Wisata Kuliner Tegal

Saat pertama kali mendengar kota Tegal, hal pertama yang akan terlintas di pikiran adalah tempat terbaik untuk berburu aneka kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Disebut sebagai surganya berburu kuliner, tidak heran jika kota yang berada di pesisir ini banyak disinggahi oleh para pelancong.

Untuk mencicipi aneka kuliner murah nan enak, berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata kuliner terbaik yang ada di kota Tegal.

1. Rumah Makan Pi’an

Rumah Makan Pi’an
Image Credit: Infotegal.com

Singgah di kota Tegal akan terasa kurang lengkap sebelum ke Rumah Makan Pi’an. Disini pengunjung bisa mencicipi kuliner legendaris bernama nasi Lengko, yang sudah terkenal akan rasanya yang mantap dan menggugah selera. Sudah berdiri sejak 1926 silam, hingga kini rasa dan kepopulerannya bahkan tidak pernah surut di hati para penggemarnya. Wajar saja jika tempat makan ini banyak direkomendasikan kepada para pelancong.

Nasi Lengko sendiri merupakan nasi yang ditambahkan dengan sayuran, bumbu kacang, irisan tahu, serta kerupuk mi sebagai toping di atasnya. Satu porsinya dirasa sudah cukup memuaskan perut yang kelaparan. Selain rasanya yang sedap, kuliner satu ini juga kaya akan gizi sehingga tidak ada kerugian ketika menyantapnya. Bahkan hanya dengan mendengar namanya, dijamin kamu sudah bisa membayangkan betapa sedapnya si nasi lengko.

Lokasi: Jl. Waringin No.35,kel, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

2. Warung Makan Sauto Pak Da’an

Warung Makan Sauto Pak Da’an
Image Credit: Infomakan.com

Selama ada di kota Tegal, jangan lupa mampir ke Warung Makan Sauto Pak Da’an untuk mencicipi aneka kuliner lezat yang dibuatnya. Sesampainya di warung makan ini, pelanggan akan disambut dengan banyaknya kendaraan yang tengah terparkir di bagian depan warung yang diketahui berasal dari berbagai daerah di tanah air. Dari sini saja sudah bisa mengetahui bahwa kepopulerannya, bahkan terdengar hingga ke berbagai daerah lainnya.

Bagaimana tidak, warung yang menyediakan soto tauco ini dianggap memiliki cita rasa unik dibandingkan di tempat lainnya. Perpaduan dari rasa manis, asin, dan sedikit asam pada kuahnya yang berwarna gelap menambah nafsu makan. Sedangkan isiannya sendiri terdiri dari irisan kol, daging ayam, tauco, serta daun bawang yang menambah kenikmatan kulinernya. Porsi satu mangkuknya saja dirasa cukup mengembalikan tenaga kembali.

Lokasi: Jl. Raya Talang No.320, RW.2, Wirantakan, Kec. Talang, Kab. Tegal.

3. RM. Sate Mendo Wendy’s

RM. Sate Mendo Wendy’s
Image Credit: Garnesia.com

Jika ingin mencicipi sate daging kambing berbeda dari biasanya, maka mengunjungi RM. Sate Mendo Wendy’s bisa menjadi pilihan tepat. Dagingnya diolah sedemikian rupa hingga terasa empuk dan memiliki cita rasa yang akan dirindukan, wajar saja jika wisata kuliner satu ini populer dikunjungi wisatawan bahkan dari luar daerah sekalipun. Bahkan setiap potong dagingnya dirasa pas, sehingga memudahkan untuk disantap.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Magelang yang Murah & Enak

Bukan hanya sate, disini pengunjung bisa memilih beberapa menu kuliner lainnya yang tidak kalah menggiurkan. Mulai dari garang asem, gule, hingga sop kambing siap disantap sekaligus menyenangkan perut yang sedaritadi keroncongan. Sedangkan menu favoritnya adalah sate kambing, yang biasa disantap bersamaan dengan garang asem maupun sop sebagai menu pendampingnya.

Lokasi: Jl. Letjen. Suprapto No.59, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

4. Tahu Murni Putra

Tahu Murni Putra
Image Credit: Garnesia.com

Tahu Murni Putra merupakan salah satu tempat terbaik lainnya untuk berburu kuliner lezat dan harga murah. Sesuai dengan namanya, disini kamu bisa membeli aneka olahan tahu khas dari Tegal yang rasanya akan membuatmu rindu untuk mengkonsumsinya lagi dan lagi. Contohnya saja seperti tahu aci, tahu pletok, hingga kerupuk tahu tersedia disini. Kuliner satu ini akan semakin sedap jika dikonsumsi bersama dengan keluarga maupun kerabat.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

5. Warung Makan Miraos

Warung Makan Miraos
Image Credit: Detik.com

Tampilannya memang sederhana bak warteg yang berada di pinggiran jalan, namun soal rasa tampaknya bisa diadu. Warung makan populer satu ini menyuguhkan aneka lauk pauk khas dari Tegal seperti nasi lengko hingga sego panggol. Hanya dibutuhkan satu gigitan saja, kamu akan dibuat ketagihan dan ingin segera menghabiskannya. Berkat rasanya yang luar biasa enak, wajar saja jika warung satu ini selalu ramai dikunjungi pelanggan setianya.

Tidak perlu khawatir warung akan tutup karena datang terlalu larut, pasalnya warung ini buka selama 24 jam penuh sehingga pelanggannya dapat menikmati masakannya kapanpun diinginkan. Sebagai pelengkapnya, pelanggan juga bisa mencicipi tempe mendoan yang terkenal akan rasanya yang gurih. Harganya bersahabat di kantong dan rasanya yang sedap, dijamin pelanggan akan pulang dengan puas dan hati senang.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.5, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

6. Restoran Pringsewu

Restoran Pringsewu
Image Credit: Rumah-makan-rizky-putra.business.site

Berkunjung ke Tegal bersama keluarga atau rombongan bersama rekan kerja ? Sepertinya Restoran Pringsewu bisa menjadi tempat berburu kuliner lezat dari Tegal yang sayang untuk dilewatkan. Alasan utama mengapa tempat makan ini begitu menarik bukanlah dari segi cita rasa kulinernya yang lezat semata, namun lokasinya juga cukup strategis dan mudah ditemukan. Menu yang disediakan pun cukup beragam, sehingga dapat dipilih sesuai selera.

Lokasi: Harjasari, Kec. Suradadi,  Kota Tegal.

7. Sop Kikil Bu Umi

Sop Kikil Bu Umi
Image Credit: Cyberspaceandtime.com

Ingin menikmati menu sop kikil kesayangan dan secara kebetulan berada di kota Tegal ? Tidak perlu terburu buru pulang, karena kamu bisa berkunjung ke Sop Kikil Bu Umi sebagai gantinya. Yang membuat sop kikilnya terasa berbeda dengan sop kikil pada umumnya, berasal dari kuahnya yang gurih yang berpadu tepat dengan kikilnya yang kenyal mampu membuat siapapun ketagihan.

Sedangkan kelezatan kulinernya sendiri, sebenarnya berasal dari bumbu yang digunakan saat proses pengolahannya. Sekali saja mencicipinya, maka kamu akan ketagihan bahkan ingin membungkusnya untuk bisa disantap lagi di rumah. Sajian kuliner tersebut akan semakin mantap, ketika disantap bersama dengan nasi putih pulen hangat dan minuman segar sebagai pelengkapnya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Tegal – Cilacap No.13, Pekauman Kulon, Kec. Dukuhturi, Kota Tegal.

8. Kupat Glabed

Kupat Glabed
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Jika secara kebetulan kamu sedang singgah alun alun kota Tegal, pastikan untuk mencicipi si Kupat Glabed. Kuliner satu ini sebenarnya kupat yang kemudian diberi kuah santan kental yang dicampurkan dengan tepung maizana. Sebagai pelengkapnya, sang penjual umumnya kan menambahkan dengan kerupuk mie di bagian atasnya sebagai toping. Agar rasanya semakin mantap, kuliner khas satu ini umumnya dikonsumsi bersama dengan sate Blengong.

Sudah ada sejak lama dengan kepopuleran yang tidak pernah surut, wajar saja jika warung makan sederhana ini selalu ramai. Apabila tertarik mencicipinya, kamu harus rela antri panjang untuk bisa mencicipi semangkuk Kupat Glabed. Beruntungnya penantian panjang tersebut akan terbayarkan dengan impas ketika sudah mencicipi kelezatannya yang tiada tara. Fasilitasnya pun cukup lengkap, sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

9. Rumah Makan Cempako Tegal

Rumah Makan Cempako Tegal
Image Credit: Pariwisataku.com

Berlokasi di daerah pesisir, tidak heran jika kota satu ini menyusuhkan aneka kuliner lezat dengan memanfaatkan hasil tangkapan lautnya. Apabila tertarik mencicipi aneka olahan lautnya, kamu bisa mendatangi Rumah Makan Cempako Tegal. Menu yang ditawarkan pun cukup beragam seperti ikan patin dengan cita rasa pedas, pepes patin, gulai tempoyak, hingga pindang patin siap menggoyang lidah.

Dikatakan sebagai surganya para pecinta patin, pasalnya menu yang ditawarkan memanglah didominasi dari olahan ikan patin. Meski demikian, masih ada beberapa menu yang bisa dipilih jika memang sedang ingin mencicipi jenis kuliner lainnya. Contohnya saja seperti menu empal, daging ayam, hingga menu sop buntut bisa ditemukan disini. Semua sajiannya tersebut dijamin memiliki rasa yang luar biasa sedap yang akan terus terbayang di kepala.

Lokasi: Jl. Raya Pantura Pemalang, KM 20, Demangharjo, Kec.  Warurejo, Kota Tegal.

10. Lontong Cap Go Meh Warung Ibu Wing

Lontong Cap Go Meh Warung Ibu Wing
Image Credit: Brebestegal.com

Nama warungnya identik dengan perayaan Imlek, meski demikian pelanggan bisa datang setiap hari untuk mencicipi kuliner lezatnya. Warung makan satu ini cukup populer berkat cita rasa kuliner yang disajikan sangat lezat bahkan sejak suapan pertama. Sedangkan tampilan pada sajian lontong cap go meh sendiri, hampir serupa dengan lontong sayur. Yang membedakan keduanya adalah dari segi rasa dan isian yang digunakan.

Lokasi: Jl. Waringin No.35, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

11. Bakso Rudal Tegal

Bakso Rudal Tegal
Image Credit: Twitter.com @Kabartegal1

Kuliner berkuah seperti bakso memang dapat ditemukan hampir di seluruh daerah yang ada di tanah air, namun tidak ada yang bisa menggantikan kelezatan unik yang ditawarkan oleh menu warung Bakso Rudal Tegal. Perbedaan dengan bakso pada umumnya, terletak dari ukurannya yang sebesar bola tenis. Sedangkan isiannya sendiri terdiri dari bihun, tauge, mie, irisan daun bawang serta bawang goreng.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Lokasi: Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

12. Iga Bakar Valentine

Iga Bakar Valentine
Image Credit: Infotegal.com

Wisata kuliner yang tidak kalah menarik untuk dicicipi ketika berada di kota Tegal adalah Iga Bakar Valentina. Menu kuliner satu ini diolah menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya, yang kemudian direbus lama hingga tekturnya lebih empuk ketika disantap. Sedangkan rasanya sendiri sudah tidak perlu diragukan, karena telah diolah menggunakan bumbu rahasia yang tidak akan ditemukan pada warung makan lainnya.

Jika sedang tidak ingin mencoba menu utamanya, masih ada beberapa menu lain yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mulai dari nasi rawon, soto, olahan ayam kampung yang disajikan bersama aneka minuman menyegarkan. Tidak perlu merogoh kantong hingga dalam, pasalnya menu kuliner populer ini dibandrol dengan harga bersahabat. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mencicipinya ketika berlibur kesana.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono 155 Rita Super Mall, Kemandungan, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

13. Warung Sate Sari Mendo

Warung Sate Sari Mendo
Image Credit: Jatengdaily.com

Singgah di kota Tegal akan terasa kurang lengkap sebelum berkunjung ke Warung Sate Sari Mendo. Menyajikan menu utama sate kambing muda yang diolah menggunakan bumbu rahasia, dijamin pelanggan akan merasa ketagihan. Selain unggul dari segi rasa, tekstur dagingnya pun terasa empuk namun juga gurih. Inilah mengapa warung sate satu ini sangat direkomendasikan oleh masyarakat sekitar.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

14. Rumah Makan Ikan Bakar Mekar Tegal

Rumah Makan Ikan Bakar Mekar Tegal
Image Credit: Septiyanidj.wordpress.com

Tempat makan murah meriah dengan rasa yang luar biasa enak, bisa ditemukan di Rumah Makan Ikan Bakar Mekar Tegal. Tempat makan satu ini menyediakan aneka olahan hasil laut segar yang dimasak dengan bumbu rahasia. Beberapa menu andalannya seperti ikan bakar, cumi saus asam manis, dan masih banyak lagi. Rasa kulinernya akan semakin mantap, ketika disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan sambal yang berhasil meningkatkan selera makanmu.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.43, RT.05/RW.07, Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

15. Warung Sate Kambing Tirus Family

Warung Sate Kambing Tirus Family
Image Credit: Kumparan.com

Berlibur ke kota Tegal dan secara kebetulan sedang mengidamkan makan sate kambing lezat ? Impian tersebut dapat diwujudkan hanya dengan mengunjungi Warung Sate Kambing Tirus Family. Berdiri sejak 1980 an, bisa dikatakan bahwa warung makan satu ini menjadi menu populer yang tidak lekang dimakan jaman. Keistimewaan utamanya, berasal dari tekstur dagingnya yang empuk dan terasa legit di lidah.

Lokasi: Jl. Kapten Sudibyo No.222, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

Perut mulai berbunyi saat melewati kota Tegal, jangan sia siakan kesempatan ini untuk mencicipi kelezatan wisata kulinernya. Pasalnya kota yang berlokasi di pesisir pantai satu ini terkenal sebagai surganya berburu kuliner dan siap memanjakan lidah dan perutmu. Dijamin masakan yang ditawarkan bisa menenangan perut kerocongan, terutama jika kamu sedang melakukan perjalanan panjang yang belum tentu menemukan tempat makan terbaik.