Wonogiri yang dikenal dengan Kota Gaplek ternyata memiliki berbagai macam tempat wisata kuliner yang terkena dengan cita rasa khas nusantara. Selain menyajikan sajian lezat, makanan yang ditawarkan juga sangat ramah di kantong.

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang mana tepat di perbatasan. Lokasinya yang cukup strategis membuat banyak wisatawan menjadikan tempat ini sebagai tempat bersinggah sebelum melanjutkan perjalanan. Sehingga banyak wisata kuliner yang ada di sekitarnya. Daripada penasaran, yuk simak rekomendasi tempat kuliner di Wonogiri yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Warung Pak Glinding

Warung Pak Glinding
Image Credit: Google Maps (kevinch)

Jika Anda mencari wisata kuliner yang populer, maka Warung Pak Glinding menjadi rujukan utama destinasi kuliner saat Anda berselancar di internet. Sebab, warung yang satu ini menyajikan berbagai macam menu masakan khas. Tetapi yang menjadi andalan dan paling digemari penikmat kuliner yaitu menu masakan ikan nila,

Anda bisa memesan berbagai macam olahan ikan nila, mulai dari nila goreng kremes, nila bakar, sampai pepes nila yang siap memanjakan perut Anda. Untuk mencapai lokasi warung ini pun Anda hanya perlu mengikuti jalan utama menuju Pracimantoro. Tak heran jika Warung Pak Glinding menjadi sangat ramai, terutama bagi pengendara yang ingin beristirahat sejenak.

Selain menyediakan berbagai macam pilihan menu ikan, ada juga lauk tambahan dan aneka gorengan yang bisa Anda pesan ketika bertandang ke warung yang satu ini. Demikian juga dengan menu minuman yang ditawarkan, mulai dari es teh, es soda gembira, sampai es buah dapat Anda pilih untuk menyegarkan dahaga.

Lokasi: JL Raya Wonogiri – Pracimantoro, KM.7, Jajar, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

2. Soto Kwali Daging Sapi Pinglan

Soto Kwali Daging Sapi Pinglan
Image Credit: Google Maps (Diana Wahyuni)

Apabila Anda singgah di Wonogiri, maka jangan sampai melewatkan kuliner lezat yang satu ini. Soto kwali daging Pinglan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa ditemukan pada kuliner di daerah lainnya. Sebab, soto kwali ini mempunyai tekstur dan kuah yang berwarna bening. Meskipun begitu, tetapi rasa kaldu sapinya sangat kuat dan tentunya gurih.

Di warung ini, Anda bisa memesan soto dengan beberapa tambahan lauk yang bisa dipilih. Anda dapat memilih menu lainnya, seperti soto kikil, soto, babat, soto paru, dan juga soto ayam. Tetapi yang menjadi menu andalan bagi penikmat kuliner tetap pada menu soto daging dengan kuah bening tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Klaten yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Bima X, Wonokarto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

3. Rumah Makan Prasmanan Pak To

Rumah Makan Prasmanan Pak To
Image Credit: Google Maps (Couple Travel)

Siapa yang tak suka dengan warung dengan konsep prasmanan? Tentunya makan di rumah makan prasmanan akan membuat Anda semakin bebas untuk menentukan seberapa banyak porsi yang Anda inginkan dalam sekali makan. Begitu juga dengan lauknya, Anda juga bisa memilih secara langsung dan tidak perlu malu meminta tambahan lauk kepada pelayan warung tersebut.

Konsep inilah yang diusung oleh Rumah Makan Prasmanan Pak To yang dilengkapi dengan berbagai macam pilihan. Anda bisa bebas menentukan makanan yang diinginkan mulai dari sate udang, ikan lele. Ada juga menu ayam bakar dan ikan bakar yang bisa dipesan dan cukup menunggu beberapa saat saja.

Lokasi: Jl. Raya Wonogiri-Ponorogo No.KM.4, Bulusulur, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

4. Rumah Makan Pak Jan

Rumah Makan Pak Jan
Image Credit: Google Maps (Damar Riyadi)

Rumah Makan Pak Jan memang tidak semegah tempat kuliner lainnya. Tetapi soal rasa tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Sebab, menu yang dihidangkan pada rumah makan ini sangat bervariasi. Anda akan disuguhkan dengan menu seperti ayam, lele, berbagai jenis lauk yang dibakar atau digoreng, tengkleng, tongseng, sate, dan gule.

Menu yang menjadi andalan bagi para pengunjung Rumah Makan Pak Jan yaitu ikan nila bakar. Meskipun demikian, bukan berarti menu yang lainnya tidak lezat. Sebab, bumbu ikan bakar nila yang ada di warung ini memiliki bumbu khas yang membuat rasanya meresap hingga ke dalam daging. Apalagi jika ditambah dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal yang menggugah selera.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Sukorejo, Giritirto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

5. Sate Ayam Ponorogo Pak Kabul

Sate Ayam Ponorogo Pak Kabul
Image Credit: Instagram.com @anaarfia

Salah satu wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi yaitu sate ayam Ponorogo Pak Kabul. Kuliner yang satu ini menyajikan sate dengan potongan daging ayam yang menyerupai fillet. Daging fillet yang dimaksudkan disini yaitu bagian ayam dada yang dipotong tipis, kemudian ditusuk dengan bambu. Untuk memasaknya pun sama dengan jenis satenya yang dibakar di atas arang.

Menu yang disajikan di warung Pak Kabul tidak hanya berupa sate saja. Pasalnya, Anda bisa menjumpai sate ayam yang dihidangkan dengan nasi atau lontong beserta bumbu kacang yang menjadi ciri khas Ponorogo. Jika Anda ingin menu variasi lainnya, maka juga tersedia kulit, ati ayam, telur dan kombinasi ketiga bahan tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pemalang yang Paling Populer

Jika Anda pecinta kuliner pedas, maka tidak usah khawatir karena warung ini juga menyediakan sambal dan cabe utuh sebagai tambahan rasa. Sementara itu, untuk menu minumannya tidak terlalu jauh berbeda dengan menu warung pada umumnya. Anda bisa memesan menu seperti es jeruk, es teh, jeruk hangat, teh hangat, dan lemon tea.

Lokasi: Jl. Salak 3, Gerdu, Giripurwo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

6. Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri

Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri
Image Credit: Google Maps (Sunarto Budihono)

Siapa bilang makan di angkringan mengharuskan Anda untuk makan di pinggir jalan dan duduk di bawah? Angkringan Sopo Ngiro di Wonogiri menyediakan tempat yang lebih nyaman dengan konsep interior khas Jawa yang unik. Meskipun begitu, tempat makan ini tidak melupakan poin penting dari angkringan yang menyakijan makanan di atas gerobak.

Hidangan yang disajikan di Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri ini meliputi berbagai masakan Jawa. Anda dapat mencicipi hidangan yang disajikan hanya mulai dari 3000 an saja per lauknya. Terdapat menu sego sambel pete, sego oseng jamur, sego ijo dan kuning. Sebagai menu pelengkap ada juga minuman tradisional seperti wedang uwuh, jahe, dan bir pletok.

Lokasi: Jl. Srigunting III No.7, Sukorejo, Giritirto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

7. Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota

Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota
Image Credit: Google Maps (dewi budiati)

Apabila Anda adalah salah satu penggemar menu olahan ayam, maka Anda dapat berkunjung ke rumah makan yang satu ini. Menu ayam goreng yang disajikan Rumah Makan Batas Kota memiliki tekstur daging yang empuk dengan tambahan kremesan yang renyah. Tak lupa disediakan sambal dan lalapan yang menambah cita rasa khas ayam goreng tersebut.

Sebagai saran Anda bisa mencicipi ayam goreng yang lezat ini tidak pada jam sibuk, seperti makan siang. Pasalnya, rumah makan ini selalu dipadati pengunjung pada jam tersebut. Selain karena banyak pegawai atau pekerja kantoran yang sedang istirahat, lahan parkirnya juga terbatas untuk pengendara motor ataupun mobil.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.59, Wonokarto Selatan, Wonokarto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

8. Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri

Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri
Image Credit: Google Maps (Hary Ismawanto)

Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri sekilas memang tidak jauh berbeda dari rumah makan lainnya. Tetapi menu yang ditawarkan di warung ini sangat unik dan beragam, mulai dari hidangan khas nusantara hingga Jawa Tengah. Bahkan ada juga menu yang disediakan, seperti makanan khas Indonesia Timur yaitu Papeda.

Tidak hanya itu saja, sebab Anda juga dapat menikmati berbagai olahan ikan bakar, seperti nila, mujair dan gurame. Selain hidangan ikan dan papeda, Anda juga bisa mencicipi nasi goreng gurame rica rica, kakap merah kuah kuning, coto Makassar, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap ada juga menu sambal yang bisa dipesan di Pondok Makan Murni Rasa Wonogiri.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Magelang yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Raya Solo – Krisak, Selogiri, Singodutan, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri.

9. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ayam Panggang Mbok Tiyem
Image Credit: Google Maps (imanuel agung)

Rumah makan Mbok Tiyem menyajikan menu primadonanya berupa ayam panggang. Apabila memesan menu ayam panggang di rumah makan tersebut, maka Anda akan disuguhkan dengan ukuran ayam yang cukup besar. Tidak hanya itu saja, makanannya lengkap dengan sambal, nasi hangat, lalapan sayur dan urap sayur sebagai pelengkap.

Tetapi jika Anda datang sendiri, wisata kuliner yang satu ini juga menyediakan menu porsi yang kecil untuk bisa disantap. Tentunya rasa ayam panggang ini begitu memanjakan lidah Anda karena diolah secara khusus sehingga empuk dan juga gurih. Tak lupa juga rasa yang paling berkesan di rumah makan Mbok Tiyem yaitu sambal terasinya.

Lokasi: Jl. Wonogiri-Ponorogo, Sambilor, Watangsono, Kec. Jatisrono, Kab. Wonogiri.

10. Padi Resto

Padi Resto
Image Credit: Google Maps (dWulandtere chan)

Dengan mengusung konsep modern dibandingkan dengan rumah makan sebelumnya, Resto Padi dapat menjadi pilihan Anda untuk mengisi perut jika bertandang ke Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di tengah kota cukup mudah ditemukan oleh siapa saja, bahkan bagi Anda yang baru saja datang ke daerah ini.

Makanan yang disajikan di Resto Padi merupakan hidangan khas nusantara, seperti nasi goreng, mie goreng dengan berbagai lauk yang bisa dipilih. Tidak hanya itu saja, Resto Padi juga menyajikan menu masakan mancanegara, seperti sup shanghai, sup tom yam, seafood, steak tenderloin, cumi goreng mayo, hingga tuna saus tiram.

Sedangkan untuk menu minuman yang disediakan juga bervariasi, mulai dari minuman standar kopi atau teh, hingga menu olahan unik seperti mocktail tropika juice. Selain itu, ada juga hidangan penutup khas nusantara, seperti es kacang hijau, es kelapa jeruk, es teler, es jelly logan dan lain sebagainya. Meskipun dengan standar rasa restoran, tetapi harganya cukup ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.175, Salak, Giripurwo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri.

Itulah beberapa tempat kuliner di Wonogiri yang menyediakan hidangan lezat dan tentunya ramah di kantong. Wisata kuliner tersebut bisa Anda pilih untuk memanjakan lidah dan perut ketika bertandang ke Wonogiri. Untuk soal rasa tidak usah khawatir karena masakan masakan tersebut merupakan hidangan khas nusantara yang dimasak dengan rempah pilihan yang berkualitas.