Thailand memang menjadi Negara yang memiliki destinasi wisata pantai yang eksotis. Wisata bahari terindah dan paling hits yang wajib Anda eksplor.

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang populer dengan panorama pantainya yang mempesona. Seperti halnya dengan Pantai Phuket dan Pattaya yang kerap kali menjadi destinasi wisata bagi para pelancong mancanegara. Bahkan ada satu pantai yang keindahanya menarik produser film untuk mengambil gambar di lokasi tersebut, yakni Maya Bay.

Melalui film The Beach, pesona eksotis Maya Bay mencuri perhatian banyak wisatawan hingga pada tahun 2018 terpaksa ditutup untuk mengembalikan panorama alami yang rusak akibat membludaknya pengunjung.

Kecantikan pantai di Negeri Gajah Putih tersebut tidak hanya sebatas di Pantai Phuket, Pattaya, maupun Maya Bay. Masih banyak pantai-pantai indah nan eksotis yang patut dikunjungi. Berikut 10 rekomendasi wisata pantai terbaik di Thailand yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan saat berkunjung.

1. Koh Nang Yuan

Koh Nang Yuan
Image Credit: Thefunkyturtle.com

Dalam bahasa Thailand, kata Koh sendiri berarti pulau. Gugusan Koh Samui, Koh Tao, dan Koh Phangan sangat terkenal dikalangan pelancong manca negara. Namun, di antara Koh Phangan dan Koh Samui ada sebuah pulau kecil yang menawarkan keeksotisan pantai negara tropis yang bernama Koh Nang Yuan.

Jika disaksikan dari ketinggian, pemandangan Koh Nang Yuan sama seperti Labuan Bajo yang berada di Indonesia, hanya saja jauh lebih kecil. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut secara maksimal dengan melakukan scuba diving maupun hanya sekedar snorkeling.

Lokasi: Koh Tao, Thailand.

2. Pantai Khao Lak

Pantai Khao Lak
Image Credit: Khaolak-hotels.com

Di Provinsi Phang Nga, ada satu destinasi pariwisata paling populer dan tengah dipromosikan secara besar-besaran oleh pemerintah Thailand, yakni Pantai Khao Lak. Pantai ini patut untuk dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata bagi wisatawan yang menyukai suasana yang tenang.

Dengan lokasi yang terpencil, pengunjung bisa menikmati tenangnya suasana pantai di malam hari disertai dengan deburan ombak tanpa terlalu banyak pengunjung. Suasana Pantai Khao Lak juga sangat cocok untuk mengadakan pesat di bawah sinar rembulan penuh. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi melakukan scuba diving yang tak akan pernah terlupakan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Paling Terkenal

Lokasi: Khuekkhak, Takua Pa District, Phang-nga 82190, Thailand.

3. Pantai Railay

Pantai Railay
Image Credit: Asiatravelgate.com

Pantai Railay menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Thailand. Pantai ini dikelilingi oleh lautan dan memiliki empat area yang menjadi magnet bagi para pelancong. Di bagian timur terdapat wilayah mangrove yang bisa dikunjungi menggunakan kapal. Bagi pengunjung yang menyukai suasana tenang, bagian timur Pantai Railay adalah pilihan yang tepat.

Disamping itu wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai pasir putih di Phra Nang. Lokasi ini juga menjadi lokasi yang kerap dikunjungi oleh para pemanjat tebing karena terdapat banyak bebatuan tinggi. Sementara itu di bagian barat Pantai Railay, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sambil berenang santai, snorkeling, atau bahkan scuba diving.

Lokasi: Railay Beach, Krabi 81000, Thailand.

4. Pantai Karon

Pantai Karon
Image Credit: Hotels.com

Mungkin tidak akan pernah ada habisnya membicarakan pantai yang menawarkan panorama eksotis dan indah di Thailand. Ini karena hampir semua wisata pantai di Negeri Gajah Putih tersebut memiliki pesona yang sangat disayangkan jika dilewatkan.

Contohnya saja Pantai Karon. Pantai ini memiliki akomodasi lengkap seperti penginapan, restoran, dan beragam jenis fasilitas lainnya yang siap digunakan untuk memanjakan para wisatawan.

Para wisatawan juga akan dimanjakan dengan kegiatan menyenangkan yang bisa dicoba di pantai ini seperti parasailing, menaiki jet skiΒΈ wind surfing, dan olah raga air lainnya. Apabila beruntung, wisatawan juga bisa menjumpai sekumpulan satwa seperti penyu yang bertelur di pesisir pantai.

Lokasi: Karon, Muang, Phuket 83100, Thailand.

5. Pantai Chaweng di Pulau Koh Samui

Pantai Chaweng
Image Credit: Kosamui.com

Koh Samui merupakan pulau di Thailand yang menyajikan banyak pemandangan pesisir pantai. Namun Pantai Chaweng adalah pantai yang populer dengan kealamiannya yang masih terjaga. Bahkan pantai yang satu ini juga dianggap sebagai surga yang tersembunyi di Negeri Gajah Putih. Pantai Chaweng sendiri cukup ramah bagi anak-anak karena memiliki ombak yang tidak terlalu ganas.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan sepi, maka Pantai Chaweng ini sangat direkomendasikan. Selain menawarkan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, banyak tempat-tempat di sekitar Pantai Chaweng yang menyewakan peralatan olahraga air seperti jet ski, banana boat, dan masih banyak lagi.

BACA:  15 Makanan Khas Thailand yang Lezat & Wajib Anda Coba

Lokasi: 42/119 Moo 6, Bophut, Bo Phut, Koh Samui, Surat Thani, Thailand, 84320.

6. Pantai Koh Mook di Pulau Ko Muk

Pantai Koh Mook
Image Credit: Thelostpassport.com

Selain Pantai Chaweng, masih ada sejumlah surga tersembunyi yang wajib dikunjungi selama di Thailand, yakni Pantai Koh Mook. Pantai ini juga menawarkan suasana yang tenang dan damai yang cocok dinikmati dengan berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati halusnya pasir putih serta jernihnya air laut.

Keberadaan Gua Emerald di bagian barat Pantai Koh Mook juga menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain menikmati keelokan Pantai Koh Mook dengan berenang, pengunjung juga bisa menikmati sunyinya suasana gua yang disinari dengan cahaya matahari yang menembus melalui celah-celah gua sambil mendengarkan musik favorit.

Lokasi: Kantang, Koh Mook, Trang, Thailand, 92110.

7. Pantai Koh Kood di Pulau Ko Kut

Pantai Koh Kood
Image Credit: Jonistravelling.com

Thailand memang menjadi surganya pantai-pantai yang sunyi dan tenang. Misalnya saja Pantai Koh Kood. Pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melarikan diri sejenak dari kesibukan kota. Deburan ombak yang tidak terlalu kencang, semilir angin pantai, lembutnya pasir putih, dan birunya air laut siap untuk memanjakan para wisatawan.

Pengunjung juga bisa melihat desa-desa nelayan yang masih hidup bergantung pada alam tanpa menggunakan terlalu banyak peralatan modern. Pantai Koh Kood sendiri seolah ingin menyampaikan pesan pada pemerintah Thailand soal pentingnya menjaga ekosistem alam dan tingkat kunjungan para wisatawan.

Pantai ini tidak ingin seperti pantai-pantai lain yang seolah menjadi kantong bagi para turis. Hal ini juga menjadi alasan mengapa penginapan di sekitar pantai ini menerapkan peraturan yang tegas seperti diharuskan untuk melepas sepatu dan sebagainya.

Lokasi: 121 Moo 1 Baan Klongmat, Ao Yai Ki,, Koh Kut, Trat, Thailand, 23000.

8. Pantai Shark di Pulau Koh Tao

Pantai Shark
Image Credit: Flickr.com @mauandsa

Dari namanya saja sudah jelas bahwa Pantai Shark merupakan kawasan di mana para turis bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan kawanan hiu ekor pendek dengan cara snorkeling yang tentunya mampu menguji adrenalin dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pantai yang terletak di pesisir Pulau Koh Tao ini juga dianggap sebagai surga biru di Thailand.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Thailand yang Paling Populer

Selain melihat hiu ekor pendek, pengunjung juga bisa melihat segerombolan hiu kecil dengan berenang di tepi pantai. Pengunjung tidak perlu takut karena ada petugas maupun masyarakat lokal yang akan menemani dan memberikan arahan pada pengunjung untuk menyaksikan predator bawah laut tersebut.

Lokasi: Sai Daeng Beach, Koh Tao, Thailand, 84360.

9. Maya Bay di Kepulauan Phi Phi

Maya Bay
Image Credit: Thethaiger.com

Pantai Maya atau yang lebih dikenal dengan sebuat Maya Bay, merupakan destinasi wisata yang paling populer kedua di Thailand. Keelokan pantai ini mampu menarik produser film untuk mengambil gambar di lokasi pantai ini pada sekitar tahun 2000 dan membuat kawasan pantai ini dibanjiri oleh para turis domestik maupun manca negara.

Tebing-tebing kokoh dan menjulang tinggi dan air laut yang sangat jernih sangat memanjakan para pengunjung. Pengunjung bisa menikmati ekosistem bawah laut dengan berenang maupun snorkeling. Jika tidak ingin berenang, pengunjung masih bisa menikmati pesona Maya Bay dengan mengelilingi kawasan pantai ini menggunakan kapal yang telah disiapkan.

Lokasi: Ko Phi Phi Lee, Thailand.

10. Pantai Paradise

Pantai Paradise
Image Credit: Booking.com

Meski masih berada di kawasan Pulau Phuket, Pantai Paradise memiliki ciri khasnya sendiri yang mampu menarik banyak wisatawan lokal maupun internasional. Pohon kelapa yang berderet di pesisir pantai memberikan ketudahan bagi para pengunjung yang bersantai menikmati deburan ombak dan angin pantai di Negeri Gajah Putih tersebut.

Pantai ini juga dipenuhi dengan batu-batu granit dengan berbagai ukuran dan terumbu karang yang menjadi ciri khas pantai yang satu ini. Meski tidak terlalu luas, pantai ini cocok bagi wisatawan yang tidak terlalu menyukai keramaian.

Lokasi: Muen-Ngern Road, Pa Tong, Kathu District, Phuket 83150, Thailand.

Thailand selalu menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang kerap dijadikan sebagai tujuan wisata bagi para pelancong manca negara, terutama Indonesia. Jika membicarakan soal wisata pantai di Negeri Gajah Putih ini, mungkin Pattaya dan Phuket sudah menjadi destinasi wisata yang mainstream. Rekomendasi 10 wisata pantai di atas tentunya bisa menjadi referensi sewaktu berkunjung ke Thailand.