Ingin Liburan di Filipina? Inilah Daftar Wisata Pantai Terbaik di Filipina. Objek Wisata Bahari Terindah dan Kekinian yang Paling Hits Sebagai Tujuan Berlibur.

Filipina merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki pesona alam yang eksotis. Salah satu yang populer adalah wisata bahari berupa kecantikan laut dan pantainya yang menakjubkan. Bahkan, UNESCO menetapkan beberapa diantaranya sebagai warisan dunia. Hal ini menjadikan banyak turis mancanegara memilih Fipilina sebagai destinasi liburan melepas penat.

Sama halnya dengan Indonesia, Filipina adalah negara kepulauan. Untuk menjangkau tempat wisata tersebut, pengunjung perlu menempuh jalur darat, laut, dan udara, sebab pantai-pantai tersebut berada di luar pusat kota Manila. Sebagian besar pantai tujuan wisata tersebar di lebih dari 7000 pulau kecil di seluruh Filipina.

Anda dapat mengisi liburan dengan diving, snorkeling, hingga memuaskan hasrat fotografi dengan mengunjungi pantai di Filipina. Tak heran, Filipina dikenal sebagai destinasi yang paling menarik perhatian setelah Hawai dan Bali. Penasaran dengan pesona bahari Filipina? Berikut daftar 10 Pantai hits yang wajib Anda kunjungi!

1. Pantai Boracay

Pantai Boracay
Image Credit: Booking.com

Pantai ini diklaim sebagai salah satu yang terbaik tidak hanya di Filipina, bahkan dunia. Terletak di timur laut Pulau Boracay, situs ini menawarkan hamparan lautnya yang biru hangat dan pasir lembut berwarna putih pesisirnya yang sangat mempesona. Perpaduan alam yang sangat indah ini akan menyegarkan mata Anda dari rutinitas harian yang amat melelahkan.

Jangan lupa untuk menantikan terbenamnya matahari di Boracay yang sangat menawan dan menginap di salah satu resor terbaik di Filipina. Ini adalah salah satu daya tarik dari pantai ini. Di siang hari, Anda juga bisa bermain voli dan berkuda menyusuri pantai. Pantai Boracay tidak akan mengecewakan momen liburan Anda bersama orang tercinta.

Lokasi: Boracay Island, Malay, 5608 Aklan, Boracay, Philippines.

2. El Nido

El Nido
Image Credit: Madmonkeyhostels.com

Berada di tengah tebing kapur, airnya yang jernih kebiruan membuat pantai ini sukses memikat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. El Nido berada di Palawan, sebelah barat daya Kota Manila. Setelah menempuh jalur udara dari Manila, diperlukan 5 jam perjalanan darat menuju situs ini. Cukup jauh memang, namun keindahannya akan membayar semuanya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Filipina yang Paling Populer

Disamping pesona tebing, laguna, air terjun, dan teluk yang menakjubkan, pengunjung juga dimanjakan dengan aneka kehidupan bawah laut dengan snorkeling. Tentu akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan kesempatan itu. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati hasil laut di pasar bawah (wet market) yang akan sekaligus memuaskan perut Anda.

Lokasi: Masagana, El Nido, Palawan, Philippines, 1013.

3. Pulau Panglao

Pulau Panglao
Image Credit: Boholproperty.ph

Ingin menikmati bulan madu dengan tenang di tengah hempasan angin pantai? Panglao adalah pilihan yang paling tepat. Sembari berbulan madu, Anda bisa snorkeling dengan pasangan untuk menikmati indahnya terumbu karang di bawah laut. Jangan lupa dokumentasikan momen berharga Anda karena panorama di Pulau Panglao sayang sangat untuk dilupakan.

Terdapat beberapa situs wisata lain seperti Sungai Loboc, Chocolate Hills, Tarsius Sanctuary, serta gua dan air terjun yang letaknya tidak jauh dari pantai yang siap untuk memuaskan liburan Anda. Anda tidak perlu bingung lagi dengan alternatif pilihan tempat wisata. Dari Bandara Internasional Panglao, Anda harus menempuh 30 menit perjalanan menuju kawasan ini.

Lokasi: Panglao Island, Bohol, Philippines, 6340.

4. Pulau Samal

Pulau Samal
Image Credit: Agoda.com

Pulau ini terkenal dengan lebih dari 70 resort di sekeliling pulau yang memudahkan pengunjung untuk mendapatkan akomodasi selama berlibur. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan perihal penginapan. Anda akan dibuat takjub oleh air terjun, gua-gua, serta aneka margasatwa di pulau ini. Segarnya air dan udara di pulau ini menciptakan efek relaksasi bagi pengunjungnya.

Terlihat sangat cantik, pulau ini memiliki pasir putih di pesisir, berdampingan dengan biru jernihnya air laut. Pemandangan indah ini menjadi surga bagi para pecinta fotografi. Diperlukan perjalanan 10 menit menggunakan ferry dari Davao City untuk mengakses pulau ini. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak menyinggahi pulau ini jika berkunjung ke Filipina.

Lokasi: Samal Island, Davao City, Philippines, 8118.

5. Pulau Bantayan

Pulau Bantayan
Image Credit: Smartertravel.com

Bagi Anda yang suka backpacker, pulau ini wajib ada dalam daftar destinasi Anda. Pulau ini memiliki luas sekitar 100 mil atau 160.934 meter persegi. Berada di Cebu, Filipina tengah, pulau ini dibalut dengan pantai pasir putih yang memikat ribuan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain pasir di tepi pantai di tengah hempasan angin laut.

BACA:  10 Makanan Khas Filipina yang Lezat & Wajib Anda Coba

Namun, Anda tidak dapat menemukan resor bintang lima di pulau ini. Di sisi lain, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk dapat menikmati suasana asri yang natural dan sederhana. Mata Anda juga akan dimanjakan oleh perpaduan warna yang eksotis antara langit yang cerah dan pasir putih.

Lokasi: Bantayan Island, Cebu, Philippines.

6. Caramoan

Caramoan
Image Credit: Ironwulf.net

Ingin mencoba sensasi Scuba diving? Pulau ini adalah situs wajib Anda kunjungi. Anda akan dibuat takjub oleh indahnya kehidupan bawah laut. Salah satu daya tarik wisata bawah laut di sini adalah sungai bawah lautnya. Selain itu, Anda juga bisa menemui air terjun, gua-gua cantik, dan lagua yang akan melengkapi liburan Anda bersama orang tersayang.

Untuk membuat pelesir Anda semakin sempurna, Anda bisa mendaki Gunung Caglago dan menikmati pantai dari atas. Warna biru jernih dan putihnya pasir pantai akan membuat Anda berdecak kagum. Perpaduan ciamik ini akan menjadikan lelahnya pendakian Anda terbayar. Hal ini tentu akan menjadikan pengalaman yang mengesankan bagi Anda.

Lokasi: Caramoan, Camarines Sur, Philippines.

7. Pulau Coron

Pulau Coron
Image Credit: Azamara.com

Bangkai kapal yang digunakan oleh Jepang pada Perang Dunia ke II menjadikan pulau ini berbeda dengan situs wisata lain. Tak hanya itu, pulau ini berhasil menarik perhatian turis atas airnya yang tenang serta bebatuan yang melengkapi keindahan pemandangan pantai. Sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk dunia kerja di perkotaan.

Untuk menikmati segala keindahan yang ditawarkan oleh Pulau Coron, dari Manila, Anda dapat terbang ke Cebu, dilanjutkan dengan perjalanan darat yang memakan waktu sekitar 40 menit. Pulau ini terhitung kawasan yang mudah diakses dibandingkan dengan pantai lain yang memerlukan waktu yang lebih lama dan medan yang lebih sulit.

Lokasi: Coron, Palawan, Philippines.

8. Pulau Mactan

Pulau Mactan
Image Credit: Pordoypalaboy.com

Satu lagi destinasi wisata yang dapat dijadikan alternatif dalam pelesir Anda di Filipina. Pulau ini terletak di Provinsi Cebu yang juga terkenal dengan industri mebel dan pembuatan alat musik. Anda bisa menemukan bandara yang berada tepat di tengah pulau yang berpenduduk sekitar 400 ribu jiwa ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Filipina yang Paling Terkenal

Tidak hanya snorkeling, jet ski, dan diving, Anda bisa berkesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan budaya penduduk lokal. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui budaya baru. Bentangan luas pantai ini menjadikan pantai ini semakin mempesona, khususnya untuk backpacker yang cinta petualangan.

Lokasi: Lapu-Lapu City, Cebu, Mactan, Philippines.

9. Pulau Siargao

Pulau Siargao
Image Credit: Guidetothephilippines.ph

Perlu diperhatikan bahwa pulau ini masih cukup konservatif. Anda akan kesulitan menemukan ATM, rumah sakit, maupun fasilitas komersial lainnya di sini. Jadi, siapkan uang tunai sebanyak mungkin serta lengkapi diri Anda dengan perjalanan yang berasuransi. Persiapan tersebut akan membuat liburan Anda lebih tenang.

Bagi Anda pecinta surfing, ombak di pulau ini akan memanjakan hasrat berselancar Anda. hal ini membuat pengunjung lebih memilih untuk berselancar daripada berenang. Bulan Agustus dan September adalah waktu yang direkomendasikan untuk berselancar. Namun, bagi Anda yang baru akan mencoba, Anda lebih baik datang bulan April hingga Mei ketika ombak lebih rendah.

Lokasi: Siargao Island, Philippines.

10. Anawangin, Zambales

Anawangin, Zambales
Image Credit: Mikedtravelph.com

Bagi pengunjung yang rindu dengan sensasi berkemah, Anda wajib mengunjungi pantai ini. Tidak terdapat penginapan selayaknya di pantai lain, sehingga kealamian situs ini masih sangat terjaga. Tentunya, Anda harus memastikan kesediaan logistik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkemah di pantai ini.

Daerah pesisir ini merupakan bentukan dari Gunung Pinatubo yang meletus pada tahun 1991. Tak heran, daerah sekitar ini merupakan dataran rendah yang subur untuk aneka flora. Para turis akan dimanjakan dengan suasana teduh yang diciptakan oleh pepohonan di sekitar pantai berkarang ini.

Lokasi: San Antonio, Zambales, Philippines, 2206.

Nah, itulah 10 pantai rekomendasi yang wajib Anda kunjungi jika berada di Filipina. Berbagai keindahan wisata pantai yang ditawarkan menjadikan Filipina sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Asia Tenggara. Pastikan Anda mempersiapkan hal-hal yang mungkin akan Anda butuhkan, sesuai dengan keadaan destinasi wisata yang Anda pilih.