Selain memiliki keragaman budaya dan pesona alam, Wonosobo juga menyuguhkan beragam kuliner yang lezat. Inilah beberapa tempat kuliner favorit di Wonosobo yang menawarkan sajian yang enak serta harga yang ramah di kantong.

Sebagai salah satu daerah destinasi wisata yang cukup besar di Jawa Tengah, daerah Wonosobo selain memiliki berbagai objek wisata populer dan juga mempunyai banyak kuliner lezat yang bisa dicicipi. Apabila Anda berkunjung ke kota wisata ini, jangan lupa untuk menjelajahi wisata kulinernya yang terkenal menggugah selera. Berikut deretan tempat kulineran populer di Wonosobo yang bisa Anda kunjungi.

1. Rumah Makan Dieng

Rumah Makan Dieng
Image Credit: Google Maps (wdyactra)

Salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di wilayah Wonosobo, yaitu Dataran Tinggi Dieng. Letaknya yang berada di kaki gunung memang memberikan nuansa alami nan sejuk, yang menjadi daya tarik tersendiri. Sembari melihat pemandangan indah di sekitaran Dieng, Anda tidak boleh ketinggalan dengan kuliner lezatnya yang ada di sana.

Salah satu tempat kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan yaitu Rumah Makan Dieng, yang terletak di kawasan wisata Dieng. Sehingga Anda bisa menjangkaunya dengan cukup mudah saat berlibur di sana. Selain itu menu menu yang ditawarkan oleh tempat satu ini sangat khas, termasuk juga di dalamnya kuliner tradisional yang patut Anda coba.

Lokasi: Jl. Telaga Warna, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

2. Mie Ongklok Muhadi

Mie Ongklok Muhadi
Image Credit: Google Maps (Akwa Mulyawan)

Jika berkunjung ke Wonosobo, Anda tidak boleh melewatkan kuliner khasnya yaitu mie ongklok. Mie ongklok ini selalu menjadi favorit bagi para wisatawan yang sedang berlibur di kota tersebut. Salah satu tempat makan yang begitu populer dengan menu satu ini di antaranya adalah Mie Ongklok Muhadi, yang terletak di sekitaran Jalan Ahmad Yani.

Yang membuat Mie Ongklok Muhadi begitu populer adalah karena tempat satu ini sudah berdiri sejak tahun 1980 an, dan hingga kini kiprahnya di dunia kuliner tidak pernah surut. Menu andalannya tentu saja mie ongklok, dengan cita rasa yang legit dan gurih mampu membuat para pengunjung selalu kembali lagi kemari untuk mencicipinya.

Lokasi: Jl. A. Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

3. Mie Ongklok Bu Umi

Mie Ongklok Bu Umi
Image Credit: Google Maps (wahyu wijayanto)

Selain Mie Ongklok Muhadi, ada lagi tempat lainnya yang juga populer dengan sajian menu sama yaitu Mie Ongklok Bu Umi. Tempat kuliner satu ini berada di daerah Kauman Utara, dan hanya berjarak kurang lebih 500 meter saja dari pusat kota. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk menemukannya, bahkan bisa juga menggunakan transportasi umum.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sragen yang Paling Populer

Berbeda dengan Mie Ongklok Muhadi yang menawarkan cita rasa gurih, Mie Ongklok Bu Umi lebih terkenal karena rasanya yang pedas menggigit. Jadi bagi Anda yang mengaku pecinta kuliner pedas, tentu tidak boleh ketinggalan untuk berkunjung kemari saat berada di Wonosobo. Bahkan Anda bisa meminta tambahan potongan cabai rawit, untuk membuatnya semakin lezat.

Lokasi: Jl. Masjid No.11 RT. 01 RW. 14 Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

4. Mie Ongklok Longkrang

Mie Ongklok Longkrang
Image Credit: Google Maps (zha zha)

Masih berbicara mengenai mie ongklok, ada lagi Mie Ongklok Longkrang yang berada di daerah Longkrang. Tempat ini sudah banyak direview, dan menjadi salah satu tempat kuliner yang banyak diburu oleh wisatawan. Lokasinya sendiri memang sangat strategis, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan dan menjangkaunya.

Di sini, tentu saja Anda dapat memesan mie khas Wonosobo yang memiliki cita rasa lezat yaitu mie ongklok. Dimana sajian menu tersebut diracik dengan bumbu khusus, sehingga menambah kenikmatannya. Biasanya banyak pengunjung yang memesan mie tersebut dengan ditemani purwoceng sebagai pelengkapnya.

Lokasi: Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

5. Soto EDS

Soto EDS
Image Credit: Google Maps (Adrian Daniel HS)

Di sekitaran Jalan Ahmad Yani, terdapat tempat kuliner lainnya yang juga sangat populer yaitu Soto EDS. Mungkin dari namanya tidak ada yang berkesan atau menarik, tapi Anda jangan salah sebab soto ini tidak sama dengan soto biasa pada umumnya. Meski jika dilihat secara sekilas hampir serupa, namun cita rasa Soto EDS sangat khas dan tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Di Soto EDS, Anda bisa memilih berbagai varian soto mulai dari soto ayam hingga soto sapi. Semuanya disajikan dengan cita rasa khas, kuah gurih yang segar dan bening, dan masing masingnya mempunyai daging yang empuk dan lembut. Terlebih Anda bisa mendapatkan potongan daging yang besar besar, ditambah dengan pelengkap bakso.

Lokasi: Jl. A. Yani No.118, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Oemah Juminten

Oemah Juminten
Image Credit: Google Maps (Winda Noviana)

Tempat wisata kuliner lainnya yang murah dan enak di Wonosobo yaitu Oemah Juminten. Tempat makan satu ini berada di kawasan Ngepelan, Wonosobo Barat, dan menjadi kuliner berikutnya yang wajib untuk Anda cicipi. Sesuai dengan namanya yang sangat kental dengan pulau Jawa, Oemah Juminten memang mengusung konsep rumah makan bertema suasana Jawa.

BACA:  33 Tempat Wisata di Solo Terbaru & Paling Hits

Tentunya di dalam menu menu yang ditawarkan, Anda juga bisa menemukan kuliner khas Jawa terlebih Jawa Tengah. Anda bisa mencoba mie ongklok yang sangat terkenal di daerah ini, dan berbagai menu lainnya. Selain suasananya yang nyaman dan menunya yang lezat, daya tarik lain dari tempat ini adalah tersedianya beberapa spot yang sangat instagramable di dalamnya.

Lokasi: Jl. Mayor Kaslam No.45, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

7. Krishna Resto Garden

Krishna Resto Garden
Image Credit: Google Maps (Taco Hanou)

Tempat kuliner lainnya yang mudah untuk ditemukan dan dijangkau yaitu Krishna Resto Garden. Lokasinya sendiri berada di kawasan Kyai Mansyur, Wonosobo Timur, dan dapat dipandu melalui peta digital. Saat pertama kali tiba di lokasi, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang sangat segar dengan nuansa Jawa yang kental.

Krishna Resto Garden ini menawarkan berbagai macam varian menu, mulai dari aneka mie, nasi goreng, dan sop. Tentunya semua olahan tersebut diracik dengan bumbu bumbu khusus pilihan, dari tangan koki profesional. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi dengan rasanya, karena dijamin membuat nasi di piring seketika hilang ke dalam perut.

Lokasi: Jl. Kyai Mansyur No.100, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

8. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet
Image Credit: Google Maps (Erna Purwasih)

Siapa yang tidak kenal dengan Bebek Goreng H. Slamet ? Rasanya hampir di setiap daerah terdapat cabang dari rumah makan satu ini. Di Wonosobo, di sekitaran Alun Alun Anda juga bisa menemukannya. Kuliner satu ini menjadi solusi bagi Anda yang berkunjung dari luar daerah, namun ragu untuk mencoba rasa rasa baru yang ditawarkan oleh daerah setempat.

Bebek Goreng H. Slamet sendiri tentunya memiliki menu utama yaitu bebek goreng, yang diberi bumbu spesial. Dengan daging yang empuk namun gurih dan garing di luar, menu satu ini akan sangat cocok dicocol dengan sambal sebagai teman nasi hangat. Jangan lupa segelas es teh atau es jeruk sebagai minumannya, dijamin membuat lidah bergoyang.

Lokasi: Jl. Sukarno Hatta (Sindoro No.22), Timur Alun-alun, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

9. Asia Restaurant

Asia Restaurant
Image Credit: Google Maps (Carol S)

Tempat lainnya yang banyak dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Wonosobo, yaitu Asia Restaurant. Tempat satu ini selain mudah untuk dijangkau, juga terkenal dengan kelezatannya dan harganya yang dibanderol cukup bersahabat. Tidak heran jika tempat kuliner satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung setiap harinya.

Menu yang ditawarkan sendiri di antaranya adalah berbagai menu khas Asia dan berbagai jenis seafood. Mulai dari kepiting, kerang, udang, cumi cumi, dan berbagai ikan bisa Anda pilih dengan tambahan bumbu sesuai selera. Selain itu ada juga menu menu lainnya yang khas, seperti burung dara goreng dan bistik sapi yang sangat lezat.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.43, RT.04/RW.07, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

10. Waroeng Joglo Wonosobo

Waroeng Joglo Wonosobo
Image Credit: Google Maps (dream catcher)

Waroeng Joglo Wonosobo yang ada di daerah Candiyasan, Kertek, tentu tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di kota wisata tersebut. Tempat satu ini terkenal dengan konsepnya sebagai resto keluarga, yang mempunyai view bagus serta cita rasa yang enak. Tempatnya juga cukup luas, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan rombongan ketika berlibur.

Untuk makanannya, Anda bisa mencoba beberapa menu andalan seperti gule, soto daging, dan sop iga. Meski begitu ada juga varian menu lainnya yang beraneka macam, dengan kelezatannya yang mampu menggugah selera. Untuk minumannya, di sini tersedia purwaceng, wedang uwuh, kopi, aneka jus, teh, dan lain sebagainya.

Lokasi: Kapencar, Candiyasan, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo.

11. Warung Api Selere Raja

Warung Api Selere Raja
Image Credit: Google Maps (Adi Nooranto)

Berbicara mengenai objek wisata Dieng yang terkenal di Wonosobo, Anda juga bisa mengunjungi Warung Api Selera Raja yang ada di daerah Dataran Tinggi Dieng tersebut. Untuk menarik para pengunjung, tempat makan satu ini memang sengaja dibuat di kawasan Candi Arjuna. Jadi di sini Anda bisa menikmati panorama alam, kultur budaya, serta kuliner khas sekaligus.

Pasalnya Warung Api Selera Raja ini menawarkan berbagai menu khas dari Wonosobo, seperti mie ongklok hingga purwaceng. Selain mie ongklok, tentunya ada juga menu lainnya yang kebanyakan merupakan makanan khas Jawa. Soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena menu menu di Warung Api Selere Raja dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Dieng No.27, Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

12. White House Cafe

White House Cafe
Image Credit: Google Maps (White House Cafe)

Rekomendasi terakhir tempat kuliner yang enak dan murah di Wonosobo yaitu White House Cafe. Jika tempat tempat sebelumnya mengusung tema tradisional yang kental dengan kesan Jawa, maka tempat satu ini memiliki konsep yang modern dan kekinian. Meski begitu, ada juga makanan khas dari Wonosobo seperti tempe kemul, purwoceng, dan carica yang bisa Anda temukan.

Lokasi: Jl. Sabuk Alu No.121B, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

Wonosobo memang sudah lama terkenal sebagai daerah wisata, tidak heran jika banyak sekali tempat makan yang menjual menu menu khas dari daerah setempat untuk menggaet para wisatawan. Meski banyak tempat baru bermunculan, namun beberapa lokasi kuliner legendaris yang sudah ada sejak lama masih terus populer dan memiliki peminatnya sendiri.