Kabupaten Tuban ternyata memiliki berbagai jenis kuliner khas yang terkenal enak untuk dicicipi. Inilah deretan tempat wisata kuliner hits di Tuban, Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan untuk menikmati sajian lezat.

Kuliner khas suatu daerah memang tak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati kuliner adalah Tuban. Daerah satu ini memang terkenal akan sajian masakan khasnya yang sangat enak. Untuk itu, apabila Anda sedang berlibur di Tuban, ada baiknya Anda juga bisa mencicipi hidangan yang lezat dari tempat kuliner populer berikut ini.

1. Warung Mbak Narti

Warung Mbak Narti
Image Credit: Google Maps (Tjiptomo Hidayat)

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Warung Mbak Narti. Jika dilihat dari namanya mungkin cenderung tidak menarik. Namun, ketika Anda melihat ragam menu yang disajikan oleh restoran ini tentunya akan membuat Anda ingin mampir. Rumah makan satu ini memiliki konsep tradisional modern.

Ada banyak olahan seafood yang lezat bisa Anda temukan di tempat satu ini. sebut saja seperti kepiting, lobster dan juga rajungan bisa Anda nikmati saat berada di rumah makan ini. tidak hanya itu saja, olahan seafood tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk soal rasa, Anda tak perlu meragukannya lagi karena menu makanan disini memang sangat lezat.

Lokasi: Jl. Manunggal, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kab. Tuban, Jawa Timur.

2. Warung Soto Sleko

Warung Soto Sleko
Image Credit: Google Maps (Wawan Setyo)

Hidangan soto memang menjadi menu favorit yang bisa Anda coba ketika sedang berada di kawasan yang ada di Indonesia. Seperti ketika Anda sedang menghabiskan waktu di Tuban, Anda bisa mencoba Warung Soto Sleko. Disini, Anda bisa menikmati lezatnya menu soto ayam dan juga ayam goreng.

Anda pun bisa menemukannya dengan mudah di daerah Bundaran Sleko. Bagi yang tertarik mengunjunginya, Anda bisa datang mulai pukul 5 sore karena rumah makan ini baru buka pada jam tersebut. Menu soto ayam yang ada disini menjadi andalan bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, tak mengherankan jika tempatnya selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.7, Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

3. Nasi Pecel Madiun Jalan Pemuda

Nasi Pecel Madiun Jalan Pemuda
Image Credit: Google Maps (Tjun Sulestio)

Meskipun Anda tidak berada di Madiun, namun ketika Anda berada di Tuban hidangan satu ini bisa Anda jadikan menu untuk sarapan. Berlokasi di sekitar Jalan Pemuda, pecel satu ini memang sangat ramai oleh pelanggan yang mengantri. Jika Anda tertarik, maka Anda pun bisa mengunjunginya mulai pagi hari.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Lamongan yang Paling Populer

Hal ini dikarenakan tempat makan satu ini hanya buka dari pukul 6 pagi hingga siang hari saja. menu yang disediakan disini pastinya adalah pecel Madiun dengan bumbu kacangnya yang sangat khas. Apabila Anda berkesempatan makan di tempat satu ini, Anda pun bisa meminta rempeyek lebih banyak karena rempeyek disini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Lokasi: Jl. Pemuda No.18, Sidomulyo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

4. Es Bubur Sumsum Depan Toko Tetap Terang

Es Bubur Sumsum Depan Toko Tetap Terang
Image Credit: Facebook.com @iin.sagita.5209

Kota Tuban memang dikenal sebagai kawasan yang panas. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada dekat pantai dan di sisi utara pulau Jawa membuatnya memiliki hawa yang panas ketika siang hari. Untuk itu, ketika Anda sedang haus dan gerah di kala siang, es bubur sumsum mungkin bisa menjadi salah satu hidangan yang wajib Anda coba.

Bagi Anda yang sedang berada di Tuban, terdapat salah satu es bubur sumsum yang terkenal yakni letaknya di depan Toko Tetap Terang. Hidangan satu ini tidak hanya memiliki rasa yang segar melainkan cara pembuatannya masih menggunakan resep tradisional yang membuat cita rasanya sangat lezat.

Ketika Anda mencicipi es bubur sumsum ini, pastinya haus dahaga yang Anda rasakan langsung menghilang. Es bubur sumsum ini pun masih menggunakan bahan bahan alami, bahkan untuk gulanya sendiri juga masih murni tidak memakai pemanis buatan. Tak mengherankan rasanya masih otentik dan pastinya lezat.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sidomulyo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

5. Mak Mbing Opor

Mak Mbing Opor
Image Credit: Google Maps (Liyek Ayoe)

Jika Anda mengira bahwa opor ayam yang ada di rumah makan ini sama dengan opor ayam yang biasanya Anda konsumsi, tentunya salah besar. Sebab, Mak Mbing Opor memiliki menu opor ayam yang berbeda dari biasanya. Di rumah makan ini, pembuatan opor tersebut masih menggunakan resep tradisional.

Hal inilah yang menyebabkan rasa dari opor ayam tersebut sangat enak dan berbeda dengan opor ayam yang lain. Jika biasanya Anda mendapati kuah dari opor ayam tersebut berwarna kuning, namun di Mak Mbing Anda akan mendapatkan kuah opor ayam dengan warna yang berbeda.

Sebab kuah opor ayam disini memiliki warna kuning kemerahan. Sedangkan untuk jenis ayam yang biasa digunakannya adalah jenis ayam kampung bukanlah ayam potong. Sehingga kuah kaldu ayamnya pun akan memiliki rasa yang sangat gurih. Selain itu, cara memasak opor ini, ayamnya akan terlebih dahulu dibakar. Hal inilah yang menyebabkan rasa dari opor ayam satu ini berbeda.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Lumajang yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.23, Ronggomulyo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

6. Ayam Panggang Tirtomoyo

Ayam Panggang Tirtomoyo
Image Credit: Google Maps (Primawan Wisda)

Ayam panggang menjadi salah satu hidangan khas yang banyak disukai oleh banyak orang. Jika Anda sedang berada di Tuban, wajib hukumnya untuk mencoba Ayam Panggang Tirtomoyo. Rumah makan ini tidak hanya menyajikan ayam dengan rasa yang lezat saja. Anda juga akan disuguhkan dengan menu ayam yang masih segar sehingga dagingnya pun akan terasa lebih gurih.

Hal ini dikarenakan ayam bakar tersebut baru diolah ketika pengunjung memesan. Sehingga dibutuhkan kesabaran untuk bisa menyantap hidangan yang enak ini. ayam panggang yang dimasak dengan menggunakan bumbu pedas ini tentunya akan memiliki cita rasa yang unik dan berbeda.

Oleh karena itu, bagi Anda penggemar ayam panggang, tentunya wajib datang ke rumah makan satu ini. ayam panggang yang lezat tersebut akan sangat pas apabila disantap dengan sepiring nasi hangat. Karena rasa ayamnya yang enak, rasanya satu piring nasi saja tidak akan cukup untuk Anda.

Lokasi: Krajan, Bektiharjo, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

7. Warung Cak Wi

Warung Cak Wi
Image Credit: Google Maps (Fahrizal Ardiansyah)

Rumah makan yang terbilang cukup sederhana ini juga wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Tuban. Namun jangan salah, meskipun bukan salah satu rumah makan yang mewah, Anda pun akan mendapati banyak pelanggan yang datang ke tempat satu ini. hal ini dikarenakan terdapat salah satu menu andalan yakni pepes belut.

Jika Anda merupakan penggemar makanan pedas, sebaiknya Anda jangan sampai kelewatan untuk mencoba makanan satu ini. oleh karena itu, Anda pun bisa mampir dan menyantap hidangan ini dengan menggunakan nasi jagung. Kedua menu andalan tersebut dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Pemuda, Krajan, Sambonggede, Kec. Merakurak, Kab. Tuban, Jawa Timur.

8. Kari Rajungan Manunggal Jaya

Kari Rajungan Manunggal Jaya
Image Credit: Google Maps (Adi Ginanjar)

Saat Anda sedang berada di Tuban, jangan sampai melewatkan untuk mencoba rajungan. Hidangan satu ini memiliki rasa yang enak dengan cita rasa yang khas. Bahkan bagi Anda yang sedang mencari rumah makan khas yang telah tersohor, maka Kari Rajungan Manunggal Jaya adalah tempat yang bisa Anda tuju.

Menu rajungannya yang enak ini tentunya bisa Anda santap dengan sepiring nasi hangat. Tak hanya itu saja, jika Anda tidak terlalu doyan dengan olahan menu rajungan, di rumah makan ini juga terdapat beberapa menu lain yang bisa Anda pesan. Sebut saja seperti ikan tongkol dan ikan pe yang juga menjadi favorit para pelanggan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Manunggal No.100, Keduran, Panyuran, Kec. Palang, Kab. Tuban, Jawa Timur

9. Warung Bagong

Warung Bagong
Image Credit: Google Maps (Iwan Sujarwo)

Pernah mencoba cicipi menu dengan bahan dasar kodok? Jika belum dan Anda termasuk tipe orang yang penasaran maka Warung Bagong adalah tempat kuliner yang tepat. Sebab, rumah makan satu ini menyajikan menu kodok dan belut yang super lezat. Biasanya untuk menu kodoknya akan dimasak dengan bumbu tauco.

Sedangkan untuk menu belut di restoran ini akan dimasak dengan bumbu rica rica. Apabila Anda memang penggemar masakan pedas, maka olahan dengan menu rica rica akan menjadi menu yang wajib untuk Anda coba. Tak hanya itu saja, disini juga tersedia pilihan nasi jagung hangat yang bisa Anda nikmati.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba kelezatan daging kodok bisa mampir ke rumah makan satu ini. Salah satu rekomendasi menu yang wajib Anda coba adalah belut rica ricanya. Sebab, bumbu rica rica yang ada di restoran ini sangat menggoda. Tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Majapahit, Tegalagung, Dukoh, Kec. Semanding, Kab. Tuban, Jawa Timur.

10. RM Rahayu

RM Rahayu
Image Credit: Foursquare.com

Tempat wisata kuliner lainnya yang wajib Anda singgahi saat berada di Tuban adalah RM Rahayu. Disini, Anda akan menemukan banyak sekali makanan khas Tuban. Namun, menu yang paling populer dan harus Anda cicipi adalah Garang Asem. Garang asem yang dijual di rumah makan ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan tempat lain.

Hal ini dikarenakan RM Rahayu tidak menggunakan santan di dalam garang asemnya. Sehingga Anda pun bisa menikmati garang asem dengan kuah yang bening. Selain itu, ayam yang dimasak dengan garang asem tersebut juga memiliki daging yang sangat lembut, Anda pun wajib untuk mencobanya.

Lokasi: Jl. Basuki Rachmad No.135, Doromukti, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Beberapa tempat wisata kuliner di Tuban tersebut memang memiliki berbagai macam menu favorit atau andalannya masing-masing. Sehingga ketika Anda sedang berada di kabupaten ini, ada baiknya jika mencicipi salah satu menu yang khas tersebut. Hal ini dikarenakan Anda belum tentu bisa menemukannya di daerah lain.