan Alim

Rumah Makan Alim
Image Credit: Google Maps (Y A Y A N S A P O E T R A)

Rumah makan alim sangat populer di Tanjung Pinang, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestic maupun luar negeri. Tak sedikit pula banyak orang – orang berpengaruh di Tanjung Pinang menyantap makanan di rumah makan Alim. Rumah ini memiliki nuansa rumah panggung dengan budaya Melayu dan Tionghoa yang cukup khas.

Bagi Anda yang menyukai ikan kerapu, kakap kepiting dan olahan hasil laut dengan rasa yang beragam dari asam manis, pedas dan sebagainya bisa Anda temui disini. Terlebih dengan harga yang cukup terjangkau, tempat makan ini sering kali menjadi pilihan para wisatawan yang suka berkuliner. Akan lebih baik apabila Anda mendatanginya saat sore hari untuk menikmati keindahan sunset.

Lokasi: Jl. Pos No.6, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

7. Rumah Makan Crystal Fatima

Rumah Makan Crystal Fatima
Image Credit: Google Maps (Aulawi D N)

Berlokasi dengan Jembatan I Dompak, Anda bisa sembari melakukan wisata kuliner di Rumah Makan Crystal Fatima. Menu makanan khas dari olahan hasil lautnya, ada beragam jenis makanan dari asam pedas, bumbu kari, masak hitam dan berbagai jenis siputnya membuat tempat makan ini selalu dikunjungi wisatawan. Masakan dengan khas Melayu nya membuatnya begitu menarik.

Harga makanan di rumah makan Crystal Fatima ini cukup terjangkau. Anda bisa mendapatkan satu menu besar dengan harga kisaran 70 ribu saja. Ketika datang beramai ramai Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah karena disediakan paket makanan yang lebih terjangkau dari harga satuan. Anda bisa mengunjungi tempat makanan ini pada pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Lokasi: Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

8. Mie Tarempa

Mie Tarempa
Image Credit: Google Maps (Novita moddy)

Rekomendasi tempat kuliner selanjutnya adalah Rumah Makan Mie Tarempa. Anda bisa menemui tempat ini di daerah Panjaitan bagian timur Tanjung Pinang. Dengan menu mie asam pedas tongkol yang cukup populer di kalangan wisatawan, tempat makan ini selalu direkomendasikan bagi para pelancong. Menu mie di daerah Tanjung Pinang memang cukup populer.

Tak hanya banyak dikunjungi oleh masyarakat asli Tanjung Pinang, tempat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan luar kota maupun luar negeri. Olahannya yang cukup unik dan khas memikat banyak hati. Anda bisa mendapatkan seporsi mie disini dengan harga yang terjangkau. Jam buka untuk rumah makan ini dari setengah 7 pagi hingga 10 malam hari.

BACA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. D.I panjaitan KM 7, Melayu Kota Piring, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

9. Mie Lendir Pak Soemardi

Mie Lendir Pak Soemardi
Image Credit: Google Maps (Muhammad Iqra)

Kembali dengan menu mienya, restoran mie yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Tanjung Pinang adalah Mie Lendir Pak Soemardi. Tempat makan ini berada di Jalan Bintan Tanjung Pinang. Dengan mie kuning dan sayurannya, kuah dari mie ini cukup kental dan tentunya memiliki cita rasa yang khas. Kuah tersebut terdiri dari campuran kacang, gula aren dan terigu.

Tak heran tekstur dari mie tersebut akan kental dan berlendir. Bumbu yang lainnya juga cukup khas karena berasal dari resep turun temurun. Rumah makan Mie Lendir Pak Soemardi ini sudah berdiri sejak 1986, sehingga sudah tidak diragukan lagi mengenai cita rasanya. Anda bisa membeli seporsi mie lendir dengan harga yang cukup murah yaitu kisaran 8 hingga 10 ribu saja.

Lokasi: Jl. Bintan, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

10. Sop Tulang Pak Jenggot

Sop Tulang Pak Jenggot
Image Credit: Google Maps (IntanVhie ps)

Berbeda dengan menu menu sebelumnya, wisata kuliner di Tanjung Pinang ini wajib untuk Anda kunjungi. Rumah Makan Sop Tulang Pak Jenggot menjadi salah satu tempat kuliner yang berbeda dari restoran lainnya di Tanjung Pinang. Dengan menunya yang menyajikan non seafood membuat banyak wisatawan ingin mencicipi dan menyantap makanan Sop Tulang ini.

Dengan kuah yang segar ditambah perasan jeruk serta sambal, cita rasa yang tercipta sungguh nikmat. Tak hanya itu, semangkuk sop tulang yang Anda dapatkan akan tersaji daging tebal yang menyelimutinya. Daging ini pun sangat mudah dilepaskan dari tulangnya karena proses pengolahannya sangat baik. Anda bisa mengunjungi rumah makan ini pada pukul 8 pagi hingga 7 malam.

Lokasi: Jl. Wr. Supratman, Air Raja, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner favorit di Tanjung Pinang. Tak hanya terkenal dengan keindahan alam pantainya yang memukau, Tanjung Pinang memiliki tempat kuliner menarik yang menyediakan berbagai menu makanan khas dengan cita rasa yang enak. Bukan hanya cita rasanya yang enak, harga yang dimilikinya pun cukup terjangkau bagi para wisatawan.