Meski memiliki luas wilayah tidak luas, ternyata Singapura memiliki beberapa wisata pantai yang indah dan terkesan modern.

Singapura, siapa yang tak mengetahui tentang negara tetangga yang memiliki sejuta pesona tempat wisatanya. Singapura memang menjadi salah satu negara alternatif bagi warga Indonesia jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda saat berwisata. Negara yang dikenal dengan kosmopolitan ini memiliki kemegahan dan kebersihan yang eksotis.

Meskipun jika dilihat dari ukurannya, Singapura tak lebih besar dari Pulau Bali. Namun, beberapa spot yang ada di negara ini sangat bisa memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Tak hanya tentang wisata buatannya yang bisa memikat hati wisatawan, melainkan ada juga beberapa destinasi pantai yang sangat indah dan asri.

Birunya air laut dengan perpaduan hamparan pasir putih yang menghiasi tiap bibir pantai menjadi spot yang satu ini sangat banyak pengunjungnya. Tak hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara terlihat memadati pantai yang tersebar di negara Singapura. Tak jarang pula ditemukan orang-orang Indonesia di sana.

1. East Coast Beach

East Coast Beach
Image Credit: Aceresidences.net

Pantai East Coast Beach merupakan destinasi wisata pertama yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi. Meskipun. Lokasinya ada di East Coast Park, Singapura. Memiliki keindahan pemandangan yang bisa membuat pengunjung begitu terpesona dan malas untuk meninggalkannya.

Meskipun bukan pantai alami, namun East Coast Beach dapat memikat pengunjung dengan segala fasilitas yang ada di sana. Garis pantai yang membentang, memiliki panjang sekitar 15 km layaknya pantai alami ciptaan Tuhan. Pengunjung juga tak perlu merogoh kocek untuk bisa berwisata ke tempat ini.

Tak hanya itu saja di sekeliling pantai East Coast Beach terdapat beragam jajanan khas Singapura yang bisa dicicipi dan dirasakan secara langsung oleh semua pengunjung. Tak heran jika pantai ini selalu padat dengan wisatawan, terlebih jika weekend atau hari-hari spesial lainnya.

Lokasi: E Coast Park Service Rd, Singapore 455486 Singapore.

2. Sentosa Island

Sentosa Island
Image Credit: Stylishlyme.com

Dahulu, Sentosa Island merupakan pulau yang berada di Singapura dan pernah hilang karena tergerus oleh abrasi laut. Namun, saat ini Sentosa Island sudah kembali beroperasi dan menjadi salah satu destinasi terhits yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk bisa masuk wisatawan tak perlu bayar alias gratis.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Singapura yang Paling Terkenal

Lengkapnya fasilitas yang ada di Sentosa Island seperti restoran dan tempat makan serta beberapa penginapan membuat para wisatawan menjadi betah di sana. Tak hanya itu saja, untuk bisa menikmati suasana dan keindahan sekitar pantai tak perlu berjalan kaki. Karena sudah tersedia trem ataupun bus di sekitar pantai.

Lokasi: Sentosa Island, Singapore 098269 Singapore.

3. Palm Spring Nongsa

Palm Spring Nongsa
Image Credit: Iacworldwide.com

Apabila wisata pantai lainnya memberikan keindahan berupa pemandangan birunya air lautan, namun untuk Palm Spring Nongsa berbeda. Tempat yang berlokasikan di Kabupaten Nongsa, Singapura ini menyuguhkan panorama yang berkombinasi antara lautan dengan view city dari Singapura.

Lokasinya yang paling dekat dengan pusat kota Singapura membuat Palm Spring Nongsa menjadi destinasi yang selalu ramai oleh pengunjung. Hanya perlu merogoh sekitar RP 10.000 (kurs Indonesia) pengunjung sudah bisa mengelilingi wisata bak surga itu.

Lokasi: Singapore.

4. Siloso Beach

Siloso Beach
Image Credit: Travelosingapore.com

Jika pengunjung menyukai pantai yang dikelilingi dengan dentuman musik maka Siloso Beach merupakan rekomendasi yang paling tepat. Sebab, Siloso Beach memang terkenal dengan pantai yang banyak memiliki fasilitas bar-bar ternama. Sehingga tak heran jika live musik selalu ada di sana.

Siloso Beach sangat terkenal di kalangan anak muda. Selain bisa menikmati keindahan dan suasana pantai di Siloso Beach bisa juga mendengarkan musik-musik kekinian yang dimainkan oleh orang-orang professional di sana. Tak itu saja, udara di pantai ini juga masih sangat sejuk untuk dihirup.

Lokasi: 51 Imbiah Walk Sentosa Singapore 099538 Singapore.

5. Punggol Beach

Punggol Beach
Image Credit: Flickr.com @danielcheong

Pantai terhits di Singapura selanjutnya adalah Punggol Beach. Di Punggol Beach pengunjung bisa menikmati keindahan bibir pantai yang dipenuhi oleh bebatuan. Bahkan keindahan pantai ini diibaratkan seperti destinasi yang ada pada film-film terkenal Hollywood.

Apalagi jika berkunjung di Punggol Beach ketika hari mulai sore. Sungguh suatu pengalaman yang berharga saat menikmati sunset itu tiba. Punggol Beach terletak di bagian Timur Laut Singapura dan memiliki sajian kuliner yang menggoda di sekitar pantainya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Singapura yang Paling Hits

Makanan-makanan yang ada di sana lebih tepatnya kuliner khas wilayahnya. Terbukti masih ada beberapa sajian tradisional yang terjejer rapi untuk menarik perhatian pelanggan. Namun tak usah khawatir jika kantong bolong saat makan di sana, karena harganya cukup terjangkau untuk satu porsinya.

Lokasi: Sentul Crescent Road Singapore 822313 Singapore.

6. Tanjong Beach

Image Credit: Chinagosmart.com

Keindahan pantai yang bernama Tanjong Beach ini terbilang juga sangat memanjakan mata pengunjungnya. Letaknya ada di Pulau Sentosa, Singapura. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati ketenangan dan angin yang semilir seolah berusaha membelai orang-orang yang di sana.

Sehingga bisa dipastikan jika Tanjong Beach sangat cocok untuk wisatawan yang ingin refresh pikiran dengan ketenangan. Namun, liburan ke Tanjong Beach juga seru jika mengajak keluarga, atau pasangan. Selain nuansanya romantis, di sini juga bisa terhindar dari hiruk-pikuk keramaian.

Lokasi: 120 Tanjong Beach Walk Sentosa Island Singapore 098942 Singapore.

7. Lazarus Island

Lazarus Island
Image Credit: Shopback.sg

Jika pada kebanyakan film-film menyesatkan para pemain ke sebuah pulau terpencil dikelilingi lautan yang tak berpenghuni, maka di dunia nyata tempat itu ada. Namanya Lazarus Island dan terletak di Southern Island, Singapura. Pulau satu ini tak memiliki penghuni satu pun, hanya pulau kosong dengan lautan luas.

Namun, jangan berpikir bahwa tempat ini beraura mistis, karena meski tak berpenghuni pulau ini sangat ramai wisatawan mancanegaranya. Keindahan alamnya sangat luar biasa, sehingga bisa menarik wisatawan untuk datang ke pulau kosong ini.

Tempatnya yang bersih dengan udara yang sejuk menjadikan pesona dari Lazarus Island memiliki daya pikat tersendiri. Tak hanya itu saja, biota alamnya yang masih terjaga juga bisa dinikmati secara di sini. Bahkan, pengunjung bisa menyentuh penghuni lautnya dengan pemandu yang sudah stand by di Lazarus Island.

Lokasi: Southern Island, Singapore.

8. Kusu Island

Kusu Island
Image Credit: Lifeguide.sg

Kusu Island merupakan sebuah pulau dengan pantai luas dan hamparan ombak biru yang berlokasikan di Southern, Singapura. Dibalik indahnya panorama alami dari Kusu Island, ternyata ada kisah masalalu yang dipercaya pernah terjadi di sekitaran pulau.

BACA:  15 Makanan Khas Singapura yang Lezat dan Wajib Anda Coba

Katanya konon, pulau ini terbentuk dari seekor kura-kura raksasa yang terjebak dan menjadi Kusu Island. Cerita ini bahkan sudah banyak diketahui orang dan dipercayainya. Namun, hal itu justru menarik para wisatawan untuk berdatangan ke tempat satu ini.

Selain ingin memastikan langsung pada penduduk aslinya tentang cerita tersebut, wisatawan juga ingin menikmati keindahan pantai yang ada di sekitar pulau. Di Kusu Island juga terdapat sebuah Klenteng Tionghoa untuk berdoa para wisatawan. Namun, sayang sekali di tempat ini pengunjung di larang keras untuk menginap.

Lokasi: Kusu Island, Singapore 000704 Singapore.

9. Pasir Ris Beach

Pasir Ris Beach
Image Credit: Untouristsingapore.wordpress.com

Terletak di area Perumahan Pasir Ris New membuat Pantai Pasir Ris Beach selalu didatangi oleh wisatawan. Alasan utamanya karena selain indah dengan birunya lautan yang jernih, tempat ini juga sangat bersih. Hal ini menandakan bahwa kesadaran dari pengunjung sangat tinggi perihal menjaga kebersihan lingkungan.

Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati air laut dengan duduk di pasir putih yang lembut bersama keluarga atau pasangan. Tak hanya itu saja, pengunjung bisa menyaksikan beberapa atraksi di sekitaran pantai dan taman air laut Wild-Wild Wet serta Escape Theme.

Lokasi: ‎Pasir Ris, Singapore.

10. St John’s Island

St John’s Island
Image Credit: Straitstimes.com

St John’s Island merupakan pulau yang berlokasikan tak jauh dari Lazarus Island. Di pulau ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti surfing, berenang dengan ikan, voli pantai dll. Tak itu saja, kepopuleran yang sampai saat ini masih menjadi primadona dari St John’s Island adalah spot untuk memancing

Para pengunjung bebas untuk bisa memancing ikan-ikan yang ada di sana, dengan catatan tidak membawa senjata yang bisa merusak ekosistem laut. Bahkan ikan-ikan tersebut bisa langsung di bakar atau di masak di lokasi secara langsung. Sungguh sangat menyenangkan jika bisa mengunjungi St John’s Island.

Lokasi: St. John’s Island, Singapore 098600 Singapore.

Itulah beberapa spot pantai yang paling hits dan rekomendasi di Singapura untuk liburan yang lebih berkesan. Entah itu berlibur bersama keluarga atau sahabat yang pasti pantai-pantai di atas akan menghasilkan pengalaman yang tidak akan terlupakan karena keindahan yang dimilikinya.